Alat kalibrasi monitor disebut Colorimeter. Perangkat ini untuk kalibrasi warna di monitor computer PC / notebook untuk OS Windows dan iOS. Membuat tampilan warna foto di monitor sesuai standar. Apa yang kita lihat di monitor akan semirip tampilan di monitor lain.

Mungkin kita pernah merasa bila foto dari camera atau foto di smartphone terlihat lebih biru di computer. Atau melihat warna foto begitu indah dari kalangan profesional. Atau foto yang indah di website, sampai majalah. Karena mereka mengunakan alat kalibrasi dan monitor profesional, baik tampilan gambar di website sampai mencetak gambar dari foto dan majalah

Sementara kita kesulitan membuat foto seperti mereka.
Jangan jangan ada kesalahan warna bukan dari foto yang kita edt, tapi di monitor kta sendiri.

Langsung saja membahas, manfaat alat kalibrasi monitor.

Manfaat kalibrasi monitor

  • Mata manusia berbeda beda melihat warna dan cahaya. Membuat warna menjadi spesifik bagi sebagian orang.
  • Monitor memiliki warna dan setting berbeda. Untuk pemakaian pribadi tidak masalah, tetapi untuk foto tampil ke publik akan berbeda.
  • Bila seseorang bekerja di bidang editing foto atau video. Kesalahan proses edit gambar karena warna dan cahaya monitor, warna yang dilihat akan berbeda.
  • Monitor akan mengalami degradasi sejalan waktu. Membuat foto yang di edit tahun lalu terlihat "WoW" tapi sekarang jarang yang menyebut WoW.
  • Kebutuhan kita untuk melakukan edting sebuah foto agar warna lebih universal dan diterima dengan standar yang sama di perangkat lain
  • Kondisi ruang selama proses mengedit foto, juga mempengaruhi kita dalam melihat gambar. Misalnya melihat foto di ruang gelap, akan berbeda di ruang lebih terang. Dibutuhkan sebuah parameter untuk mengkalibrasi monitor sesuai standar.
  • Bagi mereka yang rajin mengikuti Photo Contest. Alat ini dapat membantu penampilan foto yang baik. Mengingat penilai mengunakan perangkat monitor berkualitas baik untuk menilai sebuah foto
  • Dengan mengkalibrasi monitor kita sendir, maka foto orang lain tampil dengan warna yang benar. Dan kita bisa belajar sepert apa para profesional menampilkan gambar mereka.

Mengapa kalibrasi monitor penting

Bagi penguna camera atau camera smartphone. Memposting foto di instagram, facebook dimana foto sebagai hiburan, belum memerlukan perangkat kalibrasi monitor. Secara visual untuk foto yang dibagikan, masih bisa diterima oleh orang lain. Dan yang melihat hanya mengunakan display standar. Masyarakat penguna media sosial tidak terlalu peduli, apakah foto memang bagus atau tidak. Dan bagi kita yang membuat tidak masalah, karena ingin menghibur orang lain

Contoh dari kompetisi foto di GuruShot yang ditutup awal Februari 2015 dengan hadiah $200. Dengan topik Working Class atau foto pekerja, terdapat 10 nama fotografer Indonesia masuk daftar 100 dari veto terbaik. Dan di rangking 100-200 tersisa 5 fotografer dari Indonesia. Hasil karya foto dapat dilihat via Google Photo


Tetapi kualitas foto kita belum tentu menarik kalangan profesional. Bila kita melihat hasil foto seperti foto kontes atau hasil karya fotografer profesional, belum tentu gambar yang dibuat seperti yang kita lihat di monitor sendiri. Demikian sebaliknya, bila kita memiliki gambar editing, hasil akhirnya belum tentu sama seperti apa dilihat orang lain (kalangan Pro)

Jika monitor tidak dikalibrasi, kemungkinan besar gambar akan menyimpang seperti muncul gradien cahaya atau gambar hitam putih terlihat lebih terang atau lebih gelap. Kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan kalibrasi monitor. Sampai suatu hari mereka sadar, ada yang salah dengan karya mereka.

Misalnya seseorang mengikuti foto kontes internasional. Setelah di edit, hasilnya sangat baik lalu dikirim, Dari diri kita mungkin bertanya apakah foto yang diterima di panitia memang sama baik seperti yang dilihat di monitor kita. Juri dikelas foto internasional mengunakan standar monitor khusus untuk fotografi.
  • Gambar yang biru di layar monitor LCD kita, mungkin akan tampak terlalu biru di monitor khusus fotografi.
  • Gambar foto dengan cahaya yang tepat, mungkin terlalu gelap disana.
Itu salah satu contoh kesalahan bila mengunakan monitor yang tidak di kalibrasi.

