Manfaat Slider Camera
Perangkat slider camera lebih dikenal di kalangan pro amatir sampai profesional.

Membuat efek seperti pengambilan gambar video bergerak dengan camera, agar video tampak lebih hidup.

Fotografer astronomi juga memanfaatkan slider camera untuk video timelapse. Umumnya dilengkapi pengerak motor slider atau tipe star tracker agar camera diatur gerakannya setiap detik. Hasil video dengan slider, membuat foto yang diproses menjadi video juga tampak bergerak.

Harga slider camera tidak murah, tipe slider pro tipe manual umumnya diatas 1 juta. Slider motor bahkan lebih mahal lagi, karena adanya komponen motor untuk mengerakan slider dan aplikasi kontrol. Mahalnya harga slider terkait dengan komponen, dan produksinya tidak terlalu banyak. Karena salah satu komponen pelengkap di dunia fotografer dan kalangan pembuat film.

Bentuk slider seprti dibawah ini. Slider profesional umumnya memiliki bagian roda lebih halus dan tidak berisik, gerakan camera akan terlihat sangat halus serta presisi walau dikendalikan gerakan tangan. Bahkan penopang atau dudukan camera dan kaki slider profesional dapat diatur penguna. Beberapa disain memiliki mounting camera sangat lengkap, seperti menerima beban camera dSLR sampai camera yang bobotnya cukup berat.





Slider camera Pro

Tapi tidak semua pencinta fotografi membutuhkan ala yang sangat mahal tersebut untuk kegiatan sehari hari. Selain jarang digunakan, umumnya ditujukan bagi perlengkapan kalangan profesional. Intinya, slider sebuah alat untuk pengerak posisi camera.

Bagaimana membuat slider sendiri. Bila kita membutuhkan sebuah slider untuk video pribadi. Atau mengunakan sebagai percobaan satu proyek saja. Mengapa tidak dibuat slider sendiri.
Dapat memanfaatkan komponen biasa, maka kita dapat membuat slider sederhana. Walau jangan berharap kualitasnya seperti slider profesional. Tujuannya untuk membuat video dengan gambar lebih stabil ketika camera digerakan.

Selanjutnya membuat slider sendiri untuk camera