Kalau ditanya siapa yang masih mengunakan DVD drive. Mungkin sangat jarang, karena perlengkapan drive DVD sudah bukan jamannya dan diganti dengan flash drive.

Bagi sebagian penguna computer mungkin masih memiliki DVD Writer.

Digunakan untuk membackup data, atau keperluan lain seperti membuat arsip data, membuat DVD film keluarga dan lainnya.

Kalau peralatan DVD drive mulai ngadat, harga hanya 60 ribu untuk DVD ROM dan 150 ribuan untuk DVD writer.

Repotnya ketika diperlukan, DVD writer ngadat tidak mau membaca data.

Atau pintu DVD drive tidak mau terbuka. 2 masalah tersebut paling membuat masalah untuk DVD lawas, terlebih DVD writer yang terlalu lama tidak digunakan.

Memperbaiki DVD drive tidak membaca Disk

Bila anda memiliki DVD drive atau DVD writer dan disimpan sembarangan. Masalah dapat muncul ketika head optik menjadi kotor.
Kondensasi udara di sekitar ruang DVD drive atau debu menghalangi sensor pembaca DVD, dan dapat masuk akibat pengembunan

Masalah ini terjadi di semua model DVD drive. Baik DVD ROM drive, DVD writer sampai DVD player.

Ciri DVD drive mulai bermasalah.

Lama membaca isi disk DVD, kadang tidak ada data / file.

Data ada ketika anda memindahkan ke computer, prosess copy dari DVD ke harddisk sangat lama. Kadang ketika di copy file terputus atau proses copy berhenti, walau media DVD Disk dalam kondisi baik.

Suara berisik muncul di drive DVD, karena head optik berusaha mengakurasi data yang di baca pada lembar film DVD. Kadang suara motor drive meningkat seperti ngebut dan drop perlahan.

Gejala yang pasti, bila menonton video dari DVD baik berupa file MP4 atau file VOB format DVD. Sering muncul gambar artifak seperti gambar tidak lengkap dan bercak.
Karena drive berusaha mengambil file tapi data yang diambil cacat. Membuat tayangan gambar video muncul garis atau artifak

Anda memasukan DVD kadang file tidak ada, setelah dikeluarkan dan dimasukan kembali. DVD terlihat normal. Salah satu masalah DVD membaca data yang tidak akurat dari dampak sensor optik.

Bila kita melihat gejala tersebut, khususnya drive DVD yang sudah tua. Mungkin 5-6 tahun lebih digunakan, akan berpikir DVD player atau DVD drive mulai rusak.

Jangan jangan hanya di bagian sensor lensa optik DVD yang kotor, tip ini boleh dicoba sebelum anda membuang driver DVD ke tempat sampah..

Letaknya seperti dibawah ini.

Buka bagian cover depan, dan buka tutup atas DVD.
Gunakan cotton but, dan bersihkan lensa.

Sebaiknya diberikan sedikit saja cairan seperti alkohol atau mungkin air.
Untuk mengurai kotoran atau bekas embun yang menganggu lensa DVD drive dan gunakan cotton but kedua untuk membersihkan.

How to clean optic lens DVD drive

Sebelum mencari penganti atau membeli DVD baru. Coba bersihkan lensa optik drive seperti tutorial video dibawah ini.


Memperbaiki DVD Drive tidak membuka

Punya DVD drive atau DVD Write, jarang di pakai.

Satu lagi penyakit lain, mendadak DVD drive Front Loading, pintu depan atau drive baynya ngak terbuka. Pusing kan, setiap mau write atau play DVD Disc harus di dorong manual.

Penyakit drive DVD stuck atau macet udah lama. Bahkan sudah terjadi sejak jaman CD ROM drive di1990an.
Kasusnya semua hampir sama, termasuk perangkat DVD player, DVD writer, DVD drive, sampai Xbox DVD mengalami hal yang sama.

Masalahnya ada di bagian mekanik. Kondisi panas drive membuat masalah pada belt atau karet motor yang melemah atau usang.
Jadi bukan kerusakan fatal, hanya mekanik pengerak yang tidak dapat berputar akibat karet yang usang.

Dengan berjalannya pemakaian DVD drive atau CD drive sampai yang jarang digunakan, terkena panas di dalam case, atau hanya diletakan bulan bulan dan dipakai hanya sesekali.

Tapi kita bisa mengetahui mengapa drive bay DVD tidak bisa terbuka. Salah satu nya drive LG DVD Writer, yang diproduksi tahun 2009 ini mulai bermasalah
Drive front loading macet permanen bila tray kosong tidak berisi disc DVD. Hanya dapat dibuka dengan bantuan manual.




Memperbaiki DVD drive tidak bisa buka

Ketika kita membuka tutup cover bagian atas. Coba pasang dan aktifkan, umumnya tray DVD drive bekerja normal. Jadi tidak ada yang rusak, secara keseluruhan komponen drive
Buka tutup lancar lancar saja. Tapi ditutup kembali, drive DVD kembali macet

Kita pasti beranggapan ada bagian drive DVD yang terjepit. Dan mencari bagian slot drive DVD drive, siapa tahu ada yang kejepit oleh cover atau mengalami aus akibat usia..

