Remote Desktop software computer dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan computer lain. Kita dapat me-remote computer di tempat lain, seperti memindahkan keyboard, mouse dan monitor dari computer berbeda.

Sebagai contoh, satu computer ditempatkan di kantor, atau di rumah. Dan ingin mengambil data dari computer disana, sementara anda berbeda diluar misalnya membawa notebook. Tentu tidak repot mengambil data file yang tertinggal di computer lain.
Atau ingin meremote computer di rumah dapat dibantu dengan software Remote Desktop.

Beberapa manfaat Remote Desktop Computer / RDP

  • Dengan remote desktop. Maka file di computer lain dapat diambil melalui jaringan internet.
  • Memiliki sebuah computer mini, berukuran kecil dan hemat power sebagai computer storage data, mini server, download file. Dan ditempatkan di ruang terpisah dapat di remote dari computer berbeda.
  • Sementara anda berada di ruangan berbeda, dengan mengunakan sebuah notebook. Dengan remote desktop, tidak perlu pergi untuk mengatur computer di ruang lain.  Computer di remote dari tempat anda melalui jaringan LAN.
  • Atau anda sedang di luar kota, sementara computer kecil di rumah bekerja selama 24 jam. Kegiatan di computer dapat dilihat dari tempat lain
  • Atau hal lucu lain. Anda memiliki sebuah notebook tua yang tidak terpakai. Mungkin dapat dimanfaatkan walau layar notebook rusak / mati tapi sistem hardware masih tetap bekerja dengan baik. Misalnya sebagai server sementara dan dikendalikan dengan Remote Desktop seperti memindahkan layar notebook ke computer / notebook lain.

Google memiliki layanan Chrome Remote Desktop yang di install di computer dan tablet. Sebuah computer dapat di remote mengunakan computer atau smartphone. Fitur Google Chrome Remote Desktop sangat mudah digunakan, tapi agak rumit untuk otorisasi.

Mungkin tidak semua orang mengerti dengan setting Google Chrome Remote Desktop. Karena Google menekankan sisi keamanan.

Kedua sofware yang dibahas dibawah ini lebih sederhana.

  • Supremo - dibuat oleh perusahaan Italia. Pengunaan sangat mudah, dapat digunakan untuk koneksi LAN dan internet. Supremo dapat menghubungkan computer ke computer lain, selama kedua computer memiliki koneksi internet.
  • UltraVNC -  ditujukan untuk pemakaian LAN. Mampu menampilkan layar computer yang di remote lebih cepat dan memiliki fitur idle ketika koneksi tidak digunakan. UltraVNC lebih tepat untuk remote computer di jaringan LAN.
Kedua software Remote Desktop dapat di download Free. Kecuali Supremo Business bila digunakan untuk bisnis, sedangkan pemakaian personal tetap gratis.


Supremo

Setting Supremo, hanya perlu mendownload aplikasi www.supremocontrol.com. Ukuran file kecil

Aktifkan kedua software di masing masing computer. Setiap computer yang menjalankan Supremo, akan mendapat satu nomor dan password secara acak dari server Supremo. Nomor tersebut adalah nomor ID dari setiap computer, ditambah password yang diberikan dengan 4 digit nomor acak.

Nantinya setiap computer dapat terhubung untuk remote dan server, mengunakan nomor ID. Selama computer mengaktifkan software Supremo. Computer dapat di remote dengan nomor ID dan Password yang diberikan.
Bila aplikasi selesai dipakai dan di Exit, lalu kembali di aktifkan. Supremo akan memberikan nomor ID dan Password baru. Jadi setiap tidak memiliki nomor ID tetap.

Pengunaan Supremo.
Buka aplikasi Supremo di kedua computer yang akan dihubungkan. Seperti gambar dibawah ini diberikan nomor ID 054799799. Catat nomor tersebut beserta password yang diberikan.

Gambar dibawah ini, computer akan dijadikan server untuk di kendalikan oleh computer lain.



Pindah ke computer lain yang bertugas untuk me-remote computer lain

Pada kolom kosong, masukan angka nomor ID 054799799 (nomor ID computer yang akan di remote / diatas). Click Connect, akan diminta memasukan password. Setelah itu kedua computer sudah terhubung.



Sistem kerja Supremo sangat sederhana. Software Supremo tidak di install ke computer. Dari sisi kemudahan software Supremo sangat memudahkan.

Dibawah ini fungsi internal Supremo, seperti mentranfer file dari kedua computer.



Dibawah ini cara setting mengendalikan 2 computer dengan Supremo. Dibagian kiri adalah setting computer yang mengendalikan computer lain disebelahnya, kanan adalah setting dari computer yang dikendalikan sebagai computer server.


Manfaat Supremo

Kelebihan dengan Supremo
  • Sederhana
  • Tidak perlu di install, cukup menjalankan aplikasi.
  • Setting antara server dan remote computer sangat mudah. Hanya nomor ID dan Password yang diberikan ke masing masing computer
  • Dapat menghubungkan computer dimana saja, baik LAN maupun jaringan internet.
  • Lebih tepat digunakan pemakaian sederhana, dan memerlukan bantuan orang lain untuk mengirim nomor ID dan password kepada pihak lain.
  • Gratis / Free

Kekurangan
  • Karena aplikasi ini membutuhkan koneksi internet, kadang aplikasi terlihat lambat menampilkan layar computer yang di remote.
  • Tidak cocok untuk remote desktop permanen, karena aplikasi aktif memberikan nomor ID baru. Bila dimasukan ke Start program, tetap dibutuhkan bantuan orang lain untuk mengirim nomor ID dan password baru. Pilihan terbaik untuk remote desktop melalui jaringan internet permanen adalah Google Chrome Desktop
  • Faktor keamanan, karena Supremo perusahaan publik resmi layanan Google.
Halaman selanjutnya Ultra VNC, lebih tepat untuk remote computer di jaringan internal.