Procesor Intel dan AMD desktop computer memiliki kecepatan diatas 3Ghz, dan procesor terbaru mencapai 4Ghz.

Apakah kita mengetahui berapa suhu procesor ketika bekerja, atau pernah memeriksa. Bagaimana bila procesor overheating karena kinerja procesor saat ini semakin cepat.

Teknologi procesor dari Intel dan AMD menempatkan alat thermistor (sensor suhu procesor) di setiap core.

Sensor suhu internal berfungsi menjaga procesor tidak mengalami overheating dan mencegah kerusakan lebih lanut bila beban kinerja procesor berlebihan. Atau kejadian yang tidak terduga, seperti fan bermasalah.

Disini dibahas tentang procesor Intel yang sudah bertahun tahun bermasalah dengan disain heatsink.
Procesor Intel memiliki batas panas, seperti 72 derajat C. Sedangkan procesor AMD memiliki suhu lebih tinggi sekitar 90 deg.C.

Tetapi setiap model processor  memiliki spesifikasi berbeda dengan suhu maksimum. Ada yang berada di 60 derajat atau diatas 70 derajat Celcius.

Tidak batas suhu panas saja. Intel juga menentukan batas panas di setiap core procesor, bila salah satu core mengalami beban berlebih. Misalnya satu core telah mencapai panas tertentu, membuat  kecepatan procesor menurun. Bila procesor kedua mengalami panas, kecepatan kembali di turunkan sekitar 100Mhz, sampai core ketiga,. Dan terakhir bila ke 4 core sudah terlalu panas. Sistem procesor akan menurun ke setting pada kecepatan terendah. Apa yang terjadi bila procesor menurun. Pastinya membuat penguna computer tidak nyaman. Seperti gerakan mouse terasa tersendat, atau layar browser lambat.
Kejadian tersebut terjadi bila ada aplikasi yang besar bekerja, dan kita mengunakan aplikasi lain yang terganggu. Contoh mengedit video membutuhkan waktu, bisa berlangsung selama beberapa menit. Selama menunggu mungkin kita akan membuka browser dan melihat berita. Kadang disini masalah muncul. Atau bermain game 3D, awalnya bekerja dengan baik tapi lama kelamaan computer terasa berat.

Bagaimana menjaga kecepatan procesor bekerja dengan optimal, tentu dengan pendingin procesor yang baik. Karena cooler yang diberikan Intel dari paket procesor tidak memadai untuk mendinginkan panas procesor.

Apakah cooler procesor berdampak dengan kinerja procesor.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut dapat dilihat penjelasan dibawah ini.
  • Apakah cooler Intel dapat mendinginkan procesor. Jawabannya tidak, bila mengunakan stock heatsink/ heatsink standar dipastikan tidak mampu mendinginkan procesor dengan baik. Terlebih disain case computer yang tidak memadai. Sejak Intel mengeluarkan procesor Core i di tahun 2011, banyak penguna menanyakan mengapa procesor mereka sering berada diatas 70 derajat. Bahkan bila salah setting di BIOS, panas procesor dapat mencapai 90 derajat.
  • Bila computer digunakan untuk aplikasi render video, editing photo, audio, proses render 3D. Aplikasi tersebut membutuhkan kinerja procesor maksimal mungkin. Dengan kata lain procesor akan bekerja 100%. Apakah procesor akan kepanasan. Tentu, tapi panas procesor tidak akan merusak procesor. Sensor panas internal akan menjaga suhu sampai batas tertentu.
  • Apa yang terjadi bila procesor kepanasan. Procesor otomatis menurunkan kecepatan.dan melambat yang disebut Throttling. Bila mencapai batas tertinggi - Tj.Max seperti 100 derajat maka procesor otomatis dapat mendadak dimatikan oleh sensor.
  • Apa yang terjadi bila procesor overheating dan terjadi Throtter. Ketika procesor bekerja dengan 100% dan suhu core procesor akhirnya mencapai panas 70 derajat.Celcius. Kecepatan procesor dibuat tersendat (tertunda), dan  kecepatan bekerja dinamis naik turun. Artinya kecepatan procesor diturunkan secara internal.
  • Dampaknya sangat terasa dalam permainan 3D, atau game mengunakan internal grafik dari procesor. Diawal tampilan grafik terlihat baik, tapi dalam beberapa menit untuk gerakan mouse terasa melambat, tampilan di layar terasa lebih berat. Disini disebut Throtter.

Apakah perlu menganti heatsink procesor lebih baik.

  • Tidak, bila penguna computer tidak merasakan perubahan, dan kinerja computer terlihat tidak terganggu. Aplikasi office, browser maka kinerja procesor tidak terlalu berat. Selama penguna tidak terganggu dengan degrasi kecepatan procesor. Walau procesor mencapai panas tertentu, panas tidak akan merusak procesor.
  • Ya, bila mereka mengunakan computer untuk aplikasi besar, seperti editing video, foto, 3D dan CAD. Disarankan menganti heatsink. Terlebih untuk aplikasi game dan game online dengan tampilan maksimum gambar Frame Rate video. Atau bermain game di computer, dimana kemampuan procesor sanga optimal diperlukan dan berlangsung dalam durasi cukup lama. Untuk kenyamanan, kita harus menganti heatsink yang lebih baik.

Bagaimana mengukur suhu procesor

Untuk mengetahui panas procesor yang membuat masalah. Beberapa software dapat melihat suhu procesor ketika sedang bekerja. Seperti HW Monitor, CPU Thermometer, CPUID, Core Temp atau RealTime CPU. Software tersebut dapat menampilkan suhu masing masing core yang sedang bekerja termasuk suhu tertinggi yang pernah dicapai.

