Tes Speed WD Black 6TB 

Bagi penguna computer, kecepatan harddisk tentu relatif. Bicara harddisk tidak hanya kapasitas besar saja, karena banyak produsen mengeluarkan kapasitas besar. Tetapi putaran RPM harddisk 5200RPM tidak cukup cepat, sedangkan 7200RPM lebih ideal untuk harddisk performa.

Apa manfaat dari harddisk performa. Bila anda penguna computer dan berhubungan dengan data sangat besar, akses aplikasi besar. Dapat dipenuhi oleh kemampuan harddisk setingkat WD Black.

Sebagai contoh untuk storage profesional sampai gamer, mereka membutuhkan harddisk kecepatan tinggi. Beberapa alasan dibawah ini
  • Pengunaan aplikasi multimedia membutuhkan tranfer data atau file yang besar, seperti editing foto, video atau suara. Setiap aplikasi modern mengunakan ukuran file sangat besar setidaknya membutuhkan space 1GB.
  • Aplikasi game, bisa dilihat besarnya game saat ini dengan ukuran 10GB atau 20GB lebih. Membutuhkan pembaca harddisk dengan tranfer speed tinggi agar loading game lebih cepat
Sebelum mengetahui manfaat dari teknologi WD Black. Untuk awal, bisa dilihat pada grafik test dibawah ini

Pertama performa dengan Benchmark HD Tach, terlihat kecepatan read WD Black 6TB cukup stabil, berada antara 200MB/s

Test Speed WD Black 6TB

Hasil test CyrstalDiskMark. WD Black 6TB memiliki kecepatan tertinggi read dan write. Menunjukan hal yang sama, dengan kecepatan tranfer 200MB/s lebih

Test Speed WD Black 6TB

Kedua hasil test memperlihatkan kemampuan WD Black 6TB diatas rata rata harddisk standar. Apakah harddisk tersebut memiliki performa di seluruh kapasitas. Dibawah ini dibahas posisi harddisk paling optimal untuk kecepatan tranfer.

Real World harddisk 6TB 7200RPM 

Untuk melihat seberapa cepat dari WD Black 6TB, perlu pembanding dengan harddisk lain. Kita perlu melihat produk harddisk lain, untuk membandingkan secepat apa kinerja harddisk WD Black 6TB.
Test dibawah ini adalah benchmark Hitachi 2TB, harddisk dengan kecepatan standar untuk konsumen biasa. Kapasitas 2TB sudah cukup besar,  tapi harddisk tersebut belum cukup cepat untuk menanganti aplikasi profesional.

Kecepatan tranfer tertinggi sekitar 130MB/s dan terendah jatuh sampai 55MB/s. Access time harddisk hanya 20ms, dan kecepatan harddisk ini diperuntukan bagi pemakaian biasa. Kekurangan harddisk konsumer seperti ini hanya tampil cepat di awal kapasitas, seperti 0-1TB, semakin ke sisi belakang maka kecepatan tranfer semakin lambat. Ini yang kita dapatkan bila membeli harddisk biasa, dan bukan harddisk performa.

Test Speed WD Black 6TB

Dampaknya dengan kecepatan harddisk WD

Aplikasi edit foto setingkat Lightroom terasa lambat dengan Hitachi 2TB. Kadang muncul Retry, karena lambatnya aplikasi Lightroom menunggu harddisk selesai membaca file Cache. Demikian juga aplikasi video editing, seperti Vegas Pro. Dan loading game menjadi lebih lambat bila file game ditaruh pada sisi paling belakang. Aplikasi editing dengan file besar sampai 300-400 MB akan berjalan lambat

Karena harddisk mengunakan platter atau piring yang berputar untuk menyimpan data, di bagian paling awal merupakan bagian paling tinggi untuk kecepatan tranfer. Sedangkan di bagian akhir data, kecepatan transfer turun mencapai 1/2 dari kecepatan awal. Semakin kita menaruh file pada kapasitas akhir, kemampuan tranfer harddisk akan menurun.

Karena harddisk mengunakan lengan harddisk membaca tulis pada piring harddisk. Semakin jauh data diambil di bagian tepi platter, kecepatan lengan harddisk membutuhkan waktu bergerak karena membutuhkan waktu menjangkau di sisi tepi platter. Dampaknya harddisk akan melambat.

Untuk harddisk performa, harddisk harus didukung dengan pergerakan lengan (Arm Harddisk) yang responsif. Ditandai dengan Response Time dalam mili detik (ms). Semakin cepat lengan harddisk bergerak, semakin cepat data diambil. Kedua putaran RPM platter yang tinggi, dan terakhir adalah Buffer Cache harddisk

Disini perbedaan harddisk kecepatan tinggi. Dapat dilihat dari gambar grafik dibawah, kecepatan tranfer tertinggi sampai 221MB/s dan terendah 104MB/s. 2 kali lebih cepat dibanding harddisk konsumen biasa. Untuk Access time mencapai 12ms, lebih cepat dibanding produk harddisk 2TB

Kecepatan WD Black 6TB paling optimal antara 0 ke 3TB untuk Read dan Write. Dimulai dari 0 ke 1,6TB mencapai 200MB/s, dan perlahan turun dibawah 200MB/s untuk membaca data yang ada pada kapasitas 2TB.

