ClickMonitorDDC adalah software untuk mengatur Brightness atau kecerahan monitor dan Contrast melalui software.

Bagi mereka yang sering bekerja dengan computer, memerlukan setting kedua setting tersebut agar monitor lebih nyaman dilihat.

Kadang perubahan Brightness dan Contrast diperlukan, khususnya untuk pemakaian computer dengan aktivitas berbeda.
  • Game umumnya memerlukan tingkat Contrast dan Brightness paling tinggi. Agar gambar lebih terang terlihat.
  • Aktivitas biasa, seperti browsing, kedua setting diturunkan agar mata lebih nyaman melihat background putih pada halaman website.
  • Kegiatan lain seperti video editing, software editing memerlukan setting brightness dan contrast sesuai alat kalibrasi atau menyesuaikan kedua setting sesuai proses gambar.

Bila kita melakukan ketiganya, artinya kita harus mengatur brightness dan contrast monitor setiap berganti aplikasi. Setting monitor harus di set ulang dari tombol monitor atau merubah dari setting Control Panel VGA.

Tentu merepotkan setiap aktivitas berbeda seperti bermain game, lalu harus melakukan set ulang agar Brightness dan Contrast lebih rendah untuk aktivitas browsing.

ClickMonitorDDC mengantikan tombol setting manual dari DDC monitor, atau melakukan setting software kalibrasi dari Control Panel Windows.

Fungsi ClickMonitorDDC hanya untuk mengatur Brightness dan Contrast dari software. tinggal di click akan muncul menu Brightness dan Contrast.

Setting monitor juga ikut berubah dari sesuai setting ClickMonitor DDC.

Software lain dari Free Monitor Manager yang pernah di coba. Dapat mengatur Brightness, Contrast, dan warna Red, Blue serta Green. Tapi setting di indikator manual monitor tidak ikut berubah. Sehingga software tersebut hanya bekerja di Software.

Click Monitor DDC mengatur langsung seperti memindahkan setting DDC hardware dari Contrast dan Brightness yang ada di monitor

ClickMonitorDDC mendukung multi monitor, misalnya kita mengunakan 2 monitor. Masing masing monitor dapat di set sesuai kebutuhan kita.

Fungsi utama adalah mengatur Brightness dan Contrast monitor dari software tanpa melakukan setting dari tombol di monitor atau menyentuk bagian keyboard pada notebook. Fungsi lain seperti mengatur warna Red Green Blue, atau memberikan tombol keyboard untuk shortcut tersedia di software ini.

Fitur lain dari Shut Monitor Off akan langsung mematikan monitor (sleep) yang terhubung ke computer tanpa menunggu waktu Power Saving.

Tampilan ClickMonitorDDC seperti gambar dibawah. Di bagian atas tampil Display 1 dan Display 2, akan tampil bila software menditeksi 2 monitor di computer.

software mengatur brightness dan contrast dari software


Dibawah ini demo Click Monitor DDC. Untuk setting monitor dengan software, tanpa harus dilakukan setup dari tombol monitor dan driver VGA di Windows



Click Monitor DDC bekerja di Windows 7+, dengan ukuran file tidak lebih dari 200KB.

Satu lagi adalah Display Tuner dengan file 700KB. Software Display Tuner sudah tidak dibuat lagi, dan pemilik software tidak mendistribusikan Display Tuner.
Tapi masih bisa ditemukan di beberapa website yang menyimpan, bekerja dengan Windows XP dengan fitur yang sama seperti Click Monitor DDC.

Display Tuner Discontinue

Download Display Tuner dari Google drive

Download  Click Monitor DDC via Clickmonitorddc.bplaced.net