Produsen WD memiliki beberapa tipe harddisk, ditandai dengan warna seperti Biru, Merah dan Hitam. Memiliki fungsi berbeda, baik kecepatan, kinerja dan pemakaian untuk storage harddisk

Harddisk memiliki fungsi utama untuk storage, tetapi fungsi dan kinerja masing masing berbeda. Harddisk untuk penguna biasa, seperti kantor atau rumah, harddisk untuk NAS / storage yang bekerja selama 24 jam, dan fungsi harddisk lain dengan kemampuan lebih cepat dari rata rata harddisk standar.

Satu harddisk paling besar di kelas performa adalah model WD Black 6TB mengunakan nomor model WD6001FZWX. Bukan saja kapasitas besar, tapi menjadi harddisk paling cepat dikelasnya.

Harddisk ini memiliki kapasitas besar (mungkin sangat besar), tranfer data lebih cepat serta keunggulan pada kapasitas buffer 128MB DRAM.

Hanya 2 model WD yang diberikan buffer sebesar 128MB, harddisk WD Black 6TB dan 5TB. Model lain yang lebih kecil, 4TB ke bawah mengunakan buffer 64MB.

Harddisk WD Black 6TB dirancang khusus untuk kalangan profesional, gamer atau siapa saja yang membutuhkan kecepatan pada harddisk. Memberi kecepatan tranfer lebih tinggi dari harddisk standar lain. Dan dibutuhkan koneksi SATA 3Gbps untuk kinerja optimal. Untuk kenyamanan, WD Black 6TB diberikan garansi 5 tahun.

Harddisk WD Black 6TB dilengkapi dual core SLI procesor, sehingga mampu menangani data besar seperti load game, atau aplikasi multi media.

Fitur lain dengan StableTrac yang diberikan untuk kapasitas 2TB keatas di seri WD Black. Membuat harddisk WD Black dapat meredam getaran dalam membaca data yang akurat

Spesifikasi WD Black series

Data tabel dibawah ini adalah model dari seluruh WD Black. Dengan model tertinggi 6TB (sampai produk Mei 2016). Memmerlukan power 10.6W ketika bekerja, idle 7,6W dan sleep 1,6W.
Harddisk disarankan bekerja pada suhu ruang di sekitar harddisk antara  5-55 deg.C

Sebagai harddisk performa mengunakan putaran 7200RPM, memberikan akses tranfer lebih cepat. Sedangkan model dibawah WD Black umumnya mengunakan 6000 - 5200RPM.

Disain sama seperti WD Black 4TB yang dipasarkan 2 tahun sebelumnya.

WD6001FZWX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM 6 TB 128 MB
WD5001FZWX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM
5 TB 128 MB
WD4003FZEX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM 4 TB 64 MB
WD3003FZEX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM 3 TB 64 MB
WD2003FZEX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM 2 TB 64 MB
WD1003FZEX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM 1 TB 64 MB
WD5003AZEX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM 500 GB 64 MB
WD4001FAEX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM 4 TB 64 MB
WD3001FAEX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM 3 TB 64 MB
WD2002FAEX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM 2 TB 64 MB
WD1002FAEX SATA 6 Gb/s 3.5 Inch 7200RPM 1 TB 64 MB

Dibawah ini tampilan WD Black 6TB. Bentuk harddisk yang sama seperti harddisk 3,5 inci lainnya. Hanya saja harddisk WD Black 6TB lebih berat dengan konstruksi lebih padat.

WD Black 6TB

Bila membeli harddisk WD Black, seperti paket WD Black 6TB diberikan untuk harddisk saja tanpa menyediakan kabel SATA atau baut. Jangan lupa siapkan kabel SATA III untuk harddisk ini.

Port SATA dan power WD Black 6TB

Perangkat yang dibutuhkan WD Black 6TB

Untuk install harddisk 2TB keatas dibutuhkan OS Windows 64bit. Tanpa OS 64bit, kapasitas harddisk diatas 2TB tidak dapat diakses.

Setidaknya OS Vista sampai Windows 10 64bit dapat mengunakan harddisk tersebut. Harddisk perlu di format dengan GPT DISK untuk memaksimalkan kapasitas harddisk seluruhnya. Seandainya di install dengan format disk MBR kapasitas harddisk diatas 2TB hanya dapat dibuka sampai 2,2TB.

Selain kebutuhan OS 64bit, diperlukan computer dengan dukungan BIOS UEFI. Yang tersedia di motherboard procesor Core i5 2000+ core Sandy Brige atau lebih tinggi.

Kapasitas WD Black 6TB, memiliki kapasitas Formatted 5,45TB. Atau ruang tersebut nantinya dapat dipakai dipakai penguna.