Disini tip mengunakan harddisk performa dari Black 6TB
  • Bagian depan dapat ditempatkan OS Windows yang biasanya ditempatkan pada drive C. Serta menempatkan data game, aplikasi profesional yang ukuran file besar..
  • Untuk aplikasi seperti editing foto, aplikasi akan membuat beberapa Cache file sangat besar dan memperlambat kinerja software bila kecepatan harddisk lambat. Aplikasi sofware dapat ditempatkan dibagian depan harddisk sampai 2 - 3TB
  • Pada bagian akhir yang lebih lambat, dapat digunakan sebagai area backup, seperti mengalokasikan bagian 3TB sampai 6TB untuk arsip kerja, foto, video dan lainnya. Dimana bagian tersebut tidak banyak di akses file secara rutin.

Test Speed WD Black 6TB


Keunikan WD Black 6TB untuk Write 

Performa paling menarik ada di bagian Write. Memiliki kecepatan Write yang stabil sampai di area 3TB dengan kecepatan tranfer terendah 175MB/s, setelah itu menurun di area 3TB sampai 6TB.

Bila membutuhkan proses write harddisk, misalnya aplikasi Lighroom, Photoshop. Bagian 0 sampai 3TB dapat digunakan untuk memuat software yang membutuhkan kecepatan write. Termasuk wilayah file Cache, Thumb, Swap file dan disatukan di bagian depan kapasitas harddisk.

Atau untuk video capture dimana dibutuhkan kestabilan kecepatan write agar rekaman tidak terjadi lag / shutter.

Test Speed WD Black 6TB

Sekarang kita bisa mengetahui dimana posisi terbaik agar mendapatkan performat dari WD Black 6TB.

Separuh kapasitas WD Black 6TB adalah bagian tranfer paling optimal. Kita bisa mendapatkan 3TB kapasitas untuk akses tercepat. Selain kecepatan harddisk, dengan setting BIOS AHCI SATA Mode, membuat kinerja harddisk lebih efisien dan lebih cepat. Atau dapat mengunakan harddisk 4TB dengan buffer yang sama, untuk mendapatkan 2TB untuk kecepatan paling optimal.

Result 

  • Performa WD Black 6TB ada di kecepatan diatas rata rata harddisk standar. Memiliki kecepatan tranfer diatas 180MB/s. Memberikan nilai ekonomis untuk storage harddisk besar.
  • Untuk penguna profesional. Seperti aplikasi editing video, storage kecepatan tinggi atau aplikasi game.
  • Bila membutuhkan akses harddisk terbaik, WD Black 6TB dapat ditempatkan sebagai harddisk Secondary,. Misalnya untuk menyimpan data video, film dan lainnya. Proses membaca data video menjadi lebih singkat selama post-production video. Kita dapat membagi beberapa folder dan memasukan semua hasil video yang dibuat tanpa khawatir kehabisan space harddisk.
  • Atau media penyimpan foto di kalangan amatir dan profesional fotografi sebagai file arsip. Umumnya mengunakan format file RAW berukuran besar dan jumlah file dapat mencapai beberapa GB. Ketika membaca file yang jumlahnya mencapai ratusan foto menjadi lebih cepat di proses oleh aplikasi. Dan kapasitas yang besar akan memudahkan menyimpan dan membackup semua file ke sebuah harddisk kapasitas besar.
  • Aplikasi game premium dapat mengambil manfaat dengan harddisk kecepatan tinggi.
  • Harddisk WD Black dapat digunakan untuk mereka yang membutuhkan storage besar serta kecepatan tranfer data.

Tip install WD Black 6TB
  • Untuk Boot OS denganharddisk 2TB keatas dapat memanfaatkan SATA Mode ACHI dari motherboard
  • Dengan ACHI, kapasitas harddisk dapat di format dengan GPT Disk. Teknologi GPT Disk sudah ada di Windows Vista atau versi lebih tinggi untuk OS 64bit, tapi jarang dimanfaatkan oleh penguna computer.
  • Memerlukan OS Windows 64bit

Bila memiliki kapasitas harddisk sebesar ini, ada baiknya membuat perencanaan ke depan. Misalya mengatur pembagian partisi harddisk dengan baik. Ketika file sudah ada di dalam, jangan sampai di masa mendatang kita kewahalan memindahkan file. Harddisk WD Black 6TB mungkin terlalu besar, sebagai harddisk kapasitas tertinggi di seri performa. Tetapi masih ada beberapa model lain seperti 5TB atau dibawahnya, dengan nilai harga lebih ekonomis. Sampai Mei 2016, model harddisk WD Black saja yang diberikan garansi 5 tahun, dan memberi kenyamanan bahwa harddisk ini memiliki umur kinerja lebih lama.