Obengplus.com Article - http://obengplus.com/artikel
Eser Powerbank EGL2YB output 2A input 2A Review
http://obengplus.com/artikel/articles/296/1/Eser-Powerbank-EGL2YB-output-2A-input-2A-Review.html
By Lab Test
Published on 01/19/2017
 
Test powerbank Eser EGL2YB dengan input dan output 2A 5V DC. Dengan slot baterai yang dapat dilepas pasang, penguna dapat memilih tipe bateari lithium 18650 berkualitas lebih baik dan dipasangkan pada unit powerbank Eser.

Powerbank Eser EGL2YB memiliki input dan output real 2A
Powerbank lebih umum untuk cadangan baterai smartphone. Teknologi smartphone membawa komunikasi langsung di tangan penguna. Layaknya sebuah computer mini yang dapat kita bawa di dalam kantong.

Kemampuan smartphone menjadi alat komunikasi, penguna mengharapkan smartphone dapat terus online. Atau membaca berita, bermain game dan lainnya ketika dirumah sampai mengaktifkan smartphone di tempat tidur.

Banyaknya aplikasi, kondisi jaringan, termasuk bermain game di smartphone dapat membuat baterai smartphone cepat habis. Disain smartphone terbaru bahkan memasangkan kapasitas baterai besar sampai 5000mAh agar smartphone dapat bertahan digunakan.

Powerbank salah satu solusi untuk mengisi power baterai smartphone secara portabel. Secara teknik, energi disimpan di dalam kapasitas baterai cadangan dan disalurkan kembali ke perangkat elektronik.

Tetapi banyak sekali produk powerbank, harganya juga berbeda beda. Harga kapasitas powerbank 5000mAh dapat mencapai 100 ribu, tetapi merek lain menawarkan 200 ribu bahkan lebih.

Perbedaaan powerbank mahal atau murah adalah kualitas. Semakin efisien sistem powerbank tentu lebih mahal, dan kapasitas baterai yang berkualitas ikut menentukan harga jual perangkat.

Eser memiliki produk powerbank tapi dijual tanpa baterai. Pembeli hanya mendapatkan casing powerbank saja. Baterainya dijual terpisah. Disini penguna dapat membeli baterai murah atau mahal, berkualitas atau hanya abal abal. Kata sederhananya, silakan di isi sendiri. Tipe baterai Lithium powerbank ini mengunakan baterai ukuran 18650 yang banyak dijual dipasaran khususnya untuk knop Flat (bagian + rata)

Harga powerbank Eser rata rata dijual dengan kisaran 60 ribuan tanpa baterai. Bila penguna menginginkan kapasitas baterai lithium premium seperti produk LG  HE atau Panasonic. Dapat memasang 2 baterai, dan harga 2 baterai saja mencapai 120 - 180 ribu untuk kapasitas 2600mAh x 2 unit diluar casing unit untuk powerbank
Tapi harga tersebut, kita mendapatkan kapasitas powerbank sebenarnya.
Seandainya ingin membeli kapasitas baterai lithium lebih murah, dengan harga 25 ribu perunit untuk baterai kapasitas 2000mAh (katanya). Total biaya tidak lebih dari 50 ribu, tapi mendapatkan kapasitas baterai 4000mAh "labelnya".

Eser Powerbank EGL2YB dapat di isi baterai dengan kebutuhan kapasitas. Jadi silakan pilih baterai apa yang anda inginkan dan tipe apa yang anda butuhkan.
Eser memiliki 3 model powerbank yang dapat di isi baterai dibawah ini

Model Input Output 1 USB Output 2USB
Eser Powerbank CON EGL2YB Unit Test
2A 5V DC 2A 5V DC -
Eser Powerbank CON-EGLW 1A 5V DC 2A 5V DC 2A 5V DC
Eser Powerbank CON-PHXRW 1A 5V DC 1A 5V DC 1A 5V DC

Unit yang dicoba disini mengunakan model EGL2YB. Hanya memiliki satu port input dan output 5V DC yang masing masing untuk 2000mAh.

Dibawah ini bentuk dari powerbank Eser EGL2YB. Memiliki 3 LED indikator dan tombol power On.

Powerbank Eser EGL2YB Review Real 2A

Tempat baterai powerbank Eser. Terlihat pada bagian bawah tempat dudukan baterai powerbank. Sistem baterai mengunakan sistem serial. Artinya penguna powerbank Eser disini dapat memasang 1 baterai atau 2 baterai.

Baterai slot Powerbank Eser EGL2YB memiliki input dan output real 
2A

Hasil test Eser EGL2YB dengan beban output 500mAh (kiri) dan 1400mAh (kanan)

Test Eser EGL2YB powerbank 500mAh dan 1400mAh

Bentuk powerbank yang kecil, dan kualitas baterai dapat kita pasang sendiri sesuai kebutuhan.

Walau nantinya biaya yang dikeluarkan untuk powerbank Eser tidak terlalu murah dibanding membeli powerbank unit lengkap. Setidaknya kita mendapatkan beberapa fungsi dibawah ini.
  • Penguna dapat membeli kualitas baterai yang terpisah. Bila dipasang dengan baterai berkualitas, seperti kapasitas 3000mAh. Maka powerbank yang dipakai benar benar 6000mAh (2 baterai). Khususnya baterai lithium premium, secara umum memiliki daya tahan lebih lama dan memberikan kapasitas power baterai asli. .
  • Disini pemakaian berbeda. Bila powerbank bukan digunakan untuk mengisi charger ponsel. Lalu apa saja yang dapat mengunakan powerbank ini. Seandainya anda senang bersepeda dan membutuhkan power untuk lampu sepeda. Powerbank Eser EGL2YB dapat dihubungkan dengan lampu sepeda via port USB. Dan power dapat memberikan output 2A (test 1,5A). Sedangkan rata rata lampu sepeda hanya memerlukan 1-1,2A. Atau dapat digunakan untuk power lampu emergency (bila dirumah sering mengalami listrik padam)
  • Fungsi lain untuk charger baterai lithium. Jadi satu perangkat untuk powerbank atau charger baterai lithium.
  • Sebagai sumber power DC dengan step-up. Misal membutuhkan power 12V DC 1A tapi power DC yang portabel. Dapat merancang arus DC dari 5V 1,5A dan dinaikan menjadi 9-12V. Besar kemungkinan powerbank dapat mencukupi kebutuhan power yang dinaikan dari 5V menjadi 9-12V 1Ah.

Dibawah ini hasil test output powerbank Eser EGL2YB

Test mengunakan 2 unit perangkat. Beban test pertama untuk mengisi baterai smartphone dengan 500mAh, beban test kedua ditambahkan dengan power lampu LED 13W. Total pada test mencapai 1,5A.


Apakah powerbank Eser EGL2YB terbaik dari 2 model lainnya. Tergantung pemakaian anda.
Untuk pengisian baterai smartphone standar, hanya memerlukan output 5V DC 500mAh. Ada baiknya mengunakan model dual output 5V DC 1A. Produk Eser belum mendukung fitur pengisian cepat atau Quick Charger. Sehingga tidak mempercepat pengisian baterai smartphone anda.
Kecuali perangkat yang dapat menerima power lebih besar seperti tablet, dan power 5V dengan ampere besar. Dapat memilih unit Eser EGL2YB.
Informasi ini dapat dijadikan pertimbangan untuk membuat powerbank yang kita inginkan.