Kandao Raw+ software untuk menurunkan efek noise foto malam

Sebelum lebih dengan foto yang menimbulkan noise. Ketika camera mengambil gambar gelap, seperti malam hari, ruang yang kurang pencahayaan.
Otomatis camera meningkatkan sensitif sensor camera, atau kita mengunakan ISO lebih tinggi seperti ISO 800 atau ISO 3200 agar foto lebih terang.

Meningkatkan ISO camera memberi dampak apa yang ditangkap sensor menjadi lebih peka dan cahaya yang masuk ke sensor lebih baik.
Sisi negatif, muncul efek noise seperti butiran halus pada gambar yang disebut noise akan muncul. Noise tersebut akan menganggu kualitas gambar. Semakin tinggi tingkat ISO, noise hasil foto semakin banyak dan besar.

Tergantung tipe sensor dan pengolahan teknologi software dan teknologi sensor camera. Beberapa camera high end dan camera modern mampu menurunkan noise gambar untuk foto malam hari. Seperti teknologi smartphone dapat meminimalkan noise foto malam hari, mengunakan sensor khusus dan software Ai.
Hanya saja, tidak semua sensor camera lam mampu menangani noise foto dengan baik. Camera kelas menengah kebawah atau camera model lama, mungkin tidak mampu menurunkan munculnya noise di objek foto.
Sedangkan camera high end seperti camera Full Frame relatif menghasilkan noise foto lebih rendah. Karena ukuran sensor lebih besar, dapat meminimlkan efek noise foto.

Fotografer pro sampai amatir, umum mengetahui masalah ini, dan memilih mencari objek foto dengan pencahayaan yang cukup baik atau menambahkan pencahayaan.
Agar menekan tingkat noise pada foto dan gambar yang didapat lebih terang, serta menganti dengan lensa khusus yang peka terhadap cahaya.
Hanya saja dalam kondisi tertentu, mungkin tidak dimungkinkan. Sebagai contoh, foto  gedung sore atau malam hari,  tentu tidak mungkin memasang lampu pada objek. Atau objek orang untuk kandid, tentu tidak mungkin memasang lampu flash dan akan menganggu privasi objek foto.

Salah satu teknik fotografi yang dikenal teknik Stacker.
Sistem foto tumpuk untuk pengabungan beberapa foto pada objek yang sama. Dan mengabung untuk mempertajam gambar atau menghilangkan noise, menghilangkan bagian yang tidak perlu dan diganti dengan objek pixel lain.
Teknik ini dikenal di kalangan astronomi. Karena astronomi terkait objek foto malam, serta objek yang gelap, ditambah pengambilan gambar dengan long eksposure dan High ISO. Umumnya menghadapi foto mereka dengan noise foto sangat tinggi.

Artikel Kandao RAW+ ini dapat dijadikan referensi, bila suatu saat nanti kita ingin membuat foto. Tapi terkendala dengan pencahayaan kurang baik

Menjadi alternatif dari software computer editing, diharapkan dapat membantu menghasilkan foto lebih bersih.

Software Kandao RAW+

Produsen Kandao adalah produsen perangkat camera. Tapi membuat softwarwe Kandao RAW+ dan diberikan gratis. Selain untuk penguna perangkat mereka sendiri, dapat dimanfaatkan oleh siapa saja

Software Kandao RAW+ dapat di download via web Kandaovr.com

Fungsi software Kandao RAW+  untuk editing foto, memiliki fungsi utama hanya memperbaiki gambar noise foto saja.
Khususnya foto untuk malam hari, pencahayaan rendah, atau foto yang harus diambil dengan ISO tinggi.

Software ini membutuhkan sebuah computer, dan software DNG untuk pengolahan serta output foto. Jadi perlu mendownload Adobe DNG software sebelum mengunakan Kandao RAW+
Kandao RAW+ mengunakan teknik otomatis, tidak perlu setting. Dan dapat dilakukan batch untuk render foto.

Kandao RAW+

Cara kerja Kandao RAW+

Sebuah foto yang diabadikan dengan pencahayaan rendah, terlebih dengan ISO tinggi. Akan menghasilkan banyak bintik hitam yang disebut noise.


Kandao RAW+ mengunakan gabungan multi gambar, atau istilah lain dengan Stack foto. Beberapa foto dalam satu objek yang sama diolah menjadi satu gambar utama.

Dari 10 foto (maksimum) dapat di proses untuk satu foto output DNG. File DNG nantinya dapat dibuka mengunakan software editing Adobe.

Bagaimana proses awal dengan Kandao RAW+
SUmber foto setidaknya lebih dari 2 foto atau lebih , dan maksimum 10.
Kita dapat mengambil 10 gambar pada objek yang sama.
Dalam percobaan ini mengunakan camera DSLR, atau dapat juga mengunakan camera smartphone dengan RAW foto.
Kita dapat mengambil gambar dengan teknik Burst, sekali jepret maka camera akan mengambil beberapa gambar sekaligus.

Dibutuhkan software Adobe Lightroom, untuk awal mengedit 1 foto dan di Sync ke foto lain.
Tentu saja bila anda sudah terbiasa dengan software editing foto tersebut
Selesai di edit foto dibuat seragam, dengan fitur Sync. Agar semua file memiliki warna yang sama, posisi crop yang sama.

