Artikel ini untuk memperbaiki slot SDcard yang aus atau mulai kendor. Bila masalah SDcard tidak terbaca bisa dilihat di artikel memperbaiki SDcard / microSD

Memiliki Card Reader berkualitas, bertahun tahun dipakai mendadak mulai error.

Kadang SDcard dapat mengenal, kadang susah mengenal untuk membaca SDcard.

Setelah bertahun tahun dipakai, akhirnya pin mulai aus atau penjepit kendor karena sering terdorong.

Bila mengalami Card Reader tidak membaca SDcard, atau agak susah membaca. Kadang total blep, seakan SDcard rusak, padahal bisa saja yang bermasalah mungkin ada di bagian slot SDcard.

Sebelum memastikan card reader rusak. Pastikan anda memasang pada port yang benar.
  • Bila mengunakan Windows XP, pastikan memasang di computer pada port USB 2.0 dan tidak di port USB 3.0 (port berwarna garis biru).
  • Bila tidak mengetahui dimana port yang aktif, dapat dicoba dengan memindahkan posisi port yang terhubung ke kabel USB card reader.
  • Pastikan anda mengunakan kabel USB, bukan kabel USB dari powerbank karena hanya memberikan power + dan - (pin 1 dan 4), tapi tidak memiliki koneksi pada pin Data (Pin 2 dan 3)
  • Pastikan port yang anda gunakan sudah aktif. Di computer desktop, karena port USB dapat di On / Off. Bila posisi Off maka card reader tidak akan bekerja.

Dibawah ini ciri Card Reader mulai bermasalah
  • SDcard dimasukan ke slot card reader, tapi tidak terditeksi
  • SDcard dimasukan harus di goyang agar pas sampai bisa terbaca
  • SDcard dimasukan tapi terasa longgar.
  • SDcard sudah dikenal, tapi SDcard tidak terbaca.
  • SDcard sudah terbaca, tapi Windows mengatakan Unformat atau minta di Format.

Slot SDcard di Card Reader memiliki 9 pin untuk koneksi memory card SDcard ke slot. Ketika SDcard dimasukan ke slot card reader,  card akan terjepit dan menekan kontak di dalam slot SDcard.

Ada 2 bagian yang mungkin perlu diperbaik dengan mudahi, dibawah ini untuk memperbaiki slot SDcard di pembaca Card Reader.

Pin Penjepit SDcard tidak menjepit dengan baik
Bila slot SDcard seperti losse tidak menekan dengan baik, atau longar. Ciri gangguan seperti di pin penjepit, biasanya SDcard yang dimasukan agak goyang, atau harus di geser maju mundur agar terditeksi oleh Card Reader.

Dua pin pada bagian slot SDcard seperti gambar dibawah, kadang mulai melemah, tidak menjepit / menekan SDcard dengan benar.

Bagian ini dapat diperbaiki dan dicoba dengan menekan beberapa saat agar 2 pin Clip lempeng penjepit agar menekan kembali. Coba masukan card kembali, apakah SDcard bisa terbaca dan SDcard yang dimasukan tidak goyang.


Clip penjepit slot di card reader SDcard

Slot PIN SDcard kotor.
Bertahun tahun digunakan, bagian slot pin SDcard Card Reader bisa saja kotor atau korosi dan terjadi gangguan kontak. Satu pin saja tidak terkontak dengan memory card, maka memory card tidak terbaca dengan benar.

Tip ini sebaiknya berhati hati, gosok pin dengan obeng, atau amplas halus (gambar kedua) dengan memasukan ke slot. Atau tool yang bisa membersihkan bagian pin tersebut.
Dan dibersihkan secara perlahan. Setelah dibersihkan, kembali di coba memasukan SDcard ke slot Card Reader.

Konektor kotor pada slot pin SDcard

Kedua tip diatas sudah dicoba, dan dapat memperbaiki slot SDcard yang sudah aus karena sering digunakan.

Bila informasi diatas kurang jelas, bisa dilihat melalui video Youtube dibawah ini.



Dengan catatan Card Reader masih berfungsi dengan baik, hanya bermasalah ketika SDcard dimasukan kadang terbaca, kadang tidak, atau terasa SDcard sedikit longgar.

Mungkin menjadi solusi sebelum membeli card reader baru.