Ada sebuah software pintar yang dapat di install pada smartphone Android.

Battery Full Notification

Disebut Battery Full Notification dan dapat di download via Google Play

File aplikasi Battery Full Notification hanya 46KB. Sangat kecil dan dapat bekerja dari OS Android 2.1 keatas.

Bahkan aplikasi Battery Full Notification tidak memerlukan permintaan apapun, gratis dan tidak memerlukan ijin apapun ketika di install. Jadi benar benar aplikasi khusus untuk peringatan baterai perangkat Android.




Fitur dari aplikasi Battery Full Notification, dapat di set On dan Off. Dapat memilih suara peringatan sendiri, memberikan suara getaran di smartphone dan pesan text.


Aplikasi memberi peringatan baterai Full Charger

Disini yang menarik. Mungkin saja kita mengisi baterai smartphone dan meninggalkan smartphone di meja. Dan lupa bila smartphone kita sudah memberikan tanda bahwa baterai sudah terisi sesuai keinginan kita.

Dari setting Battery Full Notification dapat diatur, jedah waktu peringatan misalnya 1 menit atau 5 menit. Peringatan dapat diulang dan dapat di set berkali kali sampai kita sempat mendengar. Kapasitas baterai ketika di charger dapat diatur misalnya sampai baterai Full mulai memberi tanda peringatan, atau mencapai kapasitas baterai 90% lalu memberi peringatan kepada pemilik smartphone

Pengaturan suara ketika baterai full charger

Setting peringatan baterai Full Charge




Battery Charge Limit

Satu lagi aplikasi Android dengan Battery Charge Limit
Yang ini berbeda, dengan peringatan ketika baterai sudah mencapai kapasitas tertentu serta memperlambat pengisian baterai smartphone pada kapasitas yang ditentukan.

Kinerja Battery Charge Limit Android lebih baik, tetapi dapat mengkontrol sistem hardware pengisian baterai di smartphone bila fitur digunakan untuk smartphone versi Root.

Untuk fungsi standar dengan smartphone biasa sama saja, hanya untuk peringatan bila baterai sudah mencapai kapasitas tertentu.



Keterangan Battery Charge Limit

Kesimpulan
Sekarang pekerjaan paling rajin dilakukan di seluruh dunia adalah mengisi baterai smartphone. Pekerjaan tambahan setelah pemakaian semartphone lewat dari satu tahun, adalah membeli baterai cadangan atau menganti baterai smartphone baru.

Semakin sering kita mengisi baterai sampai Full Charger, berjalan dengan waktu maka pekerjaan mengisi baterai smartphone akan semakin sering dilakukan. Karena setelah 6 bulan atau 1 tahun, kapasitas baterai smartphone lebih cepat drop. Kebiasaan dari ketika kita mengisi baterai selalu Full Charger dan membiarkan smartphone terus terhubung ke charger walau kapasitas baterai sudah Full.

Kebiasaan seperti ini yang mempercepat usia baterai smartphone. Meninggalkan smartphone untuk terus terisi baterai oleh charger atau power USB. Atau selalu mengisi Full. Padahal manfaat ketika baterai berisi Full tidak jauh berbeda bila kita mengisi sampai 90% saja.

Dengan aplikasi sederhana Battery Full Notification, kita dapat mengisi baterai sampai 80% atau paling tinggi 90%. Aplikasi dapat memberi tanda tahu dengan suara, getaran dan nada berulang dalam durasi waktu tertentu. Memberitahu kepada kita bahwa status kapasitas baterai sudah mencapai kapasitas yang kita inginkan. Dan secepatnya melepas kabel charger agar baterai dapat digunakan lebih lama.

Kekurangan pada aplikasi ini, tidak memiliki fitur otomatis untuk mematikan charger bila kita lupa mencabut atau tidak mendengar peringatan dari software Battery Full Notification.

Bila penguna smartphone tidak terlalu memperhatikan peringatan dengan aplikasi tersebut. Dapat memanfaatkan aplikasi Android Battery Charge Limit (untuk Root Smartphone). Aplikasi tersebut dapat menahan laju pengisian baterai sesuai kebutuhan.