Link2SD adalah aplikasi memindahkan sebagian aplikasi Android dari Internal memory ke microSD.

Umumnya smartphone dengan memory internal kecil, akan memindahkan sebagian aplikasi ke microSD. Tetapi tidak semua aplikasi mau dipindah.

Aplikasi buatan Google kemungkinan besar tidak dapat dipindah dari internal memory Android ke microSD. Tentu ada alasannya, karena sebagai sistem keamanan mereka dan memprioritaskan aplikasi bekerja lebih cepat sehingga tetap berada di internal memory.

Pengembang software juga ikut ikutan memasukan aplikasi ke internal memory. Ada beberapa aplikasi tidak mau di pindah walau menguna AppMgr dengan alasan agar aplikasi mereka bisa berjalan lebih cepat.

Untuk memindahkan aplikasi dari internal memory ke microSD sebenanrya sudah disediakan di OS Android sendiri. Bisa dilihat dibagian Setting, lalu App dan click aplikasi. Nantinya ada bagian keterangan di bagian App Info, dan terdapat tombol Move to SD.

Untuk memindahkan aplikasi dari internal memory ke microSD Dapat mengunakan setting dibawah ini
  • Masuk ke Setting Android dan pilih Apps
  • Lihat di bagian Downloaded
  • Coba click aplikasi yang jarang digunakan, dan lihat apakah ada icon Move to SD Card

Link2SD memindahkan aplikasi dari internal memory ke microSD dengan Setting Android

Lihat pada gambar kanan panah, bagian Move to SDcard tidak dapat di nonaktifkan. Artinya aplikasi tersebut seperti aplikasi Antivirus tidak mengijinkan penguna memindahkan ke microSD.
Beberapa aplikasi juga tidak boleh dipindah ke microSD. Seperti aplikasi Google seperti Youtube, Gmail dan lainnya serta aplikasi yang diberikan pada smartphone.
Bila aplikasi tersebut dipindah, kadang aplikasi akan Crash atau gagal dibuka.

Masalahnya tidak semua aplikasi mau dipindah, walau sebenarnya aplikasi tersebut jarang dipakai dan memenuhi internal memory smartphone Android.

Manfaat Link2SD

  • Memindahkan sebagian aplikasi Android yang tidak mau dipindah dari setting Android ke microSD storage
  • Memberikan ruang kosong lebih besar di Internal Memory untuk digunakan sebagai Temporary aplikasi.
  • Mempercepat kinerja OS Android bila internal memory tersedia lebih besar.

Sebagai contoh manfaat Link2SD seperti data dibawah ini. Sebuah smartphone memiliki microSD 16GB, tapi internal memory hanya 1GB dan tersisa 201 MB saja. Dalam kondisi seperti ini, smartphone akan bekerja semakin lambat. Bahkan tidak bisa ditambahkan aplikasi lain yang membutuhkan space besar.
Sedangkan storage di microSD masih tersisa 14 GB dan praktis tidak dimanfaatkan oleh aplikasi.

Link2SD memindahkan aplikasi ke microSD

Dengan Link2SD. Beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindah oleh aplikasi lain masih dapat dipindah ke microSD. Walau tidak semua aplikasi seluruhnya dipindah, dan menyisakan beberapa bagian utama.

Contoh pada gambar dibawah ini, aplikasi Gaia GPS untuk tracker dan logger GPS. Aplikasi ini hanya bekerja di internal memory smartphone. Mungkin kita tidak mengunakaan aplikasi tersebut setiap hari, mungkin satu bulan sekali ketika berjalan jalan dan mengaktifkan aplikasi GPS tersebut.

Sebagian aplikasi dari GPS seperti ini masih dapat dipindah ke microSD, dan meninggalkan sebagain program tetap berada di internal memory smartphone.

