Pernah mangalami pemakaian internet selalu melebihi kuota yang diambil.

Atau mengambil paket internet provider, dan menghabiskan kuota internet selalu melebih batas.

Kadang lupa mematikan 3G/4G internet, dan muncul pemberitahuan, anda mengunakan paket internet mencapai puluhan ribu. Padahal smartphone ada di kantong anda dan praktis tidak digunakan.

Sistem smartphone Android memang mengunakan paket internet secara background. Baik melalui WIFI atau paket data internet. Walau smartphone anda baru, dan belum di instal aplikasi. Tapi terdaftar ke Google, maka smartphone anda dipastikan akan mengunakan internet.

Bagaimana kita membatasi aplikasi atau smartphone kita agar tidak terlalu boros mengunakan paket internet. Dan mencegah paket internet kita habis digunakan oleh aplikasi yang tidak terlalu penting.

Di setting smartphone Android setidaknya versi Android 4+, memiliki pengaturan pemakaian paket internet, bahkan dapat dibatasi sampai berapa banyak maksimum yang kita inginkan.

Sebelum lebih jauh untuk membatasi smartphone agar tidak boros paket internet. Kenali bagaimana smartphone aktif mengunakan internet kita. Smartphone hanya mengunakan 2 perangkat utama untuk terhubung ke internet, satu dari WIFI dan kedua dari paket data internet seperti jaringan 3G/4G

Setting On dan Off data 3G/4G Internet Android

Smartphone Android akan terlihat tanda WIFI dan GPRS/3G/4G/HSDPA. Fitur tersebut dapat mengkatifkan koneksi WIFI dan paket data ke provider termasuk ke jaringan internet.

Seperti tanda dibawah ini dapat diberikan keterangan sebagai berikut
  1. WIFI OFF - Data OFF. Smartphone mematikan penerimaan sinyal WIFI, dan paket internet ke provider. Smartphone tidak terhubung ke internet, baik melalui paket data provider atau sinyal WIFI. Tapi dapat digunakan untuk menelpon.
  2. WIFI OFF - Data ON. Ditandai dengan sinyal WIFI Off dan 3G/4G akan tampil di Bar sisi kedua. Disini settting smartphone akan mengunakan paket internet , sementara WIFI tidak diaktifkan.
  3. WIFI ON - Data OFF. Disini hanya WIFI aktif, dan paket internet ke provider di Off. Hanya WIFI yang terhubung ke internet, bila sinyal WIFI hilang / putus maka smartphone tidak terhubung ke internet.
  4. WIFI ON - DATA Stand-by. Disini kita sering lupa. Ketika setting WIFI On maka koneksi internet tersambung ke WIFI, otomatis paket internet tidak digunakan. Ketika WIFI terputus, maka smartphone otomatis pindah ke paket internet provider melalui jaringan GPRS/3G/4G/HSDPA. Setting ini akan menyediakan koneksi internet dengan 2 alternatif yaitu WIFI atau paket internet dari provider. Mode di smartphone akan otomatis dengan berganti dengan WIFI dan paket mobile. Setting inilah yang membuat paket internet dapat terpakai secara diam diam, atau secara tidak sengaja otomatis diaktifkan oleh smartphone. Kelihatannya seperti kesalahan sederhana. Tapi bayangkan bila ada rekan yang membom dengan gambar atau video, dan ada aplikasi yang yang menerima dan mendownload. Bila smartphone hanya mengaktifkan paket internet hitungan MB saja. Dan menerima file 50MB di aplikasi messenger. Bisa dibayangkan berapa biaya yang akan dipotong ke pulsa kita.
Setting tanda 3G 4G di Smartpbone

Bagaimana mengatur batas kuota internet di Smartphone

Smartphone dapat dibatasi batas pemakaian kuota paket internet. Misal kita membeli paket 100MB, maka dapat diatur sampai mendekati 90MB akan diberikan peringatan bahwa paket internet sudah hampir habis terpakai. Walau angka pemakaian kuota internet sudah  mendekati, akan diberikan peringatan. Sampai smartphone mematikan koneksi paket internet, mencegah pemakaian melewati batas kuota.

