Bagian ini untuk setting lebih lengkap perangkat TP-Link TL-WR941HP.

Catatan tidak semua setting tersedia di setiap pilihan Mode yang ada. Dibawah ini hanya beberapa setting yang menarik dibahas. Untuk security dan kontrol bandwidth yang ada di Router Mode

Koneksi TP-Link TL-WR941HP dengan WAN Port dapat dikonfigurasi untuk setting Advanced. Sedangkan setting lain seperti merubah nama SSID dengan Access Point Mode tetap ada, tapi tersedia di menu Basic.

Setting Advanced Mode dan konfigurasi

Salah satu untuk mengatur konfigurasiWIFI. Seperti merubah password, dan merubah standar keamanan atau membuka menjadi WIFI publik.

Setting Wireless Security TP-Link TL-WR941HP

Setting lain merubah standar wireless. Bila pengunakan TL-WR941HP untuk area yang tidak luas. Dapat dikunci dengan kecepatan Wireless n untuk kecepatan maksimum, merubah channel frekuensi dan menyembunyikan nama SSID. Setting ini tidak muncul di Range Extender Mode, karena nama SSID mengikuti nama SSID yang terhubung ke perangkat TL-WR941HP

Setting Channel wirelsss TP-Link TL-WR941HP

Pilihan Channel Width Auto, 20Mhz atau 40Mhz dan nomor Channel. Setting Auto disarankan, kecuali Channel WIFI disekitar perangkat ada yang mengunakan.
Channel Width 40Mhz diperuntukan bagi frekuensi 5Ghz. Tapi beberapa perangkat secara otomatis dapat turun ke 20Mhz, seperti perangkat lama akan mengutamakan mengunakan 20Mhz.
Untuk wireless 2.4Ghz, channel terbaik antara 1, 6 dan 11 dengan 20Mhz.
Untuk wireless 2,4Ghz, channel terbaik antara 3 atau 11 dengan 40Mhz.
Mengunakan lebar Channel di 2,4Ghz dengan 20Mhz lebih stabil.

Mengatur lampu. Dapat di setting berdasarkan jam untuk malam hari.

Setting lampu utuk di On Off TP-Link TL-WR941HP

Fitur membatasi download dan upload dari Router

Disebut Egress dan Ingress adalah kecepatan bandwidth yang diberikan untuk jalur keluar masuk data di perangkat TL-WR941HP
  • Ingress untuk mengatur kecepatan maksimum Download atau Input data internet.
  • Engress untuk mengatur kecepatan maksimum Upload atau data Output ke jalur internet.

TL-WR941HP memiliki fitur SSID tambahan. Seperti Guest Wireless, dan dapat dipisah dengan nama SSID yang sudah ada. Bahkan dapat di blok untuk tidak masuk ke sistem network.
Perangkat smartphone yang terkoneksi ke Guest Wireless, hanya bisa mengakses internet tapi tidak dapat mengakses jaringan LAN / Networking yang terhubung.

Bandwidth Limit dapat diatur dan dibatasi dari setting TP-Link
TL-WR941HP

Perangkat TL-WR941HP dapat membatasi download dan upload internet. Misal karyawan IT, tingkat manager lebih diutamakan untuk mendapatkan akses network dan internet.
Bagi karyawan yang tidak banyak mengunakan internet untuk pekerjaan. Dapat terhubung ke perangkat TL-WR941HP dan dipisahkan kecepatan akses internet dan networking terbatas, setidaknya bisa melakukan chatting atau email. Tapi tidak dapat mendownload atau upload berlebihan.

Atau sebuah ruang publik seperti restoran, cafe, ruang fitnes, tempat olahraga dan lainnya. Masih dapat memanfaatkan koneksi internet terbatas.
Dengan mengunci kecepatan bandwidth agar koneksi dari perangkat TL-WR941HP tidak menganggu koneksi LAN / internet yang lebih memerlukan.

Bandwidth Limit dapat diatur dan dibatasi dari setting TP-Link
TL-WR941HP



Untuk mengaktifkan Guest Network, dapat di aktifkan pada menu dibawah ini. Dan masukan nama SSID dan password baru.

Setting password untuk Guest dapat terbuka atau di kunci dengan
password TP-Link TL-WR941HP

Bila perangkat digunakan untuk kantor. TL-WR941HP dapat mengirim email dalam durasi jam atau harian. Dan mengirim via email, dengan memberikan laporan Log dari aktivitas perangkat dalam kurun waktu tertentu.