Seperti gambar dibawah ini, kapasitas harddisk WD Black 6TB. Walau memiliki ukuran yang sama seperti harddisk standar. Tetapi melihat seluruh kapasitas harddisk ini, agak mengelitik. Akan di isi apa saja nantinya

Formatted WD Black 6TB

Tes Speed WD Black 6TB 

Bagi penguna computer, kecepatan harddisk tentu relatif. Bicara harddisk tidak hanya kapasitas besar saja, karena banyak produsen mengeluarkan kapasitas besar. Tetapi putaran RPM harddisk 5200RPM tidak cukup cepat, sedangkan 7200RPM lebih ideal untuk harddisk performa.

Apa manfaat dari harddisk performa. Bila anda penguna computer dan berhubungan dengan data sangat besar, akses aplikasi besar. Dapat dipenuhi oleh kemampuan harddisk setingkat WD Black.

Sebagai contoh untuk storage profesional sampai gamer, mereka membutuhkan harddisk kecepatan tinggi. Beberapa alasan dibawah ini
  • Pengunaan aplikasi multimedia membutuhkan tranfer data atau file yang besar, seperti editing foto, video atau suara. Setiap aplikasi modern mengunakan ukuran file sangat besar setidaknya membutuhkan space 1GB.
  • Aplikasi game, bisa dilihat besarnya game saat ini dengan ukuran 10GB atau 20GB lebih. Membutuhkan pembaca harddisk dengan tranfer speed tinggi agar loading game lebih cepat
Sebelum mengetahui manfaat dari teknologi WD Black. Untuk awal, bisa dilihat pada grafik test dibawah ini

Pertama performa dengan Benchmark HD Tach, terlihat kecepatan read WD Black 6TB cukup stabil, berada antara 200MB/s

Test Speed WD Black 6TB

Hasil test CyrstalDiskMark. WD Black 6TB memiliki kecepatan tertinggi read dan write. Menunjukan hal yang sama, dengan kecepatan tranfer 200MB/s lebih

Test Speed WD Black 6TB

Kedua hasil test memperlihatkan kemampuan WD Black 6TB diatas rata rata harddisk standar. Apakah harddisk tersebut memiliki performa di seluruh kapasitas. Dibawah ini dibahas posisi harddisk paling optimal untuk kecepatan tranfer.

Real World harddisk 6TB 7200RPM 

Untuk melihat seberapa cepat dari WD Black 6TB, perlu pembanding dengan harddisk lain. Kita perlu melihat produk harddisk lain, untuk membandingkan secepat apa kinerja harddisk WD Black 6TB.
Test dibawah ini adalah benchmark Hitachi 2TB, harddisk dengan kecepatan standar untuk konsumen biasa. Kapasitas 2TB sudah cukup besar,  tapi harddisk tersebut belum cukup cepat untuk menanganti aplikasi profesional.

Kecepatan tranfer tertinggi sekitar 130MB/s dan terendah jatuh sampai 55MB/s. Access time harddisk hanya 20ms, dan kecepatan harddisk ini diperuntukan bagi pemakaian biasa. Kekurangan harddisk konsumer seperti ini hanya tampil cepat di awal kapasitas, seperti 0-1TB, semakin ke sisi belakang maka kecepatan tranfer semakin lambat. Ini yang kita dapatkan bila membeli harddisk biasa, dan bukan harddisk performa.

Test Speed WD Black 6TB

Dampaknya dengan kecepatan harddisk WD
Aplikasi edit foto setingkat Lightroom terasa lambat dengan Hitachi 2TB. Kadang muncul Retry, karena lambatnya aplikasi Lightroom menunggu harddisk selesai membaca file Cache. Demikian juga aplikasi video editing, seperti Vegas Pro. Dan loading game menjadi lebih lambat bila file game ditaruh pada sisi paling belakang. Aplikasi editing dengan file besar sampai 300-400 MB akan berjalan lambat

Karena harddisk mengunakan platter atau piring yang berputar untuk menyimpan data, di bagian paling awal merupakan bagian paling tinggi untuk kecepatan tranfer. Sedangkan di bagian akhir data, kecepatan transfer turun mencapai 1/2 dari kecepatan awal. Semakin kita menaruh file pada kapasitas akhir, kemampuan tranfer harddisk akan menurun.

Karena harddisk mengunakan lengan harddisk membaca tulis pada piring harddisk. Semakin jauh data diambil di bagian tepi platter, kecepatan lengan harddisk membutuhkan waktu bergerak karena membutuhkan waktu menjangkau di sisi tepi platter. Dampaknya harddisk akan melambat.

Untuk harddisk performa, harddisk harus didukung dengan pergerakan lengan (Arm Harddisk) yang responsif. Ditandai dengan Response Time dalam mili detik (ms). Semakin cepat lengan harddisk bergerak, semakin cepat data diambil. Kedua putaran RPM platter yang tinggi, dan terakhir adalah Buffer Cache harddisk

Disini perbedaan harddisk kecepatan tinggi. Dapat dilihat dari gambar grafik dibawah, kecepatan tranfer tertinggi sampai 221MB/s dan terendah 104MB/s. 2 kali lebih cepat dibanding harddisk konsumen biasa. Untuk Access time mencapai 12ms, lebih cepat dibanding produk harddisk 2TB

Kecepatan WD Black 6TB paling optimal antara 0 ke 3TB untuk Read dan Write. Dimulai dari 0 ke 1,6TB mencapai 200MB/s, dan perlahan turun dibawah 200MB/s untuk membaca data yang ada pada kapasitas 2TB.

