Apakah tablet Android bisa seperti PC atau computer. Secara tekniknya bisa. Selama tersedia port untuk monitor dan input.

Mengapa tablet Android menarik untuk dibahas dan dijadikan PC dirumah. Karena pemakaian power via adaptornya saja dibawah 20W. Dibandingkan computer modern akan membutuhkan power lebih besar. Windows keyboard pada Android terkadang menyulitkan bagi sebagian penguna, dan menutup separuh layar.

Setiap tablet Android memiliki standar port berbeda. Umumnya memiliki port USB, HDMI, card reader. Ke 3 port tersebut dapat dihubungkan ke perangkat PC

Port apa yang bisa di pindah seperti perangkat PC :

  • Port HDMI, dapat menduplikasi layar Android ke layar monitor via kabel HDMI
  • USB port, bisa menghubungkan perangkat seperti keyboard dan mouse.
  • Memory card, digunakan untuk ekternal storage seperti menyimpan data.

Salah satu peralatan dibawah ini disebut converter USB to PS2 port. Peralatan adaptor ini hanya dibutuhkan bila anda memiliki keyboard yang mengunakan PS2 port. Bila memiliki keyboard dengan kabel USB port, bisa langsung dihubungkan ke port USB di tablet Android

Port apa saja yang bisa menghubungkan perangkat tablet Android ke perangkat PC. Seperti Android Tablet dari Toshiba Thrive memiliki port lengkap. Seperti gambar dibawah, alat ini memiliki 1x micro USB port, 1x HDMI port dan 1x USB port.

2 Port USB dapat dihubungkan ke perangkat PC seperti mouse dan keyboard. Sedangkan Display monitor harus mengunakan monitor yang memiliki input HDMI.

Jack konektor lainnya terlihat pada sisi gambar kanan adalah jack port untuk Mic dan Headphone, dan jack paling kanan adalah jack untuk power.