Handbrake software gratis untuk encoder video

Umumnya untuk memperkecil ukuran video dan mempertahankan kualitas gambar video.

April 2018, Handbrake telah di update ke versi 1.1. Menambahkan setting Youtube Vimeo untuk mengkompress video berukuran lebih kecil.

Cara mengunakan Handbrake, sebelumnya harus diketahui dibawah ini.

Video asli yang akan di kompress atau dikecilkan sebaiknya memiliki kualitas paling baik. Tidak masalah dibuat dengan render setingkat ProRes yang menampilkan gambar Losses atau tidak di kompress. Baik ukuran video 2K, 4K, Full HD atau HD. Intinya, video asli harus dibuat dengan kualitas paling tinggi.

Cara setting perbedaan 4K, Full HD, HD video



Ketika kita ingin mengupload file dengan kualitas sangat tinggi tersebut, terkendala dengan ukuran sangat besar. Contoh sebuah video 4K ProRes MOV tanpa di kompresi menghasilkan 800MB untuk durasi 1 detik saja. Akan membuang waktu bagi kita bila membuat video dengan resolusi sangat baik sekelas 4K. Hasilnya akan ber Gigabyte.
Atau video dengan durasi 3 menit dengan 25mbits, menghasilkan video H.264 MP4 sampai 500MB. Bila di render untuk 15 menit, diperkirakan ukuran file akan mencapai 2,5GB.

Bagaimana kita mengkompress video tanpa menurunkan terlalu banyak kualitas video. Sementara kita tidak tahu terlalu banyak setting yang dibutuhkan di Youtube.

Setting video yang direkomendasikan Youtube
4K 2160p 60fps 20.000 -51.000 Kbps
2K 1440p 60fps 9.000 -18.000 Kbps
2K 1440p 30fps 6.000 - 12.000 Kbps
FHD 1080p 60fps 4.500 - 9.000 Kbps
FHD 1080p 30fps 3.000 -6.000 Kbps
HD 720p 60fps 2.250 - 6.000 Kbps
HD 720p 30fps 1.500 - 4.000 Kbps

Setting penting dari proses render video
KeyFrame disarankan 2 detik, tidak lebih dari 4 detik
Suara MP3 atau AAC
Tipe Frame, Progresive, 2 B-Frame, 1 Frame Reference
Coding Entropi - CABAC

Setting Vimeo
4K sampai HD , encoding frame rate minimum 24fps tertinggi sampai 60 fps.
Vimeo mengijinkan encoding ProRes untuk 4K sampai 50Mbps.


Dan menerima video 8K UHD
Atau H.264 HEVC
Suara AAC, stereo sampai 320Kbit/s dengan sample rate 48kHz

Bitrate Vimeo
SD     2 – 5 Mbps
720p     5 – 10
1080p     10 – 20
2K     20 – 30
4K     30 – 60
8K     50 – 80

Mengunakan Handbrake

Setelah instal  selesai, menu akan tampil dari aplikasi Handbrake. Cukup di drag dan drop file video ke software Handbrake

Import Video to Handbrake Encoder

Bila menu Preset terbuka, maka dapat pilih pada Preset Web, terdapat pilihan video untuk Youtube dan Vimeo
Dari resokusi 4K, 2K, Full HD, HD dan lainnya.
Tinggal di click menu tersebut untuk membuat video standar, maka kita tidak perlu merubah setting lainnya.

Cara setting video Youtube Vimeo di Handbrake

BIla tidak menemukan Presets, coba perhatikan di sisi kanan terdapat keterangan Presets.
Click maka akan turun sebuah Windows dan pilih menu WEB, dan pilih output dari ukuran video yang anda butuhkan.



Setting Handbrake video Youtube Vimeo di Preset

Setting kualitas video dari Handbrake

Bila memerlukan setting manual. Ada beberapa fitur dari Handbrake yang perlu kita ketahui.
Video Coder, umumnya mengunakan format MP4 H.264 sesuai standar Youtube dan Vimeo.

Frame Rate (1), bila anda membuat video dengan 25fps, sempatkan memeriksa setting tersebut, dan sesuaikan  dengan format frame rate dari video asli. Terdapat pilihan antara Constant artinya video akan di render sesuai yang di setting dan kontan. Setting kedua Peak Framerate akan mengambil angka paling tinggi.

Optimise video

Ada beberapa option dan terdapat keterangan yang diberikan.
Encoder Preset tidak perlu dirubah
Encoder Tune, dapat dipilih mengikuti video yang dibuat. Seperti film karton, film biasa dan lainnya.
Encoder Profile (2). Ini bagian paling penting. Untuk video final dan kualiats tinggi. Sangat disarankan mengunakan High.

