Bila anda memiliki semua perlengkapan untuk Android, tinggal dihubungkan semua perangkat untuk PC ke tablet

Seperti gambar dibawah ini.

  1. Bagian kiri port HDMI terhubung ke monitor 22 inch
  2. USB port dihubungkan ke converter PS2 port untuk keyboard.
  3. Sedangkan kabel paling kanan adalah jack port untuk power

Seperti gambar dibawah , perangkat Toshiba Thrive Android sudah terhubung ke keyboard dan monitor. Layar Android akan tampil sama seperti layar LCD 22 inch. Sedangkan untuk mengetik bisa mengunakan keyboard biasa. Karena belum tersedia converter micro USB ke USB biasa, perangkat mouse memanfaatkan layar touch screen dari Toshiba Thrive.

 

Apa yang bisa dimanfaatkan bagi perangkat Android menjadi PC:

  • Untuk computer dengan kebutuhan sederhana, bisa memanfaatkan perangkat Android dijadikan PC. Cukup menambah perangkat keyboard dan mouse (Wireless mouse) serta monitor yang dihubungkan ke tablet Android.
  • Pekerjaan yang dilakukan pada Android memang terbatas. Misalnya untuk alat komunikasi dari membuka email, Facebook , Messengger, video dan lainnya yang biasa dilakukan setiap hari. Dengan menambah bagian keyboard saja, akan memudahkan mengetik , chat dan lainnya dibanding mengunakan layar touch screen yang ada. Ketika keyboard aktif, layar bantuan untuk mengetik tidak tampil. Sehingga layar Android akan terlihat penuh seperti layar monitor biasa.
  • Khususnya bagi mereka yang membutuhkan layar monitor lebih besar, dapat memanfaatkan monitor seperti LCD yang memiliki input HDMI. Tampilan gambar pada layar Android akan di mirror ke layar monitor. Dan resolusi layar Android akan sama seperti tampilan di LCD.
  • Menjadi kendala pada bagian mouse. Tidak seperti sistem Windows di PC atau notebook, memiliki kalibrasi kecepatan gerakan cursor. Sedangkan pada perangkat Android tidak tersedia.
  • Pemakaian power lebih hemat dibanding computer besar.
  • Bila pekerjaan atau kegiatan yang dibutuhkan bisa ditangani oleh tablet. Alat Android sudah cukup. Karena tablet Android sudah memiliki perangkat lain dibanding notebook atau computer. Seperti sudah tersedianya dual camera untuk alat komunikasi video konferensi, microphone dan speaker.
  • Sebaiknya memeriksa tersedianya port pada perangkat tablet Android, apakah menyediakan port seperti peralatan yang dipakai pada artikel ini.
  • Hati hati ketika melepas pasang peralatan kabel dari port yang ada pada perangkat tablet PC. Karena port Android dibuat terintegrasi dalam 1 board.
  • Alternatif lain adalah mengandalkan perangkat Docking , biasanya sudah disediakan oleh produsen Android atau Docking tipe generik.

Demikian tips tentang memanfaatkan tablet Android menjadi PC kecil. Apakah Android dengan perangkat keyboard, mouse dan monitor akan lebih bermanfaat dibanding mengunakan notebook dan computer biasa. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan oleh pengunanya sendiri.

Informasi gambar lebih detail dapat dilihat via Google Plus