Menganti heatsink procesor bila diperlukan.

Kapan untuk menganti heatsink procesor lebih baik. Bila penguna computer merasakan masalah dengan kemampuan computer seperti yang disebutkan diatas.Merasa computer terlihat melambat, bekerja seperti tidak biasa selama proses software berlangsung. Langkah awal untuk mengetahui masalah procesor panas dibawah ini
  • Periksa dengan software temperatur. Dapat mengunakan software yang disebutkan diatas atau software dari produsen yang disebut Utility.
  • Bila ditemukan suhu procesor cukup tinggi. Lihat spesifikasi procesor yang dipakai di website AMD atau Intel. Temukan model procesor dengan data Tj.Case procesor yang kita miliki. Setelah mengetahui berapa panas procesor di data Tj.Case.
  • Pada keterangan Maximum, terdapat catatan suhu panas secara realtime yang dicapai ketika computer bekerja maksimal.
  • Bila panas core procesor selalu melewati suhu Tj.Case, dapat dipertimbangkan untuk menganti heatsink procesor dengan model lebih baik.

Berapa harga cooler procesor.

Banyak model dan varian, dan heatsink premium tidak murah. Harga heatsink dapat mencapai 500 ribu bahkan lebih..
Beberapa disain dijual cukup murah, tetapi belum tentu cocok dengan suhu di Indonesia atau kebutuhan kita.
Disarankan cooler CPU dengan heatpipe / pipa tembaga pendingin panas. Karena heatpipe dapat menghantarkan panas lebih cepat dibanding heatsink standar seperti sirip aluminum atau tembaga biasa.
Bagi mereka yang ingin menjaga procesor tidak kepanasan, dapat memilih heatsink dengan 3-4 heatpipe. Semakin banyak heatpipe semakin baik walau performa tidak meningkat linier.
Tidak perlu heatsink terlalu mahal, tetapi mendapatkan referensi yang tepat dengan kualitas. Tidak perlu mencari heatsink dengan kemampuan mendinginkan procesor terbaik. Tapi performa cooler procesor dapat mendinginkan panas procesor dibawah ketentuan seperti temperatur Tj.Case.

Salah satu produk cooler DeepCool model Gammaxx 400 cukup menarik. Memiliki disain dengan 4 heatpipe, dan bagian tembaga pipa penghantar panas dirancang langsung kontak dengan bagian procesor. Harga heatsink ini sekitar 300 ribuan. Jauh lebih murah dibanding heatsink premium. Asalkan kita lebih memilih performa cooler yang cukup saja, dan bukan tampilannya.


DeepCool Gammaxx 400 bodi cooler Intel AMD

Spesifikasi Gammaxx 400.

  • Procesor dengan TDP Intel 130W atau AMD 125W
  • Socket procesor tipe LGA2011/1366/1156/1155/1151/1150/775 , AMD AM4/FM2/FM1/AM3+/AM3/AM2+/AM2/K8
  • Ukuran 135 x 80 x 154mm (cukup besar). Pastikan tinggi di ruang case lebih dari 16cm
  • Fan 120 x 120 x 25mm Hydro Bearing, putaran 900-1500 rpm
  • Berat 670g

Seperti gambar dibawah ini, dibanding heatsink premium, ukuran DeepCool Gammaxx 400 tidak berbeda dengan badan heatsink lebih besar. Pastikan tinggi case agar masuk untuk heatsink.
Bodi pendingin procesor DeepCool Gammaxx 400
Untuk ciri disain cooler, DeepCool memberikan disain fan dengan 4 lampu LED. Model terbaru disebut Gammax 400 White yang mendukung procesor terbaru.

LED Cooler Gammaxx 400

Mounting Gammaxx 400. Dari sisi kiri, penjepit fan tambahan, 2 mounting untuk AMD dan paling kanan untuk socket procesor Intel
Dengan mounting fan tambahan penguna cooler dapat menambahkan fan pendingin agar mengoptimalkan pendingin.
Paket Gammaxx 400 juga menyertakan thermal paste.

Komponen socket dan fan DeepCool Gammaxx 400

Gammax 400 menempatkan 4 lubang untuk penjepit socket procesor ke heatsink. Di bagian dasar heatsink terlihat 4 heatpipe penghantar panas procesor yang dialirkan sampai ke bagian sirip heatsink dan di dinginkan oleh fan.
Kontak antara procesor ke heatpipe langsung, akan lebih efektif untuk pendingin procesor.

Heatsink with Heatpipe cheap DeepCool Gammaxx 400

Install heatsink Gammaxx 400 untuk motherboard Intel tidak memerlukan tool, kecuali pemasangan 4 baut mounting heatsink.
Penjepit dibuat sama seperti penahan heatsink Intel standar. Dengan menekan 4 penahan heatsink ke lubang socket procesor di moherboard, dan ditekan sampai terdengar bunyi klik. Maka heatsinik sudah terpasang.

Install Heatsink procesor cooler DeepCool Gammaxx 400

Tinggi cooler Gammaxx 400 perlu di pertimbangkan lebih lanjut. Membutuhkan ruang kosong dari posisi motherboard ke tutup case cukup besar. Gammaxx 400 cooler membutuhkan ruang dengan lebar 135mm (14cm) dan tinggi 155mm (16cm)
Bila anda melihat gambar dibawah ini terlihat kecil. Pastikan dengan dimensi heatsink sesuai keterangan diatas.

Size Heatsink procesor DeepCool Gammaxx 400

Halaman selanjutnya -> Dampak menganti heatsink lebih baik - Test Cooler