Quality

Ini adalah hasil output + kualitas video.
Constant Quality paling umum mengunakan RF 19-22.  Anda boleh mengunakan setting 19 sudah cukup untuk video youtube dan menghasilkan video hampir sama identik dan menghasilkan video ukuran lebih kecil. Atau setting RF 22 disarankan untuk video dengan durasi panjang, dan menekan ukuran file yang dihasilkan dari proses encoding video.
Jangan memasukan RF 0, semakin kecil angka maka video semakin Losses artinya tidak di kompress. Kami mengcoba mengunakan RF 0. Video asli 500MB membengkak menjadi 1,3GB.

Avg Bitrate

Untuk mereka yang membutuhkan kualitas video lebih baik, dapat memasukan perkiraaan kualitas bitrate.
Ada satu menu penting yaitu 2 Pass. Proses encoding dilakukan 2 kali oleh software. Dan software akan mengambil gambar terbaik dengan membandingkan kualitas frame pertama dan kedua.
Karena proses mengambil frame video lebih baik, pilihan 2 pass akan memperbesar ukuran file video final.

Setting Handbrake 2 Pass RF 19-20


Setting Audio
Dapat mengikuti kebutuhan di Youtube. Seperti AAC 128Kbps
Menu ini dahulu digunakan untuk proses video DVD. Dimana terdapat 2 audio atau lebih yang dapat dimasukan untuk output ke VOB file.
Tidak terlalu penting, dan dapat mengikuti setting 128Kbps agat file video youtube dapat sedikit lebih kecil.

Setting Handbrake Audio AAC


Proses render video Handbrake.

Click icon di kanan bawah dengan keterangan Save As, pada menu Browse. Masukan nama file dan folder untuk menyimpan file dari Handbrake.
Lalu tekan Start Encode di bagian atas. Maka proses konversi video dimulai.

Kebutuhan kompres video lebih kecil
Mereka yang bergerak di bidang digital video. Membuat file master dengan resolusi tinggi, dan kualitas video sangat baik. Tetapi membutuhkan upload video ke media Youtube atau untuk presentasi, yang nantinya file yang dibutuhkan lebih kecil Dapat mengkompres video dengan Handbrake sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Vlog yang melakukan traveler, dan merekam video cukup panjang. Proses akhir di video editing dengan membuat file master. Dapat dibantu dengan mengecilkan video ukuran file video di media sosial seperti ukuran bagi video Youtube. Sehingga menghemat bandwidth internet selama perjalanan.

Kebutuhan editing video lebih ringan dengan video 4K. File master video 4K yang sangat besar dikecilkan dengan Handbrake mengunakan setting bit rate lebih rendah untuk sementara, dan digunakan dalam proses editing. Proses video yang lebih kecil dengan editing, memotong dan mengatur tranform video menjadi jauh lebih cepat tanpa memerlukan beban CPU besar dibanding mengunakan video asli 4K yang besar. Untuk proses video final, file asli kembali digunakan mengantikan file sementara agar video tetap tampil baik.

Keunggulan Handbrake.

Softwar encoding Handbrake sudah lama. Hanya versi terbaru mulai 1.1 telah menyediakan menu yang memudahkan khusus untuk video media sosial.

Sesuai kebutuhan setting video Youtube, sebesar apapun kualitas dari file video yang dibuat akan tampil sama di layanan video seperti Youtube dan Vimeo.
Dan proses akan dilanjukan secara internal atau re-encode dan dikecilkan kembali, sebelum video tampil di internet.

Yang diperlukan, format yang diminta oleh layanan tersebut. Bila salah setting, salah frame rate, hasil video yang baik belum tentu sama seperti tampilan di layanan video media sosial.
Ukuran video losses dengan file video sangat besar, belum tentu menghasilkan video yang bersih di Youtube. Karena Youtube akan memproses ulang sesuai kemampuan tanyangan layanan mereka.

Video yang baik diawali ketika kita merekam. Dimana video tampil dengan cahaya yang tepat maka hasil akhirnya akan lebih baik.

Setelah memasuki tahap proses edit video baik di computer, bahkan smartphone. Kualitas video bertahap akan menurun kualitasnya.

Misal menambah dengan efek filter, warna dan lainnya. Ketajaman gambar akan berubah walau mungkin saja warnanya lebih baik.
Setiap proses encoding video dipastikan menurunkan kualitas dan ketajaman video. Dan berakhir di proses encoding dari Youtube dan Vimeo sendiri juga menurunkan kualitas video sangat drastis.

Bila kita membuat video dengan kompresi rendah, seperti format Losses dan menghasilkan video sangat baik walau ukuran file akan membengkak.
Rasanya agak repot untuk mengupload sebuah video yang dilihat sangat baik di computer, tapi berukuran 4GB untuk di upload ke Youtube. Toh, disana akhirnya akan diperkecil kembali.
Dengan Handbrake, kita dapat dibantu untuk mengatur setting yang tepat dalam proses re-encoding video berukuran besar menjadi lebih kecil.



Dibawah ini cara mengunakan Handbrake, dan perbandingan proses video akhir



Software Handbrake dapat di download via Handbrake.fr