Android memiliki aplikasi untuk melihat gambar dan  foto. Seperti daftar foto, folder foto album, baik dari foto camera, download foto, foto dari aplikasi chatting dan lainnya.

Beberapa penguna smartphone Android sudah cukup dengan galeri foto ada dari bawaan smartphone.

Setiap foto ditampilkan dalam aplikasi galeri foto. Kadang beberapa foto resolusi tinggi, misalnya foto resolusi tinggi yang di download dari Google Photo, atau file yang copy dari computer ke smartphone belum tentu di baca.

Dan folder foto atau gambar kadang tidak terditeksi dan tidak ditampilkan. Foto di Android tampil kosong baik di folder album foto atau di nama file foto, karena foto dianggap terlalu besar oleh aplikasi.

Misalnya mendapat kiriman file JPG tapi ukuran file lebih besar, mencapai 3-4MB, dengan resolusi gambar 16Mpix atau 20Mpix. Foto seperti ini belum tentu ditampilkan oleh aplikasi galeri biasa.

Beberapa orang mungkin memilih aplikasi galeri foto tambahan dengan fungsi yang sama hanya saja lebih mudah digunakan. Contoh satu apikasi galeri foto dapat menampilkan semua file gambar dan foto.

Beberapa aplikasi galeri foto untuk melihat foto di smartphone. Bisa di pilih di antara aplikasi ini, dan terlihat lebih memudahkan dibanding mengunakan aplikasi galeri foto Android asli.

Dari beberapa aplikais galeri yang dicoba, aplikasi dibawah ini terlihat sangat baik dan mampu membaca foto resolusi tinggi serta membaca folder foto di storage smartphone.


A+ Gallery Photos Videos

Disingkat A+ Gallery, mengunakan gaya seperti tampilan di iPhone. Foto dapat di kecilkan (Crop), dikelompokan dalam waktu pengambilan, memiliki album dan sinkronisasi ke layanan storage Dropbox dan Amazon Cloud, atau media sosial Facebook.

Pengembang aplikasi A+ Gallery mengatakan mereka membuat aplikasi tersebut lebih baik dari galeri foto di iPhone.

Fitur utama adalah melihat foto resolusi tinggi ikut terbaca dan ditampillkan juga oleh A+ Gallery

Fungsi lain seperti copy foto, move foto, edit foto, set wallpaper, membuat folder album foto, sampai menyembunyikan foto (Hide Album) serta melihat file foto dari memory card.

Tampilan aplikasi seperti gambar dibawah ini

A+ Gallery Photos Videos

Fitur tambahan untuk sinkronisasi ke layanan media sosial dan cloud

Aplikasi ini dapat di download via Google Play A+ Gallery Photos & Videos

Ukuran aplikasi sama untuk OS Android 2,2MB, minimum OS 4.0.3+.


QuickPic Gallery

Aplikasi QuickPic Gallery paling populer, dengan nilai sangat baik diatas 4+. Fitur aplikasi lebih banyak opsi untuk layanan media sosial dan penyimpan foto. Termasuk layanan Picasa, Google Drive, Dropbox, Flickr, OneDrive, Box, Amazon, Yandex, 500px, OwnCloud, Samba

Dapat membagi grup foto berdasarkan waktu dan lokasi, memiliki sistem proteksi foto dengan password, dapat meng crop foto di Android, tranfer file antar OS Android mengunakan WIFI.

Dibawah ini tambahan fitur QuickPic untuk crop foto

Fitur lain seperti membuat folder, moment, link , upload ke cloud storage, tranfer WIFI, Bluetooth.

Catatan pemilik QuickPic yang baru adalah perusahaan Cheetah Mobile. Perusahaan ini kadang mengambil data penguna dan mengirim ke server mereka. Salah satu bukti dari penguna di GooglePlus menemukan permintaan DNS baru dari aplikasi.

Aplikasi ini dapat di download via Google Play QuickPic

Membutuhkan OS Android 2,3+, mendapatkan nilai sangat baik 4+

Tertarik yang mana, silakan dicoba dan bandingkan dengan aplikasi Galerry Photo yang sudah ada. Kedua aplikasi diberikan gratis di Google Play.