Intelligent ShutDown sebuah software Auto Shutdown untuk computer.

Memiliki beberapa setting berbeda dibanding aplikasi Auto Shutdown. Apa fungsi software Intelligent ShutDown untuk mematikan computer.

Banyak penguna computer harus menunggu aplikasi, dari tugas yang dilakukan oleh computer sampai selesai baru dimatikan. Tetapi ada beberapa tugas di computer bisa di monitor.

Intelligent Shutdown berbeda dengan fungsi Power Saving di Windows. Karena hanya memonitor berdasarkan kegiatan penguna. Seperti tidak ada aktivitas pada keyboard dan mouse, sistem Power Saving akan menonaktifkan monitor sampai melakukan Sleep serta Hibernate.

Beberapa contoh tugas dari computer untuk anda.

Download.
Hal merepotkan bila kita mendownload di computer / notebook. Dan ukuran file besar, kita harus menunggu lambatnya internet atau membiarkan computer berjalan sendiri sampai download selesai. Parameter ketika mendownload adalah trafik internet, bisa dimonitor oleh software Intelligent ShutDown.

Bila ethernet, WIFI ternyata sudah tidak aktif lagi, artinya proses download dianggap sudah selesai. Pekerjaan mematikan computer bisa memanfaatkan Intelligent ShutDown.
Sama saja dengan mengupload file, email, foto yang ukurannya cukup banyak. Kita harus menunggu semua sampai selesai atau membiarkan computer terus menyala.

Intelligent ShutDown dapat memonitor trafik internet, setelah proses upload / download selesai maka tidak ada trafik lagi di ethernet atau WIFI. Dan Intelligent ShutDown akan mematikan computer sendiri.

Copy file yang sangat besar
Seperti memindahkan file dari satu computer ke computer lain atau proses backup. Karena mengunakan jaringan seperti LAN bahkan WIFI. Sama seperti tugas diatas, dapat di monitor trafik data. Sementara computer bekerja memindahkan file, setelah selesai maka Intelligent ShutDown akan melihat trafik data sudah tidak aktif lagi dan computer bisa dimatikan.

Proses aplikasi
Misalnya pekerjaan render, proses compiler, proses editing foto timelapse, editing video, converter video yang membutukan waktu mungkin berjam jam. Kita tidak mungkin duduk menunggu computer bekerja. Tetapi pekerjaan tersebut pasti mengunakan proses CPU. Dari CPU dapat di monitor dengan Intelligent ShutDown. Selesai computer menyelesaikan tugas, maka status CPU menjadi Idle, mungkin menjadi 2% atau dibawahnya. Intelligent ShutDown dapat menditeksi proses CPU, dan mematikan computer bila di anggap pekerjaannya sudah selesai setelah melihat kegiatan di CPU sudah mencapai angka < 2%

Monitoring Keyboard dan Mouse
Hal lain misalnya kita aktif mengunakan computer untuk mengetik. Tapi cukup sibuk mengangkat telepon atau ada tugas lain. Sementara computer masih saja bekerja, dan lupa di Sleep. Intelligent ShutDown dapat diberikan tugas bila mouse atau keyboard tidak aktif dalam 10 atau 20 menit. Tugasnya untuk melakukan Mode Sleep agar computer tidak terus berjalan.

Atau mematikan computer pada hari dan jam tertentu. Setting tersebut ada di aplikasi Intelligent ShutDown.


Parameter Intelligent Shutdown
Bagian pertama
  • Waktu menunggu sebelum melakukan untuk mematikan computer
  • Status untuk mematikan computer : Shutdown - Hibernate - Standby -  Reboot - Log Off
  • Status aktif setelah computer di restart
  • Fullscreen Countdown untuk menampilkan waktu 10 detik sebelum Intelligent Shutdown mengerjakan tugas akhir.
  • Dan tombol penting adalah Activate. Setelah semua setting diberikan, tinggal di Click Activate dan Intelligent Shutdown mulai bekerja

Bagian kedua untuk parameter
  • Menditeksi proses CPU dalam %. Misalnya mengatur untuk Stand-by bila CPU sudah bekerja dibawah 2%
  • Menditeksi Nettraffic. Dalam hitungan KB termasuk download, upload. Seperti mengcopy file , mengupload file / foto ke internet, download file. Bila trafik sudah turun sampai angka yang ditentukan. Aplikasi akan aktif untuk melakukan Shutdown pada computer.
  • Setting waktu. Bisa berdasarkan hari dan jam. Misalnya computer server terus aktif selama 24 jam tetapi tidak digunakan pada hari libur seperti hari Sabtu. Bisa diberikan parameter untuk tidak aktif bila hari sudah memasuki hari Sabtu.
  • Setting program. Dapat mengaktifkan program lain sebelum aplikasi mematikan computer.
  • Menditeksi keyboard dan mouse. Memonitor input dari kedua perangkat. Bila terditeksi tidak ada aktivitas artinya computer sudah tidak digunakan. Maka aplikasi dapat mematikan computer.

Setting Intelligent Shutdown seperti gambar dibawah ini.

Intelligent Shutdown mematikan computer otomatis

Intelligent Shutdown memiliki kemampuan cukup lengkap. Khususnya mereka yang sering mengunakan computer, baik untuk pekerjaan atau bekerja dengan computer cukup lama.

Dengan sistem otomatis Shutdown, computer tidak perlu terus menyala. Bisa di Shutdown, atau di Sleep sementara kita tidak perlu menunggu computer menyelesaikan tugasnya. Atau membiarkan Intelligent Shutdown mematikan computer untuk kita bila kita meninggalkan.

Video dibawah ini, cara kerja Intelligent Shutdown untuk memonitor trafik data melalui Ethernet



Kekurangan pada tampilan saja yang sederhan, dan tidak memiliki opsi Force Shutdown. Tetapi fungsinya sangat tepat bagi mereka yang tidak mau repot untuk mematikan computer secara otomatis


Aplikasi Intelligent Shutdown dapat dicoba versi Trail selama 30 hari via www.in-mediakg.com