Security mengirim log email aktivitas router

Test TP-Link TL-WR941HP

Dibawah ini test dengan koneksi wireless modem (kiri) dan TL-WR941HP (kanan)
Smartphone yang terhubung ke perangkat TL-WR941HP router mendapatkan sinyal lebih tinggi sampai 1 bar. Dan kecepatan tranfer lebih stabil dibanding perangkat router modem dengan 1 antena.

Gambar pertama menunjukan sinyal diterima oleh smartphone 4 bar. Kecepatan keduanya relatif sama dengan kecepatan upload dari smartphone diatas 2mbps.
Gambar kedua menunjukan sinyal 3 bar dan 2 bar. Smartphone yang terhubung dengan TL-WR941HP mendapatkan sinyal lebih baik dengan indikator WIFI 3 bar
Gambar ketiga menunjukan sinyal di smartphone 1 bar. Smartphone yang terhubung dengan TL-WR914HP masih dapat mengakses sinyal WIFI. Sedangkan dengan modem ADSL 1 antena tidak mendapatkan sinyal WIFI

Kecepatan tranfer TP-LINK TL-WR941HP dibanding signal modem dengan
antena standar

Percobaan dengan kekuatan sinyal WIFI rumah 3 lantai.
Perangkat TL-WR941HP ditempatkan di lantai 3.

Lantai 3 Sinyal TL-WR941HP dapat memberikan sinyal dengan baik ke seluruh ruangan. Sinyal WIFI dapat melintas di pintu kamar tertutup sampai ruang belakang.
Lantai 2, sinyal menurun dengan 2-3 bar di WIFI smartphone. Walau tidak seluruh ruang dapat mendapatkan sinyal dengan baik kecuali di sudut ruangan lantai 2
Lantai 1, untuk ruang bawah atau tempat parkir. Sinyal TL-WR941HP relatif hilang dengan kekuatan lemah hanya 77dBi

Dibawah ini data yang didapat. Warna hijau adalah sinyal dari TP-Link TL-WR941HP. Dan sinyal kedua dari Archer Router. Keduanya sama sama memberikan sinyal WIFI relatif sama.

Angka pada gambar dibawah ini adalah angka dBi. Semakin kecil angka menunjukan semakin kuat sinyal diterima oleh smartphone.

Jarak sinyal TP-LINK TL-WR941HP di dalam rumah

Test kekuatan sinyal di luar ruangan.
Percobaan dengan menempatkan perangkat TL-WR941HP ternyata cukup menarik. Dengan posisi yang sama dimana perangkat TL-WR941HP di lantai 3
Sinyal dapat menyebar dan diterima oleh smartphone sampai jarak 65 meter (catatan jarak Google Maps)
Setidaknya dapat mengakses internet dengan browsing, walau kecepatan trafik internet menjadi lambat. Karena terkendala oleh sinyal WIFI lain disekitar dan halangan pohon.

Jarak sinyal TP-LINK TL-WR941HP di luar rumah

Test yang dilakukan mungkin berbeda beda hasilnya. Karena sinyal WIFI dengan mudah terganggu oleh halangan seperti ruangan di dalam rumah dan pohon di luar rumah, serta kemampuan smartphone menerima sinyal WIFI.

Apa kemampuan perangkat TP-Link TL-WR941HP.

Perangkat dengan antena besar, suara / daya pancar lebih kuat. Sinyal dapat dipancarkan lebih besar untuk menjangkau ke sudut rumah. Walau sebuah perangkat mampu mengirim sinyal dengan kekuatan mW besar. Tetapi tidak diikuti dengan daya penerimaan yang baik. Sinyal yang besar tidak aka berguna bila dari perangkat yang menerima mengirim sinyal kembali terlalu lemah. Untuk itu diperlukan sebuah alat dengan kemampuan antena yang sensitif. Caranya dengan memperbesar ukuran antena tipe high gain serta menambah jumlah antena. Membuat sinyal diterima ke perangkat lebih stabil.

Tempatkan TP-Link TL-WR941HP di lokasi yang tepat dan ruang paling terbuka, agar sinyal menyebar bebas ke segala arah. Sehingga sinyal dapat menjangkau ke seluruh ruangan rumah.

Router 3 fungsi dengan 3 antena WIFI





Halaman
1 Spesifikasi TP-Link TL-WR941HP 2 Cara setting TP-Link TL-WR941HP 3 Setting Advanced TP-Link TL-WR941HP dan jarak wireless