Tentu menjadi pertanyaan bagi kita, bagaimana membuat foto dengan warna yang benar dan diterima oleh semua perangkat. Atau kita sendiri bertanya, apakah foto yang di edit memiliki warna yang tepat. Apakah ada alat yang mengukur pencahayaan warna monitor sesuai standar.

Bukan berdasarkan penilaian kita sendri, penglihatan kita, monitor kita, yang bisa saja salah melihat gambar di monitor karena setting yang salah. Alasannya mata kita bisa mengedit gambar yang kita inginkan seperti terlihat di monitor, tapi gambar akan tampak berbeda di monitor lain.

Spyder5 Express dan Spyder5 Elite adalah perangkat Colorimeter untuk mengukur warna sebuah monitor.

Alat kalibrasi Colorimeter umumnya menjadi bagian dari monitor editing foto dan video, walau monitor kelas high end relatif jauh lebih mahal dibanding monitor yang dipasarkan secara umum.
Bukan sebuah alasan yang menyebut alat Colorimeter untuk kalangan fotografer profesional. Sekarang harga perangkat ini lebih terjangkau untuk mengkalibrasi monitor kita sendiri agar sesuai tampilan monitor profesional.

Alat ini seperti mata kedua, dalam bentuk perangkat keras yang dilengkapi sensor optik untuk melihat warna di monitor. Bila monitor sudah di kalibrasi, maka warna dan gradasi dari foto atau video, dapat tampil hampir mendekati seperti apa yang ditampilkan di perangkat lain. Untuk mengkalibrasi cukup mengikuti setting dari software, lalu biarkan sistem kalibrasi bekerja. Hasilnya lebih tepat dan akurat untuk kalibrasi monitor di bandingkan mata kita yang tidak jelas menilai warna foto.

Sensor yang ditawarkan oleh Spyder5 Elite dan Spyder5 Express mengunakan perangkat yang sama. Tapi keduanya hanya berbeda software, misal sensor diteksi cahaya ruangan (Ambient Room), di bagian belakang sensor (lensa putih) hanya aktif di software Spyder5 Elite. Bila suatu hari anda mengunakan Spyder5 Express, dan membutuhkan sofware Sypder5 Pro atau Spyder5 Elite, bisa di upgrade dengan membeli software.

Dibawah ini bentuk sensor kalibrasi monitor seri Spyder 5. Model Spyder5 yang dipasarkan tahun 2015, menjadi alat kalibrasi monitor dengan bentuk lebih kecil dan praktis.



Untuk Spyder5 Express jauh lebih memudahkan dengan setting auto, tapi tidak memiliki beberapa opsi tambahan. Sangat cocok untuk kalangan pemula, hanya perlu mengikuti setting yang dibutuhkan software Spyder5 Express.

Perangkat Spyder 5 dilengkapi penutup, untuk melindungi sensor dari debu. Selesai digunakan alat ini dapat ditutup kembali. Untuk pengukuran data dari sensor, data dikirim via USB port termasuk kebutuhan power Spyder5.



Spyder 5 software seluruhnya dapat di download dari website Datacolor.com. Untuk mendownload software kalibrasi Spyder 5, tertera di bagian box dan link untuk download.

Selesai di download , penguna harus meregistrasi agar dapat meng-install software. Nomor serial number Spyder 5 tertera di dalam box seperti gambar dibawah.



Dibawah ini perbedaan dari fitur seri Colorimeter Spyder. Untuk unit Sypder5 Express memiliki setting paling sederhana.

