TP-LINK TL-WR941HP perangkat Wireless N dengan 3 fungsi. Sebagai Router, WIFI Extender dan Access Point. Disebut juga 3 in 1, jadi alat ini serba guna.

Dengan Mode TP-Link Range Extender dapat digunakan untuk menambah jarak WIFI
Dengan Mode Router WIFI, dapat digunakan untuk kontrol penguna dari satu alat.
Dengan Mode Access Point WIFI, dapat digunakan sebagai WIFI yang menyebarkan sinyal wireless ke perangkat lain.


Tapi bukan 3 fungsi utama yang menarik. Kekuatan antena dan power transmiter WIFI lebih kuat, dengan 3 antena dan masing masing power terpisah mampu mengirim data 450Mbps (teori) dan menerima sinyal lebih baik dibanding antena WIFI standar.

Teknologi yang praktis, koneksi internet mengunakan sinyal WIFI ke smartphone. Kendalanya selalu sama, perangkat tidak mampu mengirim sinyal WIFI ke semua ruangan dengan baik.

Banyak hardware yang dapat digunakan menambah jarak sinyal WIFI. Tapi alternatif yang ada memerlukan 2 atau lebih dan hanya memperbaiki satu area yang lemah. Seperti Powerline, sangat membantu mengirim sinyal WIFI. Karena melintas di kabel listrik dari satu point ke point lain. Bila ruangan tidak mampu ditembus dengan WIFI standar, solusi WIFI powerline adaptor lebih tepat. Tetapi biaya perangkat perlu dipasang di beberapa tempat.
Dengan hardware WIFI Range Extender, seperti alat relai untuk menerima sinyal WIFI dan disebarkan kembali. Praktis, tetapi jarak penyebaran sinyal WIFI terbatas disekitar perangkat

TP-LINK TL-WR941HP lebih mengandalkan kemampuan daya sinyal WIFI dengan 3 antena dan kekuatan power sampai 1000mW. Membuat sinyal dapat diterima di ruang kamar, walau pintu tertutup. Kemampuan alat ini ada dibagian antena, yang lebih sensitif menerima sinyal WIFI dari smartphone.

Dibawah ini spesifikasi perangkat WR941HP

Spesifikasi TL-WR941HP
Interface 4 10/100Mbps LAN Ports

1 10/100Mbps WAN Port
Button Wireless On/Off Button, RE Button, WPS ButtonReset Button, Power On/Off Button
Antenna 3*9dBi Detachable Omni Directional Antenna(RP-SMA)
External Power Supply 12VDC / 1.5A
Wireless Standards IEEE 802.11n, IEEE 802.11g, IEEE 802.11b
Dimensions ( W x D x H ) 9.0 x 7.5 x 1.9 in. (227.5 x 190 x 48.3mm)
WIRELESS FEATURES
Frequency 2.4-2.4835GHz
Signal Rate 11n: Up to 450Mbps(dynamic)
11g: Up to 54Mbps(dynamic)
11b: Up to 11Mbps(dynamic)
Reception Sensitivity 450M: -71dBm@10% PER
130M: -74dBm@10% PER

108M: -74dBm@10% PER
54M: -77dBm@10% PER
11M: -91dBm@8% PER
6M: -89dBm@10% PER
1M: -97dBm@8% PER
Transmit Power CE: <20dBm(2.4GHz)
FCC <30dBm
Wireless Functions Enable/Disable Wireless Radio, WDS Bridge, WMM, Wireless Statistics
Wireless 64/128/152-bit WEP / WPA / WPA2,WPA-PSK / WPA2-PSK
SOFTWARE FEATURES
Quality of Service WMM, Bandwidth Control
WAN Type Dynamic IP/Static IP/PPPoE/
PPTP/L2TP/BigPond
Management Access Control, Local Management, Remote Management
DHCP Server, Client, DHCP Client List, Address Reservation
Port Forwarding Virtual Server,Port Triggering, UPnP, DMZ
Dynamic DNS DynDns, Comexe, NO-IP
VPN Pass-Through PPTP, L2TP, IPSec (ESP Head)
Access Control Parental Control, Local Management Control, Host List, Access Schedule, Rule Management
Firewall Security DoS, SPI Firewall. IP Address Filter/MAC Address Filter/Domain Filter. IP and MAC Address Binding
OTHERS
Certification CE, FCC, RoHS, NCC, BSMI
Package Contents 450Mbps Wireless N High Power Router
RJ45 Ethernet Cable
Power Adapter
Quick Installation Guide
Technical Support Card
System Requirements Microsoft® Windows® 98SE, NT, 2000, XP, Vista™ or Windows 7, Windows8/ 8.1/10
MAC® OS, NetWare®, UNIX® or Linux
Environment Operating Temperature: 0?~40? (32?~104?)
Storage Temperature: -40?~70? (-40?~158?)
Operating Humidity: 10%~90% non-condensing
Storage Humidity: 5%~90% non-condensing

Dibawah perangkat TL-WR941HP
Lampu indikator RE (Range Extender), WIFI , Power , WAN , LAN dan WPS.
Panel belakang, dengan 4 port HUB, tombol WPS, 1 port WAN, tombol reset, tombol WIFI, tombol power dan konektorr power DC
Terakhir 3 antena yang dapat dilepas pasang dengan kekuatan 9dBi

Disain panel TP-Link TL-WR941HP
TL-WR941HP membutuhkan adaptor 12V dengan  input 1,5A. disediakan dengan output 12V 2A.

