Memperbaiki Mouse
1. Mouse mati hidup, kadang jalan kadang mati total
2. Memperbaiki masalah kabel mouse
3. Memperbaiki scroll mouse tidak mulus dan macet total
4. Memperbaiki tombol mouse dengan switch baru

Mouse gaming mengunakan micro switch pada tombol

Dipasang dibawah PCB mouse, salah atu komponen pada perangkat mouse dibedakan dengan model mouse murah dan mouse mahal atau mouse premium.

Perbedaan daya tahan mouse high end terlihat dari akurasi, ketukan tombol mouse yang konstan dan usia pemakaian sangat lama. Beberapa mouse dapat bertahan selama 4-5 tahun tanpa masalah. Seluruh komponen masih bekerja dengan baik sampai 10 tahun, tapi bagian tombol mouse biasanya terasa mengalami penurunan performa.



Berbeda dengan mouse murah, bila digunakan setiap waktu maka tombol mouse menjadi tidak akurat. Harga murah, kualitas lebih rendah, untuk pemakaian biasa.

Mengapa mouse high end memiliki harga lebih mahal. Salah satu bagian pada komponen. Mouse biasa, mengunakan komponen seharga 2000 rupiah saja untuk bagian switch.
Mouse kelas menengah dan high end mengunakan switch seharga 10.000 sampai 20.000. Dengan usia pemakaian lebih lama.

Kerusakan mouse paling umum terjadi di bagian tombol kiri. Khususnya mouse computer yang digunakan untuk gaming, seperti permainan FPS - First Person Shotter terlebih untuk RTS - Real time Strategy. Tombol mouse digunakan berulang kali, seperti permainan strategi, tombol mouse akan di click mencapai puluhan kali permenit.

Berjalan dengan waktu tombol mouse mulai melemah dan mungkin saja rusak.

Ciri tombol mouse mulai rusak.
Ketika di click tapi mouse tidak melakukan apapun, dan baru bekerja pada ketukan kedua.
Atau kontak tombol mouse sering lepas. Misalnya mengclick target ternyata tidak melakukan apapun untuk ketukan kedua.
Secara random tombol mouse bekerja. Kadang bekerja, kadang tidak bekerja
Dan kerusakan terakhir kita kesulitan menekan tombol mouse sampai harus ditekan lebih keras.

Bagian yang rusak tersebut paling umum dibagian switch. Bentuknya seperti kotak kecil sebagai saklar kontak dari tombol di atas dan menekan sebuah tombol kecil untuk kontak pernitah di bagian switch.

Tombol mouse dibuat berbeda beda, termasuk akurasi, dan daya tahan.
Beberapa disain mouse saat ini lebih umum mengunakan tipe Omron D2F, sebagian lain mengunakan produk switch pabrikan lain.

Omron menempatkan sebuah mouse dengan daya tahan diatas 20 juta ketukan. Walau angka tersebut sekali lagi teoritis.
Model lain dirancang untuk mouse gaming dengan daya tahan 10 juta ketukan, tapi presisi mouse dapat terasa di ujung jari.



Pada gambar dibawah ini beberapa model switch, tapi hanya beberapa model yang digunakan untuk mouse gaming kelas menengah dan premium

Tipe micro switch Omron D2FC-F7

Model tombol mouse Omron D2F
• Omron D2FC-F-7N (20M). Untuk model mouse kelas menengah, usia ketukan switch mampu bekerja selama 20 juta kali. Kisaran harga 15 ribuan. Model lain lebih murah dengan kode 10M atau tanpa kode tambahan.
• Omron D2F-01F-T (10M). Untuk mouse high end , dengan tombol berwarna abu abu dan daya tahan 10 juta click. Salah satu mouse produk Razer dan Apple mengunakan tombol switch premium abu-abu (grey). Usia pemakaian lebih rendah, tapi dirancang paling stabil. Umum ditemui pada mouse high end.
• Omron D2FC-F-K (50M. Untuk mouse high end dan hardcore, tombol mouse akan terasa lebih kaku dan keras dibanding tombol switch putih. Tetapi tombol terasa tidak banyak bergoyang. (Test)
• Omron D2F-F-NH. Memiliki tombol berwarna merah

Dari beberapa model micro switch untuk mouse diatas, sekilas memiliki ukuran dan model yang sama. Tetapi perbedaan daya tahan dan reaksi tombol ketika di tekan.
Untuk mereka yang ingin menganti tombol mouse yang rusak, mungkin karena usia pemakaian. Dapat menganti switch tombol mouse dengan model yang sama. Atau mengunakan switch versi lebih tinggi, tentu akan lebih baik.

Cara memperbaiki tombol mouse di bagian switch.
Pengantian switch mouse sangat mudah. Hanya perlu diperhatikan letak bagian switch tersebut.
Karena kita membuka bagian dalam mouse, asumsi mouse yang mulai bermasalah adalah mouse yang tidak bergaransi.

Cara menganti switch, dibutuhkan pengetahuan elektronik, dan solder serta timah solder.

Sebelum melepas komponen micro switch untuk tombol mouse. Perhatikan bagian yang akan dilepas. Khususnya posisi micro switch yang akan diganti.
Apakah posisi switch sangat rapat ke PCB board mouse atau lebih renggang. Jangan lupa bila mouse high end dibuat perisisi, selisih 1mm saja akan membuat ketukan mouse pada tombol berbeda.