Sebagai perbandingan, Spyder5 Express hanya memiliki setting Gamma 2.2 dan Color 6500K dan Spyder5 Pro lebih fleksibel memilih fitur Gamma dan Color.
Hanya di Spyder5 Elite yang memiliki setting lebih baik, termasuk warna video PAL/SECAM/NTSC (bila tertarik dengan kalibrasi monitor video editing)

Feature Spyder5Express Spyder5Pro Spyder5Elite
Gamma Choices
2.2
1.8, 2.0, 2.2, 2.4
Unlimited
Color Temperature Choices
6500K
5000K, 5800K, 6500K, native
Unlimited
Custom Targets
-
-
Spyder5 ColorimeterNTSC, PAL/SECAM, ITU-R Rec.BT.709, ITU-R Rec.BT.2020, Cineon, L-Star*
ICC Profile Support
ICC 2
ICC 2, ICC 4
ICC 2, ICC 4
Multiple Display Calibration
Yes
Yes
Yes
On-Screen Interactive Help
Yes
Yes
Yes
Front Projector Calibration
-
-
Yes
Room Light Measurement
-
Simple
Advanced
Re-calibration Wizard
-
2.5 min
2.5 min
Expert Console
-
-
Yes
Custom B/W Luminance Control
-
-
Yes
Display History Utility
-
-
Yes
SpyderProof - Before & After Calibration Evaluation
-
Imported User Image
Imported User Image + Full Screen
StudioMatch
-
-
Yes
Gamma Curve Editing
-
-
Yes
Continuous Profile & Calibration Check
Yes
Yes
Yes
L-Star Workflow Option
-
-
Yes
Curves Import Function
-
-
Yes
Improved Gray Balance
-
-
Yes
Improved Gray Balance
-
-
Yes
Software
Gamma Choices
2.2
1.8, 2.0, 2.2, 2.4
Unlimited
Color Temperature Choices
6500K
5000K, 5800K, 6500K, native
Unlimited
Custom Targets
-
-
Spyder5 ColorimeterNTSC, PAL/SECAM, ITU-R Rec.BT.709, ITU-R Rec.BT.2020, Cineon, L-Star*
ICC Profile Support
ICC 2
ICC 2, ICC 4
ICC 2, ICC 4
Multiple Display Calibration
Ya
Ya
Ya
On-Screen Interactive Help
Ya
Ya
Ya
Front Projector Calibration
-
-
Ya
Room Light Measurement
-
Simple
Advanced
Re-calibration Wizard
-
2.5 min
2.5 min
Expert Console
-
-
Ya
Custom B/W Luminance Control
-
-
Ya
Display History Utility
-
-
Ya
SpyderProof - Before & After Calibration Evaluation
Ya
Imported User Image Imported User Image + Full Screen
StudioMatch
-
-
Ya
Gamma Curve Editing
-
-
Ya
Continuous Profile & Calibration Check
Ya
Ya
Ya
L-Star Workflow Option
-
-
Ya
Curves Import Function
-
-
Ya
Improved Gray Balance
-
-
Ya

Setup kalibrasi monitor Spdyer5 Express dan Spyder5 Elite

Melakukan kalibrasi monitor dengan Spyder5 Express, dengan menginstall software, aktifkan aplikasi Spyder5 Express. Sebelum melakukan kalibrasi, keterangan di software memerlukan setting dibawah ini.
  • Monitor setidaknya sudah diaktifkan selama setengah jam.
  • Cahaya di sekitar monitor tidak terlalu terang mengarah langsung ke monitor
  • Sebaiknya setting monitor di Reset, Color Temperature untuk 6500K atau persamaannya (tidak biru di CT 7500K dan tidak kuning di CT 5000K, tapi di CT 6500K atau mendekati) untuk Spyder5 Express. Sedangkan Sypder5 Elite memiliki setting khusus
  • Brightness diatas 100 (umumnya monitor mengunakan brightness 130 cd/m2), informasi tentang brightness dapat disesuaikan dengan kebutuhan penguna. Di Spyder5 Elite memiliki akurasi untuk kalibrasi Brightness
  • Spyder5 Express hanya digunakan untuk Gamma 2.2 (OS Windows). Sedangkan Spyder5 Elite lebih fleksibel dengan beberapa pilihan setting
Selesai membaca keterangan setting diatas dilanjutkan dengan Next



Akan diberi pilihan bila memiliki tipe monitor, disertakan keterangan Uncalibrated atau belum di kalibrasi.
Pertanyaan lain untuk tipe monitor yang di kalibrasi apakah tipe Desktop Monitor atau tipe layar Notebook



Tip mengunakan Spyder5, Bila layar monitor terlalu vertikal, posisikan monitor sedikit miring ke arah belakang. Agar posisi sensor kalibrasi dapat stabil di tengah layar.

