Obengplus.com Article - http://obengplus.com/artikel
Auto update driver Windows
http://obengplus.com/artikel/articles/290/1/Auto-update-driver-Windows.html
By Lab Test
Published on 12/8/2016
 
Software untuk update driver Windows, otomatis download atau manual. Software Driver Update dapat memberi tahu apakah terdapat versi driver baru, perlu di update. Driver dapat di download otomatis, baik dipilih bagian yang perlu atau seluruh driver Windows.

Mengunakan Windows membutuhkan driver. Kadang kita sendiri tidak mengetahui driver hardware apa yang harus di Install untuk Windows.

Ethernet LAN, VGA, Sound card, procesor dan chipset adalah komponen hardware yang memerlukan driver setelah setup Windows.

Kadang kita tidak pernah mengupdate driver. Walau produsen sudah mengupdate beberapa kalu pembaharuan. Intinya driver tidak perlu install berulang kali. Bila sudah bekerja dengan baik, tentu tidak perlu di update

Tapi di era perubahan hardware dan software. Diperlukan untuk mengupdate driver terbaru. Seperti VGA membutuhkan update driver secara berkala, tujuannya untuk memperbaiki performa game dengan VGA dengan game terbaru.

Atau kita memindahkan harddisk ke computer baru, tapi tidak tahu driver apa yang harus di install. Mengunakan disc dari produsen belum tentu mendapatkan update driver terbaru.

Mengapa perlu mengupdate driver pada hardware computer.
Beberapa produsen memperbaiki driver lama karena kebutuhan kompatibel dengan hardware dan software baru. Sehingga computer mendapatkan tambahan fitur baru seperti mengoptimalkan kinerja VGA.
Kadang driver lama belum tentu stabil, dan diperbaiki di revisi berikutnya.

Mengupdate dengan mendownload driver dari produsen, mungkin kita tidak tahu versi berapa yang perlu di download

Ada beberapa pengembangan sofware membuat solusi untuk mengupdate driver computer. Mereka mengumpulkan semua driver dan membuat database. Kali ini dicoba versi Driver Easy dan Auslogic Driver Updater. Software tersebut memiliki fitur yang sama.

Pertama mengenali perangkat hardware apa yang ada di computer. Lalu melakukan scanning dan mencari versi yang diperlukan. Selanjutnya sistem software akan membandingkan antara versi update terakhir dan kita tinggal memilih apakah perlu mengupdate driver baru. Lalu software driver update akan mendownload secara otomatis sekaligus memperbaharui driver lama.

Auslogics Driver Updater

Sofware ini awalnya akan menganalisa tipe perangkat yang dipakai sebuah computer
Melakukan scanning dan membandingkan apakah versi driver hardware yang di install di computer sudah tertinggal berdasarkan database Auslogics.




Proses kedua melakukan diagnosis dari versi yang akan diupdate termasuk memberikan versi yang digunakan (di install) pada computer



Auslogics Driver Updater memberikan keterangan seperti peringatan warna merah, bila driver memang perlu di update. Ketika driver yang di install pada computer memiliki masalah kompatibel.
Dan memberikan data driver yang hilang untuk di download.sesuai update dari driver produsen



Driver Easy

Seperti Auslogic, pertama akan memeriksa hardware yang ada di computer. Scanning Driver Easy memiliki sistem scanning lebih cepat



Setelah melakukan scanning, Driver Easy akan memberi keterangan ada berapa driver yang mungkin perlu di update. Dan diberikan icon untuk Update.



Bila diperlukan, kita cukup mengclick satu persatu driver yang perlu di update atau mengupdate semua driver yang ketinggalan versi.



Driver Easy secara otomatis menditeksi dan mendownload driver baru. Serta menditeksi driver yang salah atau hilang.
Driver Easy lebih mengkhususkan dalam pengembangan driver hardare, dan menawarkan beberapa versi. Yaitu 3 versi, Free, Pro dan Technician version.




Software Driver Updater diatas dapat digunakan bagi Windows XP sampai Windows 10. Khususnya Windows 10, melakukan update driver secara otomatis. Beberapa penguna Windows 10, kadang sengaja mematifkan fungsi update driver dari Windows 10. Karena dianggap terlalu sering mengupdate.

Ketika sistem update Windows 10 di stop, tentu sistem Windows 10 tidak akan melakukan update.
Dengan salah satu software Driver Updater diatas, kita dapat melihat dan memeriksa secara berkala apakah ada driver terbaru dan cukup penting untuk dilakukan update kembali. Tetapi hati hati, tidak perlu melakukan update driver yang kita tidak ketahui. Mengingat sepintar apapun pembuat software update driver, penguna yang sangat mengenal kinerja hardware computer.

Yang mana anda pilih, pastinya untuk kinerja optimal kedua software yang baik adalah versi berbayar. Dan bisa dimulai dengan Driver Easy versi Free untuk melihat kemampuan software auto updater driver.