Software MP4Tools dibuat lengkap dan gratis. Untuk memotong sebuah video menjadi beberapa video. Atau mengabungkan video dari beberapa video.

Proses MP4Tools tidak melakukan re-encoding atau di render ulang. Hanya bagian yang sudah di potong tetap dalam format aslinya.

Kemampuan MP4Tools seperti StreamClip dan VidCutter dengan kelebihan masing masing.dengan fungsi utama mempertahankan kualitas video seperti aslinya

Membuat video tetap sama kualitasnya seperti kualitas dari sumber video.

MP4Tools dibuat dalam 2 software terpisah dan di download bersamaan seperti link diatas.

Software MP4Tools Splitter
Memiliki fungsi memotong panjang sebuah video menjadi bagian demi bagian.
Misalnya kita memiliki sebuah video dengan durasi 15 menit. Tapi hanya ingin mengambil bagian di menit ke 2-5, lalu menit ke 14 sampai 15.
Tinggal diberikan tanda pada menit ke 2 sampai ke 5, lalu menandai lagi pada menit ke 14 dan 15. Selanjutnya tekan
MP4Tools Splitter akan memotong 15 menit video menjadi 4 bagian dalam 4 video terpisah icon ID Split Point
Menit 1 sampai 2 tetap ada, nantinya dapat dibuang bila tidak digunakan, menit ke 2-5 yang akan diambil, menit ke 5-14 tetap dipotong dan nanti dapat dihapus, terakhir bagian menit ke 14-15 yang kita inginkan.
Dari pemotongan sebuah video menjadi 4 bagian, bila di jumlah maka total ukuran file akan sama seperti satu video utuh. Dan MP4Tools tidak melakukan proses render atau re-encoding video yang baru dipotong.

Software MP4Tools Joiner.
Bagian kedua adalah software untuk mengabung video tanpa re-encoding.
Kita cukup memasukan video dari hasil rekaman camera atau smartphone.
Dengan mengclock + maka video akan masuk daftar untuk di proses. Atau - untuk membuang video
Di bagian menu kanan terdapat arah panah, yang berfungsi memindahkan urutan video yang akan digabung.
Selesai memasukan beberapa video, tinggal mengclick Join dan video akan digabung menjadi satu video.




Tip mengabung video dengan MP4Tools Joiner
Mengunakan fungsi Joiner atau mengabung video, sebaiknya mengunakan sumber dari perangkat yang sama. Bila software menditeksi perbedaan format, bitrate, frame rate, maka proses akan melewati  re-encoding karena perbedaan format video.
Jangan mengabung video dari beberapa perangkat yang berbeda. Misal mengambil video dari DSLR, lalu di gabung dengan video dari smartphone. Atau berbeda ukuran, seperti mengabung video HD 720p dengan HD 1080p. Tentu software MP4Tools tidak dapat mengabung video dengan format berbeda secara langsung.
Intinya utamakan merekam video dari satu sumber perangkat, maka bitrate, ukuran video akan sama. Ketika digabung maka tugas MP4Tools Joiner hanya menyambung dari video pertama ke video kedua dan selanjutnya. Dan proses mengabung video menjadi sangat cepat. Seperti mengcopy beberapa video ke sebuah folder, tapi yang ini di gabung tanpa proses render atau di encoding ulang.

Software MP4Tools berguna bagi mereka yang suka merekam video dari perangkat smartphone atau camera. Karena software ini gratis. Kedua kita dapat membuang bagian yang tidak diperlukan sehingga file video dapat disimpan dengan ukuran lebih kecil. Atau mengambil bagian video yang kita butuhkan.

MP4Tools hanya dapat memproses video dengan format MP4, MOV dan AVI. Dan video direkam atau sumber dari Format MP4



Software MP4Tools diberikan gratis dan dapat di download mp4joiner.org