Pernahkan anda membaca pesan permintaan dari sebuah aplikasi Android.

Disebut Permission, ketika kita menginstall akan tampil keterangan bahwa aplikasi membutuhkan akses ke nomor telepon, internet, WIFI dan lainnya.

Atau menginstall begitu saja tanpa melihat apa yang aplikasi akses Permission di smartphone / tablet Android anda. Setiap aplikasi Android ada yang tidak membutuhkan akses sama sekali, tapi ada yang membutuhkan akses untuk mengambil data, mengunakan internet atau mencatat lokasi.

Aplikasi Chatting seperti Whatsapp, Line dipastikan bekerja bila memiliki akses internet. Atau Google Maps membutuhkan akses akses internet, paket data untuk mengambil peta dan perhitungan navigasi.

Hal tersebut wajar dilakukan oleh pembuat aplikasi, karena tanpa Permission yang dibutuhkan maka, aplikasi tidak dapat bekerja. Tetapi beberapa aplikasi ada yang tidak wajar meminta Permission yang tidak berhubungan dengan fungsi aplikasi sendiri. Contoh kasus aplikasi VPN Hola, sudah tertera bila akses internet akan dimanfaatkan oleh layanan Hola untuk member gratis. Tapi banyak user tidak mengira bila Hola juga memberikan akses internet kita bagi member Premium dari smartphone kita sendiri. Walau disebutkan Hola hanya memanfaatkan akses bandwidth yang tidak terpakai. Mungkin akses internet yang dicuri akan merugikan member gratis.

Bila kita cukup jeli, ada beberapa aplikasi meminta cukup aneh. Beberapa contoh aplikasi dibawah ini.
  • Aplikasi game meminta akses ke microphone dan camera. Walau di game tidak pernah berhubungan dengan mic dan camera.
  • Aplikasi Torrent meminta presisi data lokasi dimana aplikasi mereka digunakan. Untuk apa mengetahui lokasi keberadaan kita.
  • Aplikasi tool yang meminta mengakses ke nomor telepon, browser dan lainnya. Walau fungsi aplikasi Tool tersebut untuk membersihkan cache dan memory smartphone.
Aplikasi boleh saja meminta akses, tapi kita harus curiga apa saja yang di akses ternyata berlebihan. Misalnya aplikasi yang mengirim SMS padahal tidak ada hubungan dengan fungsi aplikasi itu sendiri. Beberapa aplikasi gratis kadang mengambil data di smartphone Android. Untuk apa ?, tentu banyak hal. Seperti mencatat dimana keberadaan penguna, untuk mengetahui seberapa besar aplikasi mereka digunakan di seluruh dunia. Atau untuk tujuan pengumpulan data saja.
Tetapi apakah yang mereka lakukan tidak melanggar privasi kita sebagai penguna .

Sebagai contoh aplikasi uTorrent dibawah ini. Meminta akses presisi data GPS. Aplikasi tersebut untuk download, hanya saja pembuat aplikasi perlu mengambil data dimana saja user yang mengunakan aplikasi mereka. Bila kita tidak mau aplikasi membaca keberadaan kita. Apakah kita harus memilih aplikasi lain, atau tidak mengunakan aplikasi seperti ini karena permintaan akses yang menurut kita tidak wajar. Padahal kita memang membutuhkan.

Aplikasi yang meminta akses lokasi

Permintaan aplikasi seperti diatas tidak bisa ditolak bila kita memerlukan. Gratis tentu ada sesuatu dibelakangnya.

Google sudah menempakan fitur Permission Manager di Android 6 Marshmallow dan Android 7 Nauget untuk menonaktifkan beberapa Permission yang tidak perlu. Agar penguna bisa melihat apakah aplikasi yang di install dapat dibatasi agar privasi kita dan pengunaan internet tidak dicuri atau diketahui begitu saja. Tetapi smartphone dengan versi Android lebih rendah belum dapat menonaktifkan akses Permission secara manual.

Apakah ada aplikasi lain yang dapat membantu membatasi akses aplikasi dari smartphone kita. Agar aplikasi tetap kita gunakan, tapi tidak menganggu privasi.

Advanced Permission Manager salah satu aplikasi yang dapat merubah sebuah aplikasi yang sudah di install. Lalu di nonaktifkan permintaan yang tidak wajar.

Aplikasi tool ini hanya 2-3MB, tapi sangat berguna untuk menonaktifkan akses aplikasi. Misalnya membaca data browser, log data penting, akses ke internet atau hal lain yang sebenarnya tidak diperlukan ketika aplikasi Android berjalan.

Apakah aplikasi yang meminta Permission yang tidak wajar dapat kita batasi. Bahkan membatasi akses internet, dengan mematikan fitur di aplikasi itu sendiri. Sepertinya ya. Seperti salah satu fungsi Advanced Permission Manager dari Manifest, dapat mencabut ijin pengunaan internet dari sebuah aplikasi.

Menonaktifkan aplikasi mengunakan internet dari </div/>

Selanjutnya cara mengunakan Advanced Permission Manager