Tarik kabel USB dan buat seimbang dengan tutup Spyder5 dan tergantung tepat ditengah layar monitor



Proses kalibrasi berjalan selama 5 menit. Monitor akan memberikan tampilan warna, gradasi untuk diperiksa oleh sensor Spyder5. Sampai seluruh proses kalibrasi monitor selesai, terakhir akan diberikan pesan pengingat. Apakah monitor akan dikalibrasi ulang misalnya 1 atau 3 bulan kedepan

File ICC kalibrasi dari setting Spyder5 nantinya disimpan di folder Windows\system32\spool\drivers\color



Selesai kalibrasi, lepas USB kabel sensor Spyder5. Dan tutup dengan baik agar sensor tidak terkena debu.

Perubahan setting monitor dilakukan secara otomatis. Tampilan terakhir akan diberikan sampel foto dan kita dapat melihat perubahan foto sebelum dan sesudah di monitor dikalibrasi.

Dan meng-click Switch. Foto pada sampel software Spyder5 akan memperlihatkan contoh foto sebelum (uncalibrate) dan sesudah monitor di kalibrasi.

Bila kita melihat contoh gambar antara sebelum dan sesudah di kalibrasi. Kita dapat mengetahui bahwa monitor yang dipakai selama ini mungkin tidak menampilkan warna yang benar.



Walau Sypder5 Express diperuntukan bagi kalangan amatir. Proses akhir dengan perbandingan foto yang ditampilkan dapat menjelaskan seluruhnya kepada kita, mungkin monitor yang kita pakai selama ini memang salah.

Bila anda biasa mengunakan aplikasi Lightroom atau Photoshop. Dapat dibandingkan perbedaan foto yang ditampilan di monitor baik sebelum dan sesudah di kalibrasi.

Setup kalibrasi monitor Spyder5 Elite

Melakukan kalibrasi dengan Spyder5 Elite untuk tingkat Pro yang fleksibel.

Beberapa opsi dapat dijadikan pilihan, seperti sistem Assistant dengan langkah per langkah untuk memudahkan pengerjaan setting monitor. Studio Match, untuk multi monitor mendekati warna yang sama, dan Expert mode untuk kontrol satu monitor keseluruhan.



Pada kalibrasi setting Spyder5 Elite. Memiliki beberapa opsi lain. Seperti setting standar untuk kalibrasi ulang, memeriksa akurasi, dan kalibrasi secara penuh.

Disini perbedaan fitur software Spyder5 Elite vs Spyder5 Expert. Memiliki tambahan opsi untuk setting Gamma, White Point dan Brightness sesuai keinginan anda.

Ada 3 opsi dari Calibration Setting. Recal untuk mengkalibrasi ulang monitor. CheckCal untuk melihat akurasi setting monitor. FullCall untuk mengkalibrasi dari awal

Pada gambar dibawah, setting ini tidak dimiliki oleh Spyder5 Express.



Di bagian Expert, melanjutkan setting diatas. Kita dapat mengatur setting Room Light Compensation. Efek cahaya ruangan ikut diperhitungkan, fitur software Spyder5 Elite salah satu yang membedakan dengan model Spyder5 Express. Cahaya lampu di ruangan dapat terditeksi oleh sensor Spyder5

\

Dibawah ini opsi Room Light. Bila kita memerlukan akurasi lebih tinggi atas dampak cahaya ruangan ke monitor.



Satu fitur lain dari Spyder5 Elite dapat mengatur secara tepat brightness di monitor. Kita dapat mengatur tingkat Brightness yang di inginkan, dan sensor Spyder5 akan membandingkan apakah cahaya dari monitor sudah tepat seperti yang kita inginkan.

Setting Contrast disini kadang harus dilakukan berulang. Sesuai target Contrast yang dibutuhkan seperti 90cm/m2 dibawah ini sudah tepat sesuai ukuran dari Syper5 Elite. Selesai di set, Spyder5 Elite software akan mengukur kembali seluruh warna yang ditampilkan di monitor





Spyder5 Elite dapat menampilkan gambar custom untuk melihat perubahan kalibrasi monitor. Dan tambahan pengaturan White Point, Gamma dan Brightness, fitur ini tidak ada di versi Spyder5 Express.



Ini bagian paling penting dan menarik. Kita dapat membandingkan sejauh kemampuan monitor kita menampilkan warna yang tepat. Ini penting untuk kalangan profesional agar tampilan warna sesuai dengan tingkat kalibrasi yang mereka inginkan.




Selanjutnya hasil test dengan Spyder5 Express