VidCutter software memotong video tanpa di encoding.

Banyak software editing video, dapata memotong video. Tapi proses video yang dipotong akan di encoding kembali.

Karena proses software editing, diperuntukan editing secara penuh. Maka mereka tidak menyediakan proses memotong video langsung, dan tetap di lakukan proses encoding sesuai format video yang ada.

Disini masalahnya, bila kita merekam video dengan durasi cukup panjang. Membuat klip video dan terus saja merekam agar tidak kehilangan momen untuk diabadikan.

Hasil rekaman menjadi sangat panjang. Misal acara tiup lilin saja, kita mengunakan smartphone atau camera untuk merekam. Cerita video yang akan dibuat untuk merekam momen tiup lilin. Tapi objek yang direkam muter kesana kemari, akhirnya video terus saja berjalan direkam.
Urusan 20 detik, malah merekam video selama 3-5 menit. File video akan membengkak menjadi besar, bila disimpan akan memakan kapasitas storage.

Atau kita ingin membuat rekaman tanpa putus, dan camera terus saja merekam dengan durasi panjang. Ternyata rekamannya mencapai 4GB, atau puluhan menit. Tapi bagian video yang ingin kita potong hanya berdurasi 2-3 menit, bahkan hanya 10-30 detik saja.
Tentu kita akan gerah juga, menyimpan file 4GB untuk disimpan sebagai arsip. Nantinya baru di proses untuk di edit di masa mendatang.

Dengan VidCutter tidak perlu repot
Fungsi software VidCutter dapat memotong video tanpa proses render video. Jadi video dapat dipotong langsung bagian demi bagian, bahkan dapat disatukan dalam satu video yang sudah terpotong.

Misalnya kita merekam sebuah acara, sementara camera terus merekam sampai 20 menit. Setelah di computer, kita memutar video dan mengambil bagian yang diperlukan saja. Baik potongan demi potongan video klip. Atau memotong langsung di bagian ke 2 menit, 10 menit, 14 menit dan bagian lainnya. Setelah potongan klip sudah dibuat, tinggal di save langsung, dan semua klip yang kita tentukan potoingannya akan menjadi sebuah file video dengan potongan menit ke 2,10 dan 14 dalam satu file.

Potong video tanpa proses encoding ulang

Sebelumnya kami telah mengulas sebuah software lain dengan MPEG Streamclip.
Software tersebut memiliki fungsi yang sama. Tapi potongan video memiliki bagian depan sedikit cacat, navigasi tidak sebaik VidCutter,  hanya mendukung beberapa format video untuk dipotong langsung.

Dengan VidCutter sudah mendukung memotong video :
3GPP
AMV
AVI
DivX - DivX, Div
Flash - FLV
WebM - Webm
MKV - mkv
MPEG audio - mp3, mpa, mp1
MPEG file - mpeg, mpg, mpe, m1v, tod
MPEG-2 - mpv, m2v, ts, m2t, m2ts
MPEG-4 - mp4, m4v, mp4v
MOD - mod
MJPEG - mjpeg, mjpg
QuickTime - mov, qt
Realmedia - rm, rmvb
VCD Dat - dat
VCD SVCD - bin
VOB - vob (file DVD)
Wave - wav
Windows Media Audio - wma
Window Media file - mwv, asf, asx (video)
Xvid - xvid

Selain dukunga banyak format video dan audio yang dapat di cut tanpa proses encoding ulang. Kontrol menu video lebih mudah, dengan kombinasi kontrol durasi, step dengan keyboard dan mouse.

Cara pengunaan VidCutter dapat dilihat video dibawah ini.



VidCutter adalah software gratis dan tersedia versi 32bit atau 64bit. Untuk mendownload VidCutter dapat dilihat via Github.com/ozmartian/vidcutter