Hasil test Spyer5 Express

Dibawah ini perbedaan dari visual yang kita lihat (diambil dengan camera, sebagai contoh membandingkan perubahan warna sebuah foto).

Mengunakan monitor LG tipe IPS Full HD 1080p. Sisi kiri adalah gambar yang kami lihat sebenarnya dari monitor, dan gambar kanan adalah foto yang tampil setelah monitor di kalibrasi

Foto yang di edit dengan Lightroom, sudah terlihat baik sesuai setting monitor yang belum kalibrasi. Setelah di kalibrasi, seluruh foto tersebut ternyata berbeda.

Gambar di sisi bawah (2) setelah monitor di kalibrasi dengan Spyder 5, terlihat gambar lebih gelap
Gambar 1 (atas) adalah foto sebelum di kalibrasi. Secara visual sudah tepat bagi kita. tapi tidak menunjukan warna universal.
Foto selama proses edit di monitor akan terlihat terang, tetapi orang lain akan melihat foto dibawah lebih gelap.

(1 picture what you see on monitor, 2 picture after calibrated)




Foto pemandangan awan. Kiri dari tampilan monitor sebelum di kalibrasi dan kanan setelah di kalibrasi.

Terlihat di bagian atas horison tampak lebih gelap dan langit dibagian bawah lebih gelap. Gambar 1 adalah gambar yang dilihat setiap hari di monitor yang sama.
Tapi gambar tersebut hanya baik di monitor yang kita pakai, bukan gambar yang tampil di monitor lain seperti gambar kedua (gambar bawah)

(1 picture what you see on monitor, 2 picture after calibrated)




Perbandingan perubahan warna sebelum dan sesudah. Warna yang ditampilkan di monitor sedikit lebih gelap, dan paling terlihat perubahan warna biru setelah monitor di kalibrasi.

(1 picture what you see on monitor, 2 picture after calibrated)




Gambar kiri adalah gambar yang diambil langsung di monitor, terlihat gradasi hitam putih lebih terlihat. Khususnya gradasi warna putih dan abu abu (gray) digambar pertama, lebih tampak berbeda pada gambar kedua setelah monitor di kalibrasi. Membuat foto terlihat terlalu terang selama proses editing bila monitor diatur dengan alat kalibrasi.

(1 picture what you see on monitor, 2 picture after calibrated)




Ada yang salah diantara beberapa gambar diatas. Terlihat demikian, karena tampilan warna foto sebelum dan sesudah monitor di kalibrasi tampak sedikit berbeda.

Dengan alat kalibrasi monitor Spyder5 Express, memberikan referensi warna yang tepat. Setidaknya kita mengetahui kesalahan warna sebuah monitor dan dapat di koreksi otomatis dengan software Spyder5 Express.

Software Spyder5 Express dibuat terbatas tetapi lebih praktis untuk pemula. Hanya mengatur setting warna dan gradasi hitam putih dan tidak memiliki kalibrasi Brightness dengan Spyder5 Elite.

Test dengan Spyder5 Express dan Spyder5 Elite memberikan ketepatan gambar yang sama. Tetapi Spyder5 Elite memiliki setting lebih luas untuk kebutuhan profesional.

Display Switch Kalibrasi dan Non Kalibrasi

Software Spyder memiliki opsi antara tampilan monitor dengan setting kalibrasi dan tidak dikalibrasi.

Penguna dapat memindahkan setting monitor ke default sebelumnya untuk pemakaian biasa. Dan memindahkan ke setting Calibrated ketika mengedit foto dan video.

Dibawah ini fitur software untuk Switching dari tampilan di kalibrasi dan tampilan biasa.



Video dibawah ini proses kalibrasi monitor dengan Spyder5 Express dan memberikan perbaikan warna yang kita lihat, antara sebelum dan sesudah monitor di kalibrasi.
Tampilan monitor LCD LED lebih menampilkan warna biru, setelah di kalibrasi membuat efek warna biru dapat dihilangkan.

Untuk penjelasan dapat dilihat perbedaan antara warna yang ditampilkan pada monitor dibawah ini.

Terlihat pada perbandingan kedua gambar foto (video timelapse) dari sisi kiri sebelum monitor di kalibrasi dan kanan hasil gambar setelah monitor di kalibrasi




Dibawah ini cara pengunaan Spyder alat kalibrasi monitor



Spyder5 Express

  • Dengan Spyder5 Express, kita dapat melakukan kalibrasi monitor.
  • Setting kalibrsi diatur oleh software, dan pengunaan cukup mengikuti beberapa parameter yang dibutuhkan oleh software.
  • Paket Spyer5 Express ditawarkan dengan fitur terbatas. Tetapi sudah cukup untuk hobi dan amatir untuk menampilkan foto dengan warna yang tepat.
  • Alat kalibrasi tidak terbatas untuk kalibrasi warna foto, tapi dapat dimanfaatkan untuk video editing di media sosial.
  • Untuk kalangan pemula. Satu langkah dalam meningkatkan editing dari hasil foto dengan perangkat kalibrasi monitor

Spyder5 Elite

  • Dengan Spyder5 Elite memiliki kemampuan dengan software lebih baik.
  • Setting software lebih fleksibel, dan beberapa fitur lengkap untuk kalangan profesional dan video editing

Catatan. Unit Sypder5 sejauh ini tidak membatasi berapa kali software di Install untuk kalibrasi. Sebuah perusahaan dapat mengunakan satu unit untuk mengkalirasi beberapa monitor dan computer. Dan perangkat hardware Spyder5 Express dan Spyder5 Elite memiliki spesifikasi yang sama.

Untuk memanfaatkan alat kalibrasi Spyder5 di perusahaan. Seperti di satu perusahaan yang banyak mengunakan computer seperti bidang grafis, fotografi, bisnis online, video Timelapse dan bidang lainnya. Dapat mengunakan satu unit Spyder5 bersama.

Bila tertarik mengunakan perangkat Colorimeter. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang model Spyder5. Lihat demo untuk kemampuan alat kalibrasi, apa yang anda dapatkan, dan pastikan apakah anda sudah membutuhkan Colorimeter.


Spyder5 Express

Spyder5 Elite

Kemudahan mengkalibrasi untuk fotografi amatir dengan setting paling mudah.
Untuk kalangan profesional dengan opsi lebih lengkap