Microsoft Hyperlapse aplikasi untuk stabilizer camera. Untuk video dari smartphone, atau action camera di Windows, membuat video stabil dan halus sehingga nyaman ditonton.

Microsoft Hyperlapse diperkenalkan pada tahun 2015 telah mendukung resolusi 4K, versi resmi tersedia di OS Android setelah dibuat untuk PC.

Apa fungsi Microsoft Hyperlapse

Perkembangan camera smartphone, action cam atau mereka yang membuat video. Ketika mengambil video dengan tangan atau tipe camera Action cam, terkendala dengan kestabilan gambar. Gambar lebih banyak bergoyang dan perlu di stabilkan. Ada beberapa perangkat stabilizer dengan motorized tapi dijual sangat mahal, dan tidak praktis.

Atau merekam video di kendaraan, bersepeda dan video di percepat dengan software editing video. Akan melihat gerakan gambar tidak stabil. Membuat video tidak nyaman di lihat.

Microsoft mengembangkan software Microsoft Hyperlapse di Android dan Microsoft Hyperlapse Pro untuk Windows. Agar video yang direkam dapat di proses dengan stabilizer, sebelum di edit oleh pemiliknya.

Fungsi utama Hyperlapse, untuk mempercepat video agar bagian yang goyang dapat ditutup dengan gambar yang lain. Microsoft mengembangkan software ini untuk tipe camera wide angle, agar bagian yang tidak stabil dapat dibuang atau di crop. Proses kecepatan hyperlapse video dapat dibuat dari 1x sampai 25x. Untuk smartphone dapat dipercepat sampai 32x
Tidak masalah dengan perbedaan framerate dan resolusi, intinya setiap video dengan resolusi lebih tinggi akan di downsize. Sebagai contoh video yang direkam dengan 4K, sebaiknya di proses menjadi Full HD agar bagian video dapat diambil yang terbaik.
Untuk proses di PC, Microsoft Hyperlapse dapat memanfaatkan procesor dan grafik. Dari CPU dan VGA dapat membantu mempercepat proses video akhir.

Proses membuat stabil video dengan Microsoft Hyperlapse akan lebih singkat. Ditambah proses editing atau trim video sudah terintegrasi di software, dan pilihan camea yang tersedia untuk versi Windows dan Mac OS.

Sistem operasi untuk Microsoft Hyperlapse

Untuk Android setidaknya dibutuhkan OS Android 4.4 atau lebih tinggi, RAM 512MB (terbatas dibawah HD video)
Untuk Windows Phone 8.1- Windows Phone 10 dengan RAM minimum 512MB (terbatas dibawah HD video)

Microsoft Hyperlapse Pro untuk PC dapat di install terpisah dari software editing. Proses membuat stabil gambar video di proses terlebih dahulu dengan Microsoft Hyperlapse, termasuk memotong bagian file yang akan diambil.
Untuk iOS dapat mengunakan OS X El Capitan 10.11 dan Yosemita 10.10
Untuk Windows minimum 64bit dengan Windows 7, terbaik di Windows 10 dengan output 4K

Proses VGA, setidaknya sudah mendukung OpenGL 2.0 atau lebih tinggi dan lebih cepat

Hardware Desktop
Minimum 4GB RAM, lebih besar lebih baik
VGA, untuk mempercepat proses render video

Cara mengunakan Microsoft Hyperlapse Pro

Ada 2 versi untuk Windows OS dengan Pro dan Free. Untuk versi Microsoft Hyperlase Free di Desktop computer, diberikan watermark. Sedangkan Microsoft Hyperlapse Pro untuk profesional tanpa watermark.

Import

Tahap pertama mengunakan Microsoft Hyperlapse Pro. Drag dan drop file ke aplikasi, atau mengunakan opsi Open.




Setelah file di Import, dan di crop. Lihat dibagian setting dengan menekan Next

Setting

Disini pengaturan output video yang dibuat.
Menentukan camera dan model, tidak masalah bila camera tidak terdaftar dapat dipilih Unknown
Pilih kecepatan  Speed Control, setting minimum 1x atau video distabilizer seperti video normal.
Advanced Setting, tambahan setting hanya aktif bila model camera masuk dalam daftar
Ukuran output video Microsoft Hyperlapse akan dikecilkan atau di downsize. Karena proses stabilizer akan mengambil bagian yang sama agar video tidak terlihat bergetar. Disarankan mengunakan camera dengan resolusi tinggi lalu di downsize dengan ukuran lebih kecil. Misal camera dengan frame rate 60fps diturunkan ke 30fps, atau resolusi video 4K dapat dikecilkan ke 2K, atau camera 2K dikecilkan ke resolusi Full HD, dan resolusi Full HD hanya diproses ke resolusi lebih rendah HD. Tujuannya agar gambar video tetap tajam.
Terakhir output frame rate. Bagian ini tidak masalah bila camera merekam dengan kecepatan 25fps dan di render ke 30fps, tetapi speed faktor dinaikan 2x untuk proses video Hyperlapse.



Dibawah ini beberapa model camera untuk Micosoft Hyperlapse Pro
Microsoft Hyperlapse Pro mendukung model camera GoPro, Polaroid Cube, Sony atau Xiaomi Yi, serta model camera lain dapat memilih Unknown Camera



Proses

Selesai memilih, click Next dan proses dan software akan mengolah video biasa menjadi video hyperlapse



Output file Microsoft Hyperlapse Pro untuk Versi Desktop tidak menghapus file asli. Hyperlapse Pro membuat duplikat file yang di stabilkan dengan nama berbeda - _hyperlapse_4x_std.mp4 diartikan video di proses 4x lebih cepat dengan teknik Hyperlapse.

Untuk lebih jelas proses dan pengunaan Microsoft Hyperlapse dapat dilihat video dibawah ini.



Pendapat

Bila memiliki camera resolusi tinggi, baik dari smartphone, Action Cam dan DSLR. Sangat disarankan merekam video dengan resolusi tinggi. Tapi proses output video dengan Microsoft Hyperlapse, resolusi video diturunkan lebih rendah. Tujuannya agar bagian yang di Crop selama proses video stabilizer tetap tajam.