Selesai di Sync, Save informasi setiap metadata foto disimpan dalam satu folder dari sumber foto.
Tujuannbya membantu software Kandao RAW+ dapat mengambil informasi dari setiap foto yang telah di edit berdasarkan nama + nomor file.

Memasukan file foto di Kandao RAW+ untuk di proses / render, dan foto yang akan di stack dan output foto menjadi file format DNG.
File DNG adalah nama lain dari RAW file.


Using Kandao RAW+




Untuk mendapatkan file Metadata sebuah foto. Dapat dibuat di Lightroom atau Photoshop RAW.

Apa Metadata foto

Tambahan informasi, ada baiknya mengenal nama Metadata foto.
Metadata adalah informasi tentang perubahan dari foto asli, termasuk data foto. Setiap file foto membawa informasi tersebut, ada yang disatukan dalam foto, yang lain dapat dibuat terpisah seperti foto RAW.

Metadata memuat informasi utama dari foto yang dihasilkan oleh perangkat (camera).
Informasi berisikan tipe camera, teknik pengambilan, lensa. Dan dapat dimasukan data lain seperti lokasi pengambilan foto, jam, atau tanggal serta koreksi warna foto dan sebagainya.

Untuk data gambar, mIsal kita mengkoreksi warna sebuah foto, mengcrop dan lainnya dan informasi di simpan ke dalam file Metadata.
File Metadata dapat dimanfaatkan oleh software lain, sebagai informasi perubahan foto sebelumnya atau dari software sebelumnya.
Sedangkan file foto asli tidak mengalami perubahan.

Kandao RAW+ Read Metadata

Kandao RAW+ dapat memanfaatkan file foto RAW untuk proses stack
Penguna software ini tidak perlu mengutak atik foto aslinya, termasuk software Kandao RAW+ hanya mengambil file foto dan informasi Metadata.

Dengan mengedit beberapa foto yang akan di stack dari software Lightroom, lalu software RAW+ dapat mengambil informasi dari file Metadata ketika terjadi perubahan yang dibuat dari software Lightroom
Proses final, Kandao RAW+ akan mengabung beberapa foto menjadi satu output file yang telah di koreksi / diperbaiki tingkat noise menjadi file DNG (file RAW Adobe)

Kita tingal memasukan nama file foto yang akan di stack atau digabung ke Kandao RAW+, dan software akan mengatur dari kemiringan sudut setiap gambar.


Render with Kandao RAW+


Hasil Kandao RAW+

Seperti gambar dibawah ini diabadikan pada malam hari.
Gambar kanan akan muncul banyak bintik hitam di foto malam, file foto tersebut adalah foto asli yang hanya di koreksi pencahayaan, warna tapi tidak merubah bagian noise gambar.
Gambar kiri adalah proses dari Kandao RAW+, mengabungkan beberapa foto yang di edit. Hasil akhir foto akan menghapus bintik hitam dalam foto / noise lebih bersih. Sehingga foto akan terlihat lebih baik.

Click gambar untuk detil foto.

Output low noise photo Kandao RAW+


Apakah Kandao RAW+ menghasilkan foto lebih baik.

Tahap awal pembuatan foto Kandao RAW+ daoat merepotkan. Kita harus mengabadikan objek foto dengan Burst / continues foto. Satu objek harus di foto beberapa kali. Mungkin memerlukan sebuah tripod untuk camera DSLR. Dan kestabilan tangan kita ketika mengabadikan objek foto dengan smartphone.

Untuk smartphone high end atau camera DSLR Full Frame akan menghasilkan foto lebih baik. Tidak memerlukan software seperti Kandao RAW+, karena produk terbaru sudah menempatkan proses gambar sendiri.
Bahkan smartphone juga memiliki teknologi teknologi low noise software tanpa perlu pengaturan manual.

Tetapi dalam kasus tertentu, mungkin software Kandao RAW+ lebih bermanfaat. Ketika software camera dan teknologi sensor camera lama baik model smartphone standar atau camera DLSR kelas pemula model lama. Lebih banyak menghasilkan foto dengan noise gambar.

Alternatif lain bila kita ingin memproses foto dengan gambar lebih baik tanpa banyak gangguan noise gambar foto dengan ISO tinggi. Bisa saja Kandao RAW+ membantu menghasilkan foto lebih baik dibanding software editing lain.

Hasil akhirnya tentu kita yang menentukan. Atau mencoba kombinasi yang terbaik, dari setiap software yang kita pakai.
Hasil akhir tentu kita yang menentukan, software apa yang menjadi pilihan kita.

Sekali lagi teknik dari Kandao RAW+ adalah alternatif untuk mereka yang ingin mencoba beberapa teknik dibidang fotografi, termasuk teknik foto Stacking.

Catatan, aplikasi Android untuk foto RAW di smartphone masih sangat terbatas. Umumnya hanya tersedia di aplikasi berbayar.

Salah satu teknik dengan Kandao RAW+ diterangkan pada video dibawah ini.



Hasil render gambar low noise dengan Kandao RAW +
Click gambar untuk memperbesar.

Sample photo Kandao RAW+



Sample photo Kandao RAW+

Sample photo Kandao RAW+