Adaptor TP-Link TL-WR941HP


Aplikasi TP-Link TL-WR941HP

Bagaimana cara menghubungkan TL-WR941HP ke perangkat WIFI Router. Dapat dilihat pada bagian dibawah ini

Unit TL-WR941HP dihubungkan kabel modem, FO adapter, atau LAN HUB. Pilihan Mode dapat difungsikan sebagai Range Extender, Access Point atau Router Mode seperti keterangan gambar dibawah ini.


Cara kerja TL-WR941HP untuk Wireless Router Wireless Range
Extender Access Point

Dibawah ini penjelasan pengunaan Mode dari perangkat TP-Link TL-WR941HP

Router Mode
Perangkat WIFI di modem internet / kabel modem / fiber optik menyertakan WIFI dalam satu perangkat. Umumnya memiliki 1 antena, kendala perangkat WIFI Router yang disediakan provider umumnya memiliki sinyal WIFI tidak terlalu kuat.
Untuk menambah jarak jangkauan WIFI, penguna membeli perangkat tambahan seperti Access Point atau WIFI range extender.

Dengan perangkat TP-Link TL-WR941HP, dan difungsikan menjadi Access Point dengan kabel LAN ke modem. Cukup menyambung kabel LAN ke port WAN, dan diteruskan ke perangkat Access Point untuk mengirim data internet menjadi sinyal WIFI.
Dengan TP-Link TL-WR941HPT maka sinyal WIFI lebih besar. Memberikan akses sinyal WIFI internet lebih luas dibanding standar WIFI.
Aplikasi lain dengan Router Mode. Perangkat dihubungkan ke LAN HUB. Dan dapat dijadikan WIFI Publik / Guest , seperti layanan WIFI di restoran, tempat olahraga. Dengan Router Mode, pemakaian bandwidth yang melalui jalur WAN port dapat diatur, misal membatasi penguna umum terpisah dengan jaringan LAN, dan membatasi kecepatan bandwidth yang dipakai oleh publik.
Perbedaan Router Mode dengan Access Point Mode. Router Mode dapat di setting ke menu Advanced. Mengatur trafik internet, kecepatan, WIFI publik, jaringan LAN yang di kita inginkan.

Aplikasi lain seperti WIFI umum di restoran, tempat olahraga, gudang, kantor kecil dengan ruangan cukup luas. Perangkat TP-Link TL-WR941HP dapat ditaruh di tengah dimana sinyal dibutuhkan bagi karyawan atau tamu. Perangkat modem internet / hub dapat tetap berada di ruang kantor tertutup
Perangkat TL-WR941HP dapat dipasang di daerah terbuka dengan menarik kabel LAN dari modem router ke TP-Link TL-WR941HP. Atau ruang fitness yang cukup luas, sekolah. Dapat memasang alat ini dan ditempatkan di bagian paling tengah terbuka.

Access Point Mode
Mode ini untuk pengunaan internal seperti perangkat WIFI untuk keluarga atau kantor. Seandainya memiliki rumah cukup besar, bahkan memiliki halaman di belakang rumah. Bila Router dipasang di ruang depan, sinyal WIFI akan sulit di akses sampai di ruang belakang. Bisa saja disebabkan ruangan yang memiliki dinding sehingga membuat sinyal WIFI menjadi lemah. Ibarat kata, smartphone geser sedikit maka sinyal WIFI sudah lenyap
Alat ini dapat dipasang di tengah ruangan yang kira kira paling berpotensi menyebarkan sinyal WIFI lebih luas. Dapat di pasang di dinding rumah atau saran terbaik diletakan di meja ruang tengah. Dengan menarik kabel LAN dari unit Router atau HUB, dan alat TL-WR941HP dipasang pada ruangan yang paling berpotensi agar sinyal WIFI menyebar tanpa halangan. Sehingga semua area dapat mengandalkan 1 perangkat ini..

Range Extender Mode
Bagian ini paling menarik, tidak memerlukan kabel LAN. Untuk menghubungkan Router / HUB yang terhubung ke internet, alat ini dapat mengambil sinyal WIFI lain atau disebut WIFI Range Extender
Sebagai contoh sebuah rumah dengan 3 lantai, dimana sinyal hanya sampai di bagian tangga ke lantai 1 saja. Perangkat TL-WR941HP dapat ditempatkan di ruang tangga atau lantai 2. Sinyal WIFI dari WIFI Router / modem akan diambil oleh TP-Link TL-WR941HP, dan disebarkan kembali ke arah lantai 2 bahkan ke lantai 3 dengan sinyal kuat.

Kemampuan antena dan power transmiter WIFI
Ketika sinyal WIFI melemah, maka kecepatan tranfer menjadi lambat. Bila mengunakan smartphone untuk melihat video, telepon internet, atau game online. Kecepatan menjadi penting, disini dibutuhkan sinyal kuat dari WIFI ke perangkat dan internet.
Antena TL-WR941HP memiliki panjang 40cm, dan tidak hanya 1 tapi 3 antena. Untuk modem biasa dapat di upgrade 1 atau 2, dan harus menambah sekitar 200 ribu untuk 2 antena. TL-WR941HP sudah dipaket dengan 3 antena kekuatan 9dBi. Bahkan di dalam board TL-WR941HP memberikan output maksimum sampai 1000mW setara 5x sinyal WIFI standar.

Dari spesifikasi TL-WR941HP. alat ini dapat memancarkan sinyal WIFI di area seluas 3000 meter persegi.

Halaman
1 Spesifikasi TP-Link TL-WR941HP 2 Cara setting TP-Link TL-WR941HP 3 Setting Advanced TP-Link TL-WR941HP dan jarak wireless