Disini tip mengunakan harddisk performa dari Black 6TB
  • Bagian depan dapat ditempatkan OS Windows yang biasanya ditempatkan pada drive C. Serta menempatkan data game, aplikasi profesional yang ukuran file besar..
  • Untuk aplikasi seperti editing foto, aplikasi akan membuat beberapa Cache file sangat besar dan memperlambat kinerja software bila kecepatan harddisk lambat. Aplikasi sofware dapat ditempatkan dibagian depan harddisk sampai 2 - 3TB
  • Pada bagian akhir yang lebih lambat, dapat digunakan sebagai area backup, seperti mengalokasikan bagian 3TB sampai 6TB untuk arsip kerja, foto, video dan lainnya. Dimana bagian tersebut tidak banyak di akses file secara rutin.

Test Speed WD Black 6TB

Keunikan WD Black 6TB untuk Write 

Performa paling menarik ada di bagian Write. Memiliki kecepatan Write yang stabil sampai di area 3TB dengan kecepatan tranfer terendah 175MB/s, setelah itu menurun di area 3TB sampai 6TB.

Bila membutuhkan proses write harddisk, misalnya aplikasi Lighroom, Photoshop. Bagian 0 sampai 3TB dapat digunakan untuk memuat software yang membutuhkan kecepatan write. Termasuk wilayah file Cache, Thumb, Swap file dan disatukan di bagian depan kapasitas harddisk.

Atau untuk video capture dimana dibutuhkan kestabilan kecepatan write agar rekaman tidak terjadi lag / shutter.

Test Speed WD Black 6TB

Sekarang kita bisa mengetahui dimana posisi terbaik agar mendapatkan performat dari WD Black 6TB.

Separuh kapasitas WD Black 6TB adalah bagian tranfer paling optimal. Kita bisa mendapatkan 3TB kapasitas untuk akses tercepat. Selain kecepatan harddisk, dengan setting BIOS AHCI SATA Mode, membuat kinerja harddisk lebih efisien dan lebih cepat. Atau dapat mengunakan harddisk 4TB dengan buffer yang sama, untuk mendapatkan 2TB untuk kecepatan paling optimal.

Result 

  • Performa WD Black 6TB ada di kecepatan diatas rata rata harddisk standar. Memiliki kecepatan tranfer diatas 180MB/s. Memberikan nilai ekonomis untuk storage harddisk besar.
  • Untuk penguna profesional. Seperti aplikasi editing video, storage kecepatan tinggi atau aplikasi game.
  • Bila membutuhkan akses harddisk terbaik, WD Black 6TB dapat ditempatkan sebagai harddisk Secondary,. Misalnya untuk menyimpan data video, film dan lainnya. Proses membaca data video menjadi lebih singkat selama post-production video. Kita dapat membagi beberapa folder dan memasukan semua hasil video yang dibuat tanpa khawatir kehabisan space harddisk.
  • Atau media penyimpan foto di kalangan amatir dan profesional fotografi sebagai file arsip. Umumnya mengunakan format file RAW berukuran besar dan jumlah file dapat mencapai beberapa GB. Ketika membaca file yang jumlahnya mencapai ratusan foto menjadi lebih cepat di proses oleh aplikasi. Dan kapasitas yang besar akan memudahkan menyimpan dan membackup semua file ke sebuah harddisk kapasitas besar.
  • Aplikasi game premium dapat mengambil manfaat dengan harddisk kecepatan tinggi.
  • Harddisk WD Black dapat digunakan untuk mereka yang membutuhkan storage besar serta kecepatan tranfer data.

Tip install WD Black 6TB
  • Untuk Boot OS denganharddisk 2TB keatas dapat memanfaatkan SATA Mode ACHI dari motherboard
  • Dengan ACHI, kapasitas harddisk dapat di format dengan GPT Disk. Teknologi GPT Disk sudah ada di Windows Vista atau versi lebih tinggi untuk OS 64bit, tapi jarang dimanfaatkan oleh penguna computer.
  • Memerlukan OS Windows 64bit

Bila memiliki kapasitas harddisk sebesar ini, ada baiknya membuat perencanaan ke depan. Misalya mengatur pembagian partisi harddisk dengan baik. Ketika file sudah ada di dalam, jangan sampai di masa mendatang kita kewahalan memindahkan file. Harddisk WD Black 6TB mungkin terlalu besar, sebagai harddisk kapasitas tertinggi di seri performa. Tetapi masih ada beberapa model lain seperti 5TB atau dibawahnya, dengan nilai harga lebih ekonomis. Sampai Mei 2016, model harddisk WD Black saja yang diberikan garansi 5 tahun, dan memberi kenyamanan bahwa harddisk ini memiliki umur kinerja lebih lama.