Link2SD memindahkan aplikasi ke microSD

Aplikasi lain sebagai contoh. Gojek APK memerlukan storage untuk aplikasi utama saja 16MB, dan total memerlukan 32MB di internal memory
Dengan Link2SD, sebagian aplikasi Gojek dapat dipindah ke microSD. Sekitar 21MB akan berada di microSD, sedangkan aplikasi utama sebesar 11MB tetap berada di internal memory smartphone.

Memory internal smartphone dapat bertambah space kosong sekitar 21MB, dan dapat dimanfaatkan oleh aplikasi lain atau sebagai cache dan temporary file.

Link2SD memindahkan aplikasi ke microSD

Aplikasi lain yang dapat dipindah seperti contoh dibawah.

  • Antivirus dari Kasversky, dapat memindahkan sebagian data microSD sebesar 2,3MB
  • Software edit foto dari Lightroom di smartphone membutuhkan space 40MB, tapi sebagian dapat dipindah dengan Link2SD. Tersisa mengunakan internal memory 3,8MB, dan 36MB akan disimpan di microSD.
  • Droid Over WIFI, mungkin jarang dipakai. Berguna untuk mentranfer data dari smartphone ke smartphone atau smartphone ke computer. Aplikasi ini harus berjalan di internal memory, tapi sebagian data dari total 2,41MB dapat dipindah ke microSD sampai 1MB.

Link2SD memindahkan aplikasi ke microSD

Berapa banyak internal storage dapat di hemat.

Tergantung dari aplikasi yang di install pada smartphone. Pada test dengan smartphone yang memiliki internal memory 1GB saja. Sisa space 210MB dapat ditingkatkan mencapai 311MB untuk space kosong di internal memory.

Link2SD memindahkan aplikasi ke microSD

Menghemat 100MB terlihat tidak banyak. Tapi di smartphone dengan internal memory 1GB, sisa 200MB space kosong dapat membuat smartphone bekerja semakin lambat.

Tahap memindahkan aplikasi dengan Link2SD
Gunakan App Manager dari Android, untuk memindahkan aplikasi ke microSD.
Bila aplikasi tidak dapat dipindah dengan App Manager. Baru gunakan Link2SD.
Jangan seluruh aplikasi dipindah, coba satu aplikasi dahulu, dan lihat apakah aplikasi bekerja normal. Bila tidak mengalami masalah berarti aplikasi tersebut memang dapat berjalan dari microSD.
Bagaimana bila aplikasi yang dipindah ke microSD ternyata tidak bisa berjalan dengan baik, Crash dan lainnya. Anda harus mengembalikan aplikasi tersebut dengan Link2SD dari microSD ke internal memory kembali.

Ketahui manfaat dan kendala dengan Link2SD

  • Bila smartphone telah memindahkan sebagian besar aplikasi dari internal memory ke microSD. Jangan melepas microSD dari slot smartphone, karena disana sudah ada aplikasi yang dipindah oleh Link2SD.
  • Aplikasi ini berguna bagi mereka yang membutuhkan internal memory lebih besar, dan smartphone sudah dipasang microSD sebagai storage tambahan.
  • Aplikasi yang jarang digunakan dapat dipindah ke microSD agar tidak membuat sesak ruang di internal memory.
  • Tidak semua aplikasi dapat dipindah, khususnya aplikasi resmi dari Google Android.
  • Disarankan bagi mereka yang mengunakan smartphone dengan internal memory terbatas dan memiliki tambahan slot microSD
  • Bila aplikasi sering Crash... Close App... artinya aplikasi tersebut membutuhkan kecepatan memory di smartphone. Aplikasi tersebut harus kembali ditempatkan ke internal memory, karena microSD tidak mampu mentranfer kecepatan yang cukup.
Aplikasi Link2SD adalah salah satu contoh aplikasi Android untuk memindahkan sebagian data dari internal memory ke microSD slot. Ada beberapa aplikasi sejenis, dapat dilihat di Google Play

Aplikasi Link2SD tersedia di Google Play termasuk versi berbayar