Advanced Permission Manager dibagi menjadi 3 menu
  • Apps by Permission. - Untuk melihat semua aplikasi yang meminta akses tertentu. Misal kita ingin melihat aplikasi apa saja yang meminta akses internet. Dan mencari aplikasi yang kita curigai dimana fungsi aplikasi Android sama sekali tidak berhubungan ke internet. Contoh game offline.
  • All Apps -  melihat sebuah aplikasi yang meminta / Permission apa yang setelah aplikasi di install pada smartphone. Dapat diperiksa sebuah aplikasi yang ternyata mengunakan akses log ke Kontak telepon, data browser dan lainnya. Bahkan setelah kita ketahui aplikasi tersebut meminta terlalu banyak data. Tapi aplikasi tersebut ternyata berfungsi sebagai aplikasi navigasi atau program download manager
  • APK Files -  Untuk memeriksa aplikasi sebuah aplikasi yang belum di install. Lalu di nonaktifkan bila ada permintaan ijin (Permission) yang menurut kita tidak perlu ada.



1. Menu Apps by Permission
Advanced Permission Manager memberi informasi kategori berdasarkan akses di setiap fitur OS Android. Misal, kita ingin melihat aplikasi yang selalu berjalan di Startup, akses tersebut dapat dimatikan. Melihat apakah aplikasi mengunakan akses telepon, atau membaca daftar kontak telepon dan email kita.



2. All Apps.
Untuk melihat satu persatu aplikasi yang sudah di install. Dan membaca masing masing kebutuhan Permission aplikasi. Dan melihat apakah meminta akses yang tidak wajar. Bisa dinonaktifkan dari menu ini.




3. APK Files
Untuk melihat Permission file aplikasi APK yang belum di install

Sebagai contoh sebuah aplikasi Tool. All In One Toolbox salah satu aplikasi berguna untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, membersihkan Cache memory dan RAM dan fungsi lainnya. Aplikasi All In One Toolbox meminta akses ke Bookmark Browser.

Tentu tidak ada hubungannya antara aplikasi tool di Android dengan browser. Permintaan akses seperti tersebut dapat di nonaktifkan dengan Advanced Permission Manager



Satu lagi aplikasi StarChart adalah aplikasi untuk melihat rasi bintang dan lokasi benda di ruang angkasa. Hal utama yang diperlukan adalah akses GPS, karena aplikasi harus menentukan dimana keberadaan penguna. Tapi ada permintaah mengakses ke Record Audio (merekam suara). Bila mencurigakan, permintaan tersebut dapat dinonaktifkan, seperti gambar sisi kanan untuk akses ke microphone dapat nonaktifkan.



Cara kerja App Advanced Permission Manager
  1. Open aplikasi Android yang anda ingin periksa (dengan Mod All Apps). Lalu lihat permintaan apa saja yang diambil / dibutuhkan oleh aplikasi. Bila tidak ada hubungan dengan fungsi aplikasi Android, dapat di non aktifkan dari menu.
  2. Selesai menonaktifkan permintaan yang tidak wajar / tidak perlu, Save. Maka Advanced Permission Manager akan membuat file App yang baru yang sudah di modifikasi, tapi harus di install ulang.
  3. Menu selanjutkan akan tampil dengan meminta Uninstall,  Install dan Close
  4. Uninstall aplikasi lama (tertulis keterangan di menu atas Re-installation needed). Artinya membuang aplikasi yang lama.
  5. Selesai meng-uninstall. Tekan Install kembali. Agar aplikasi yang sudah dihapus dikembalikan dengan versi modifikasi untuk di install kembali.

  6. Selesai dan Close, tugas Advanced Permission Manager merubah akses Permission sudah selesai. Kita dapat memeriksa kembali apakah Permission dari aplikasi sudah dihilangkan

Untuk lebih jelas, dapat dilihat dari video dibawah ini. Salah satu fungsi Advanced Permission Manager untuk menonaktifkan Permission dari aplikasi




Apa yang tidak dapat dilakukan ketika menonaktifkan Permission aplikasi Android

  • Advanced Permission Manager Android adalah tool dengan pengetahuan OS Android menengah. Kita harus mengerti apa saja yang perlu dan tidak untuk digunakan oleh sebuah aplikasi.
  • Kita harus mengerti Permission yang tidak diperlukan dan di nonaktifkan, dan tidak menonaktifkan yang diperlukan oleh aplikasi Android. kemunkinan aplikasi tidak bekerja bila permintaan akses Permission di aplikasi dihilangkan. Jadi sebaiknya perhatikan apa perlu di nonaktifkan saja, dan melihat kebutuhan akses yang mencurigakan. Seperti aplikasi game tentu tidak perlu mengakses data GPS, camera atau microphone sampai data browser.
  • Jangan salah ketika menonaktifkan Permission dari Advanced Permission Manager Android, karena kemungkinan App yang sudah dimodifikasi malah tidak dapat bekerja. Backup sebelum melakukan modifikasi, dan resiko ditangan kita sendiri. Sebaiknya menonaktifkan permintaan Permission dari aplikasi satu persatu, dan mencoba apakah aplikasi dapat berjalan normal.
  • Menonaktifkan Permission hanya bermanfaat untuk aplikasi yang tidak mendapat update.
  • Advanced Permission Manager Android bekerja di OS Android 3.1+

Hal penting lain, tidak merubah Permission dari aplikasi stock Android dan Google. Dan diberikan tanda merah seperti di gambar dibawah dari Advanced Permission Manager




Advanced Permission Manager memiliki 2 versi, satu versi gratis dan dibatasi untuk 10 memodifikasi aplikasi. Dan Advanced Permission Manager Pro untuk versi penuh. Tidak masalah dengan versi gratis, karena fungsinya sama.

Download Advanced Permission Manager