Tahap menganti switch dengan melepaskan bagian switch seperti gambar diatas. Jangan lupa perhatikan sisi kiri atau kanan yang akan diganti, atau keduanya.




Melebas switch mouse dari pcb sebelum dipasang switch baru


Bersihkan lubang untuk memasukan kaki socket switch baru ke bagian PCB board mouse anda.

Hati hati jangan sampai merusak bagian tembaga di atas, dimana jalur kontak switch dan komponen berada. Mengingat ukuran mouse high end mengunakan jalur lebih halus dan kecil.

Lubang tempat switch mouse dibersihkan

Pasang micro switch baru untuk mouse.

Disini bagian penting seperti keterangan diatas.
Pastikan posisi micro switch yang baru dipasang sama seperti posisi sebelumnya.
Umumnya micro switch mouse akan dipasangr rapat, ke bagian board. Sekaligus menahan tekanan jarigan tangan kita.

Memasang micro switch Omron D2FC-F7

Logitech terakhir mengunakan sensor IR Laser untuk produk 2013 model Logitech Corded Mouse M500.
Tahun 2013 menganti dengan teknologi Darkfield Laser, dan tidak membuat mouse dengan IR Laser optik sampai tahun 2018

Dibawah ini disain board Logitech G5 ketika diganti komponen Omron D2FC micro switch



Menganti micro switch Logitech G5
Salah satu mouse laser buatan Logitech diproduksi tahun 2005. Ketika dijual harganya cukup mahal, masuk ketegori mouse high end.
Berjalan usia, tombol mouse Logitech G5 tentu saja rusak, dan tidak persisi lagi.

Komponen micro switch Logitech G5 juga mengunakan tipe switch Omron D2FC, bahkan terlihat masih mengunakan generasi pertama dengan 10M saja.
Menganti tombol mouse dengan menganti micro switch buatan Omron, akan terasa mouse kembali prima.

Tapi desain mouse Logitech G5 agak sulit diganti. Untuk tombol kiri mouse yang rusak, harus dibuka dengan cara miring ketika melepas solder atau memasang solder ke micro switch.

Sementara bagian tombol mouse yang rusak dari Logitech G5 lebih mudah di bagian kiri, bila tombol kanan tidak mengalami masalah sebaiknya tidak perlu diganti. Karena agak sulit memasang socket micro switch, dan berdekatan dengan bagian board sensor laser dan board switch.

Ganti tombol mouse Logitech G5 dengan Omron Micro Switch Omron 
D2FC

Dibawah ini disain board Logitech G5 ketika diganti komponen Omron D2FC micro switch



Tentang Tip Ini.
Bagi mereka yang mengunakan mouse, umumnya tangan sudah terbiasa dengan disain mouse.

Tetapi mouse dapat saja rusak, sesuai usia pemakaian. Menganti mouse baru di kelas high end tidak murah, dan menganti mouse dengan model yang sama kadang sudah tidak di produksi.

Menganti mouse baru kelas premium, yahh tidak murah juga. Dahulu membeli mouse seharga 400 ribu saja sudah geleng kepala tapi tetap dibeli karena performa yang baik.
Sekarang model mouse premium, tentu anda tahu harganya.

Dari komponen mouse yang sering rusak, sebagian besar kerusakan umum dapat diperbaiki.
Tombol scroll mouse (wheel mouse) yang sering macet, dapat dibersihkan secara berkala.
Presisi optic seperti model laser mouse, usianya sangat lama bahkan nyaris tidak pernah mengalami masalah.
Komponen di sirkuit sepertinya tidak pernah rusak, kecuali kondisi tertentu.
Kabel mouse, karena sering terlipat , terjepit dan tergulung. Dapat putus tapi masih dapat diperbaiki sendiri dengan membuang bagian yang putus.

Tetapi bagian tombol mouse, memiliki usia.
Ketika mulai tidak presisi, sering tidak kontak dengan baik. Solusinya hanya menganti switch mouse.
Sekarang anda dengan mudah menganti switch mouse, dan harganya jauh lebih terjangkau dibanding membeli mouse baru. Bila mouse anda bermasalah pada bagian tombol mouse. Cukup membeli switch baru dengan model yang sama,. Bila anda tidak memiliki perangkat elektronik seperti solder, dapat meminta bantuan teknisi untuk memasangkan bagian tersebut.

Untuk bagian ini dibutuhkan ketepatan ketika menyolder dan menempatkan posisi switch. Bila ragu dan artikel ini kurang menjelaskan lebih rinci, mohon diabaikan.


Bila terjadi hal yang tidak diinginkan tentu resiko ditangung yang melakukan.

Jangan lupa, ketika anda membuka switch mouse. Berhati hati, jangan sampai jalur PCB terdorong dan rusak. Pastikan switch yang anda gunakan sebelum dipasang, dan hindari pengantian lebih dari 1 kali agar menjaga jalur board PCB tetap ditempat. Karena terlalu sering terkena panas solder.
Seperti biasa membongkar mouse menjadi resiko penguna.