Aplikasi ShutApp - Real Battery Saver adalah apikasi untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan. Bukan saja menghentikan, tapi mematikan total seluruh sistem aplikasi yang bekerja di background. Ketika aplikasi dibuka di OS Android seperti perangkat smartphone dan tablet. Setelah aplikasi ditutup, kita mengira aplikasi sudah tidak berjalan.

Tidak demikian, contoh paling menarik pada aplikasi Chatting. Ketika aplikasi di tutup, tentu ada sistem aplikasi di belakang dan terus berjalan.

Mengapa, karena aplikasi akan terus menghubungkan ke server dan membaca bila ada pesan dari rekan lain. Disini aplikasi tetap bekerja diam diam, terus mengunakan bandwidth internet, proses dari processor, terakhir tentu saja baterai.

Widget berita. Bila kita mengunakan aplikasi khusus untuk membaca berita. Selesai membaca, aplikasi kita tutup, seakan menutup dan tidak bekerja.

Aplikasi berita sebenarnya tetap jalan, mungkin dalam jedah beberapa waktu, dan mengambil data seperti berita terbaru. Padahal kita baru membaca lagi ke esokan hari. Yang dipakai lagi lagi koneksi internet, proses dan tentu kembali baterai.

Intinya setiap aplikasi di sistem Android. Ada saja yang melakukan update setiap waktu. Kapan ?, kita tidak mengetahui. Sebesar apa ?, juga sulit di monitor.

Karena aplikasi yang ditutup bukan berarti berhenti bekerja, tapi ada yang berjalan di belakang tanpa kita ketahui.

Dan masih banyak aplikasi yang kita tidak tahu, masih saja beroperasi. ShutApp ini menghentikan seluruh aplikasi yang tidak kita butuhkan lagi.

Kita sering mengunakan komunikasi seperti email atau chatting. Seandainya di sore hari, kita tidak memerlukan komunikasi lagi, atau biasanya tidak ada yang penting dengan email. Kita bisa mematikan aplikasi tersebut. Ke esokan pagi baru dibuka seperti biasa

Intinya ShutApp dapat menghentikan total aplikasi di smartphone yang berjalan di backgruound, sekali tekan seluruh aplikasi yang tidak ada di daftar WhiteList akan dihentikan total

Tujuannya untuk menghemat bandwidth internet, dan tidak membebani beban baterai seharian.

Tampilan Shutapp

Setelah mendownload aplikasi Shutapp, buka aplikasi dan terdapat tombol Shut. Informasi lain seperti berapa banyak aplikasi yang masih bekerja di smartphone dapat terlihat. Pada contoh dibawah ini masih ada 42 aplikasi yang berjalan atau kondisi stand-by mode.

Tekan Shut, dan tunggu beberapa saat. Aplikasi yang berjalan akan shut down satu persatu.

Shutapp Real Battery Saver matikan aplikasi secara total di backgroung

Bagaimana bila kita ingin mematikan aplikasi, tapi menyisakan beberapa aplikasi. Misalnya aplikasi Chatting mungkin masih diperlukan bagi kita.

Terdapat opsi dengan Whitelist. Masukan nama aplikasi yang tetap dibutuhkan agar tidak ikut di shut down oleh Shutapp.

Untuk mengetahui apakah ada yang berjalan secara background. ShutApp menyediakan tambahan Magic Ball, bila diaktifkan maka layar smartphone akan terdapat bola kecil yang menunjukan angka. Angka tersebut adalah aplikasi atau beberapa aplikasi yang masih aktif bekerja.

Shutapp Real 
Battery Saver memberikan opsi Whitelist agar tidak semua aplikasi di off

Fungsi ShutApp

Aplikasi ShutApp - Real Battery Saver, dapat menghentikan aplikasi di Android secara total yang bekerja diam diam.

Baik aplikasi biasa yang sudah ditutup, sampai aplikasi yang bekerja background dapat dihentikan Fungsinya agar tidak memakan kuota internet karena aplikasi masih bekerja walau kita tidak membutuhkan lagi. Dan menghemat baterai karena tidak ada proses aplikasi yang kita tidak perlukan.

Tentu menarik, bila ada aplikasi yang mengakses internet secara berkala. Padahal aplikasi tersebut tidak lagi kita butuhkan pada waktu tertentu. Lebih baik di Shut Down total untuk menghindari pemakaian kuota internet.

Aplikasi ini sangat berguna bila kita mengunakan banyak layanan seperti chatting, email, aplikasi berita dan lainnya. Dan berhubungan dengan internet, seperti mengupdate pesan, mengupdate berita atau hal lain. Dengan mematikan secara total sistem aplikasi yang ada di smartphone.

Bagian paling penting pada koneksi internet. Seperti pagi sampai sore, masih diperlukan aplikasi 3 atau 4 aplikasi chatting untuk rekan atau teman kerja, dan membaca email akan terus aktif menghubungkan ke server mereka

Di sore hari mungkin kita hanya membutuhkan satu aplikasi chatting penting untuk berkomunikasi dengan orang tua atau keluarga. Sisa aplikasi lain dapat dimantikan total untuk sementara waktu dengan ShutApp, dan meninggalkan satu aplikasi yang kita butuhkan untuk hal hal pribadi

Note. Bila smartphone menjadi lambat atau terganggu. Aplikasi dapat di un-install kembali.

Aplikasi ShutApp Real Battery Saver dibuat oleh YirgaLab, diberikan gratis di Google Play.  Kecuali tambahan Item.. Membutuhkan OS Android 4.1+