Tapi masalahnya bukan disana, walau kita sudah membuka bagian tutup depan kadang drive tetap tidak mau terbuka.
Drive hanya terbuka ketika cover tutup atas dibuka, dan drive bekerja dengan baik.

Drive DVD normal bila bagian tutup dibuka

Cara kerja DVD drive ketika menahan disc DVD.

Ketika anda buka, gunakan obeng atau metal. Dekati ke bagian kepala pemutar disc DVD.
Karena sistem disc DVD akan dijepit oleh magnet. Dan penjepitnya ada di bagian atas tutup seperti lingkaran.

Bagian itu yang menahan Disc DVD, disini yang masalah ketika drive tidak dapat terbuka sempurna
Ketika drive sedang terpasang Disc, semua normal saja. Setelah Disc DVD di keluarkan dari drive DVD, kembali kumat macet tidak mau terbuka.

Sistem penahan DVD disc menggunakan magnit

Unit modul Optic DVD Drive akan diangkat oleh modul mekanik bagian depan.
Ketika drive DVD harus membuka, bagian unit modul mekanik tidak mampu menurunkan modul bagian optik. Karena magnit penahan Disc lebih kuat, akhirnya drive loading disc menjadi tersangkut atau stuck tidak dapat lepas.

Dimana kerusakan yang membuat bagiaan modul Optic tidak dapat diturunkan.
Dari semua komponen, hanya satu masalah utama yaitu  belt karet. Dan terletak dibagian paling penting dekat motor drive untuk mengunci, mendorong keluar masuk, membuka, menurun naikan unit optic.
Drive DVD yang jarang di pakai membuat karet merenggang. Tidak mampu memutar bagian untuk menaikan sensor optik turun naik.

Bagian ini sebenarnya hanya lemah dan tidak rusak. Karena karet kelamaan akan melar, dan sentakan motor tidak mampu mengerakan roda disamping yang lebih besar untuk menrunkan unit modul optic.
Hasilnya, drive stuck tidak mau membuka.



Cara paling berhasil, menganti karet bel DVD drive, dijual tidak lebih dari 15 ribuan.

Bagian yang rusak DVD drive tidak bisa membuka normal

Penjelasan dan perbaikan DVD tidak mau membuka dibawah ini



Januari 2020
Ternyata belt drive melemah lagi. Dan tray Disc tidak bisa membuka.
Kali ini tidak berhasil dengan teknik diatas sebelumnya.

2 teknik memperbaiki drive DVD tidak dapat membuka. Dengan membersihkan bagian gear motor penarik dan yang ditarik. Yaitu roda besar dan kecil yang terhubung dengan belt atau tali untuk membuka tututp tray drive DVD.

Serta memanaskan karet belt drive DVD untuk membuka tutup.
Bila anda gagal memperbaiki dengan teknik dibawah ini. Mungkin sudah waktunya menganti kabel bel karet.



Untuk memperbaiki kasus DVD drive tidak dapat membuka

  1. Buka cover dan coba lihat bagian karet belt di bagian motor drive. Buka belt tersebut dan pasang kembali. Bila perlu sedikit di gulung agar lebih ketat menahan tarikan motor dan gigi / gear pengerak.
  2. Bila karet belt memang sudah lemah, bahkan dengan kondisi drive berisi DVD kadang masih macet. Dapat menganti bagian ini dengan belt lain. Harga belt  atau tali DVD drive hanya 5000. Ukur panjangnya, karena karet atau belt tersebut memiliki ukuran tertentu seperti nomor 8 atau 10 yang menandakan panjang.
  3. Anda suka bersepeda, atau memiliki teman yang suka bersepeda. Bila memiliki ban dalam ukuran 1 inci atau 1,5 inci. Gunting dengan tebal seperti belt menjadi belt motor drive DVD. Potong dengan tebal 1-1,5mm, coba pasang mengantikan drive belt yang lemah. Siapa tahu dapat memutar bagian roda DVD drive. Walau teknik ini sebenarnya agak sulit dicoba.
  4. Atau anda dapat mencari gelang karet, biasanya anak anak memiliki pengikat rambut. Mungkin ada ukuran yang pas dengan bagian roda tersebut. Setidaknya untuk sementara waktu ketika anda membutuhkan untuk membuka tray DVD drive
  5. Bersihkan gear atau roda pengerak pada motor. Karena gear di motor berputar cepat, membuat karet yang sudah lemah tidak ikut berputar dan tertahan oleh gear besar yang seharusnya dapat bergerak untuk membuka tray drive DVD.
  6. Ini upaya terakhir sebelum anda memutuskan menganti kabel drive belt untuk opener / motor pembuka drive. Karet yang sudah benar benar kendor tersebut dipanaskan dengan suhu antara 80 derajat mengunakan hairdryer. Tapi jangan terlalu dekat, bila kepanasan akan merusak karet . Sekitar 30 - 60 detik dipanaskan lalu di celukan ke air dingin, sekaligus mencuci karet belt. Upaya tersebut sekaligus untuk mencuitkan karet kembali.

Perbaikan DVD drive diatas dapat dicoba. Setidaknya masalah yang sederhana dapat diperbaiki, selama kerusakan bukan terjadi pada komponen utama.