Cara membatasi pemakaian kuota internet.
  • 1-2 Masuk ke bagian setting. Atau dapat di click pada bagian tanda koneksi sinyal provider. Dan lihat di bagian Data Usage, disana terdapat pilihan apakah aplikasi di smartphone kita terlalu banyak mengunakan kuota internet.
  • 3 Lihat di tanda Bar ||| di menu kanan atas. Click
  • 4 Aktifkan Restrict Background Data. Fungsinya agar aplikasi yang tidak banyak kita pakai tidak jalan sendirian mengunakan data internet.
  • 5 Akan diberikan peringatan, bila data internet dari aplikasi ada yang dibatasi. Maka aplikasi tersebut mungkin tidak akan terhubung ke internet
  • 6 Bagian terakhir mengaktifkan Mobile Data dan di Tick. Lalu atur berapa batas kuota paket internet yang digunakan untuk smartphone. Bila anda tahu berapa kuota internet yang anda gunakan, bisa diatur seperti 2 garis ditengah grafik, dapat digeser berdasarkan tanggal dan batas maksimum MB.

Pengaturan maksimum pemakaian internet di smartphone

Mengapa ada kata Background Data.

Setiap aplikasi di smartphone tetap bekerja walau kita tidak melihat di layar smartphone. Bahkan aplikasi smartphone otomatis akan bekerja walau sudah di Force Close.
Fungsi aplikasi bekerja secara backgroung, tujuannya untuk terhubung ke server provider atau layanan mereka. Contoh Whatsapp, Facebook, Google, aplikasi papan atas ini akan terus menghubungkan ke server layanan mereka. Fungsinya memberikan update data ke pemilik smartphone.

Whatsapp akan bekerja secara background dan rutin mengirim data ke server Whatsapp. Fungsinya untuk mengambil informasi apakah ada pesan dari teman lain dan aplikasi Whatsapp di smartphone dapat memberitahu kepada anda.
Aplikasi Facebook juga mengirim data ke server Facebook. Banyak data yang dikirim, seperti lokasi keberadaan anda akan terus dicatat oleh Facebook. Dan banyak lagi aplikasi lain yang mengunakan paket data internet. Bahkan game saja harus terhubung ke internet. Contoh Pokemon atau Mario Run harus selalu terhubung ke internet.

Aplikasi smartphone memang bekerja seperti itu. Karena kebutuhan penguna smartphone dapat terus terhubung. Tapi apakah layanan tersebut bisa di nonaktifkan, agar paket internet kita tidak perlu digunakan.

Membatasi aplikasi dengan Restrict Background Data

Bila kita mengatur smartphone seperti diatas. Dan mengaktifkan Restrict Background Data dari setiap aplikasi, kita dapat membatasi agar aplikasi tidak jalan sendiri mengunakan paket internet.
Lihat aplikasi pada daftar di smartphone anda seperti gambar dibawah ini
Dapat di click nama aplikasi, dan lihat dibagian paket data. Bila menurut anda aplikasi tersebut mengunakan paket internet, sementara anda tidak perlu memerlukan ketika berada di luar. Dapat dibatasi dengan mengclick aplikasi tersebut. Dan melihat bagian paling bawah dengan Restrict Background Data dan di On untuk aplikasi yang ingin dibatasi.

Pada bagian View App, biasanya sebuah aplikasi juga memberikan opsi. Misalnya sebuah aplikasi dapat diatur agar tidak mengambil / download gambar ketika sedang terhubung ke paket internet. Sehingga koneksi paket internet kita tidak habis hanya untuk mendownload file gambar yang belum tentu kita perlukan ketika berada di luar ruangan.

Mengatur batas pemakaian internet di aplikasi

Tapi ada bagian aplikasi yang tidak harus anda matikan. Yaitu aplikasi dari Google seperti Google Play, dan lainnya termasuk Sistem Android. Walau aplikasi tersebut akan tetap aktif, atau bisa di nonaktifkan agar tidak memakai paket data. Sebaiknya biarkan aplikasi tersebut dapat bekerja secara Background. Karena beberapa sistem Android memiliki fitur data histori. Misalnya lokasi keberadaan anda yang dicatat di Google, atau sistem keamanan.

Cara paling aman untuk mengunakan paket data internet (Mobile Data). Caranya tidak mengaktifkan koneksi internet ke provider yang anda gunakan. Hanya anda tidak dapat menghubungi siapapun, kecuali melalui panggilan telepon aja.

Mematikan paket internet seluruhnya

Setting menu diatas dapat berbeda beda dengan versi Android yang digunakan pada smartphone.