TP-Link TL-WPA4220KIT

Paket TP-Link TL-WPA4220KIT diberikan dalam bentuk 2 unit sebagai Starter-Kit.
  • Unit pertama TP-Link PA-4010 sebagai Point A atau Powerline Adaptor.
  • Unit kedua TP-Link WPA-4220 di Point B sebagai Powerline Extender.

TP-Link PA-4010

Memiliki satu input port ethernet yang dihubungkan ke Router, dan satu tombol PAIR.

Fungsi alat ini untuk menghubungkan Router dan mendistribusi data internet ke perangkat Powerline lainnya melalui kabel listrik.

TP-Link TL-WPA4220KIT unit transmit

TP-Link WPA-4220

Disebut sebagai Point B. Alat ini yang menjadi ujung di jaringan Powerline. Mengembalikan data yang dikirim dari Point A ke Point B melalui jalur kabel listrik menjadi sinyal ethernet dan WIFI

Untuk perangkat WPA-4220 memiliki 2 fungsi.
  • Output LAN tersedia 2 port ethernet, dapat dihubungkan ke computer, NAS atau perangkat lain.
  • WIFI 802.11n/g/b berfungsi sebagai Wifi Extender.  Misalnya dipasang kamar, ruang belakang dan lainnya. Perangkat dapat perangkat lain seperti smartphone, atau computer yang memiliki koneksi WIFI.
Sinyal dari alat WIFI WPA-4220, dapat dihubungkan kembali lagi ke perangkat Access Point atau WIFI Extender bila diperlukan.

Misal, dipasang di satu lantai yang cukup luas. Tapi ada beberapa masih belum terjangkau oleh WIFI WPA-4220. Dapat ditambahkan dengan WIFI Extender untuk memperkuat sinyal WIFI.
Untuk yang kami coba dengan WIFI Range Extender TP-Link TL-WA850RE dapat terhubung kei WPA4220

Dibawah ini unit TP-Link TL-WPA4220
TP-Link TL-WPA4220KIT unit receive

Untuk tahap awal, cara pemasangan TP-Link TL-WPA4220KIT setting cepat
Pemasangan kedua alat sangat mudah, dengan mengikuti tahap dibawah ini "
  • Pasang alat pertama TP-Link PA4010 seperti gambar kiri ke panel konektor listrik. Sambung kabel LAN ke WIFI Router. Lalu tekan tekan tombol PAIR
  • Dalam waktu 2 menit, pasang satu unit lain WPA4220 sebagai Point B. Dan tekan tombol PAIR (tombol PAIR di unit WPA4220 terdapat dibagian bawah).
  • Setelah kedua lampu LED Home menyala, kedua alat di Point A dan B sudah terhubung.
TP-Link TL-WPA4220KIT Tombol Pair untuk sync Powerline


Bagaimana mengunakan WIFI dari WPA4220 setelah dipasang.

Bila mengunakan WPA4220 dengan internal WIFI dapat mengunakan password Default. Tinggal di click bagian WIFI smartphone dan temukan nama SSID baru yang muncul dengan nama nama TP-Link
Masukan password Default yang tercetak di belakang unit WPA4220, atau kartu password Default yang sudah diberikan pada kemasan. Dan tinggal memasukan password.
Proses sudah selesai,  bila kita melakukan setup cepat tanpa perlu repot melakukan setting dari panel software TP-LINK WPA4220KIT.

TP-Link TL-WPA4220KIT default WIFI Password

Fungsi tombol PAIR
Mengapa harus ditekan tombol PAIR di kedua alat tersebut. Fungsinya untuk sinkronisasi Security agar dua perangkat dapat mengenal satu sama lain.

Di Point A akan mentranmisi data ke seluruh kabel di rumah. Sinyal ditangkap di setiap alat Point B. Setelah keduanya dapat mengenal. Instalasi sudah selesai untuk jaringan Powerline.
Sama seperti kita memasang jaringan kabel LAN dengan Hub network, jaringan sudah terhubung ketika ujung kedua kabel sudah masuk di port Ethernet tanpa perlu sistem security
Sedangkan di jaringan Powerline dengan media kabel listrik di rumah, perlu ditekan tombol PAIR agar kedua alat dapat saling mengenal dengan security enskripsi 128-bit AES.

Bagan gambar instalasi Powerline seperti gambar dibawah ini
  • Internet dari Router (pada gambar mengunakan TP-LINK TD8910N dengan 4 port Ethernet).
  • Satu port ethernet dihubungkan ke alat PA4010. Dari alat tersebut data di distrbusikan melalui kabel listrik.
  • Sinyal akan sampai di alat lain sebagai Point B, dalam contoh PA4220. Dari alat ini data dirubah kembali menjadi sinyal LAN dan WIFI.
Jadi sangat sederhana untuk pemasangan Powerline.

Urutan koneksi Powerline dengan TL-WPA4420kit

Agar memudahkan, dapat dicoba dengan memasang kedua alat mengunakan konektor T. Bila kedua alat sudah bekerja, unit Point B dapat dipindah ke tempat lain sebagai Powerline Extender.

Untuk memudahkan dapat dilihat video dibawah ini dengan cara kerja Powerline.



Selanjutnya Setup WIFI dan test kecepatan Powerline