Bluestacks adalah software emulator Android dan bekerja di Windows 7+. Aplikasi Bluestacks dapat di install ke computer seperti mengistall software.

Setelah di install, akan tampil layar OS Android sama seperti tampilan yang bekerja di smartphone atau tablet. Layaknya smartphone Android bekerja di PC computer atau notebook dan menjalankan aplikasi Chatting sampai Game Android di PC.

Kata sederhananya, ada OS Android di computer anda.

Setelah di install dan aplikasi di register. Kita tinggal mengambil aplikasi yang ada di Google Play sama seperti menginstall aplikasi dari smartphone / tablet. Bedanya yang kita kerjakan ada di computer atau notebook.

Versi resmi Bluestacks dapat di download dari Bluestacks.com.

Install Bluestacks Online

Atau mencari versi yang sudah jadi sepeti  file BlueStacks_Rooted_Mod.0.10.0.4321 exe. Yang tinggal di install ke computer dengan ukuran 270MB

Kebutuhan hardware dan software di computer untuk Bluestacks

Windows 7 , Windows 8, Vista SP2
Diperlukan Administrator pertama Install
Minimum 2GB RAM
Space storage maksimum 4GB, tergantung berapa banyak aplikasi yang akan di install

Windows XP 32 bit
Diperlukan Administrator pertama Install
Minimum 2GB RAM
Sudah di install Windows Installer 4,5
Sudah di install Microsof Framework 2.0 SP2

Apa saja yang dapat di install di Bluestacks

Fiturnya sama seperti aplikasi yang dapat di install di smartphone.
Untuk aplikasi chatting yang dapat di install di Bluestacks seperti Whatsapp, Kik, BBM, Viber, Line, Wechat.
Aplikasi foto dari Instagram, Snap, serta aplikasi Tinder. Dan aplikasi media sosial Facebook
Atau aplikasi game sangat mungkin di install di computer Windows dengan Bluestacks.

Aplikasi yang bekerja dengan Bluestacks


Setelah di install seperti OS Android biasa. Akan diminta akun untuk registrasi. Dapat mendaftar account baru atau mengunakan account di Google Android yang terdaftar

Bluetstacks add Google Account

Bila sudah memiliki account Google. Bisa di masukan nama email dan password.

Sign In Bluestacks

Menu di Bluestacks

Pertama kali tampilan Bluestacks menampilkan 2 menu. Satu UI Apex Launcher dan satu lagi khusus untuk menu GamePop.

Tampilan laya Bluestacks dengan APEX Launche atau Gamepop

Menu Apex Launcher di Bluestacks. Seperti tampilan di layar smartphone Android, tapi yang ini tampilan di Windows 7. Terlihat tuliasn kiri atas dan icon minimized di kanan atas adalah tampilan OS Windows.

Tampilan theme depan Bluestacks

Gambar bawah menampilkan informasi emulator Android dari Bluestacks.  Tampilan yang sama seperti OS Android, termasuk menu Apps, setting Account dan lainnya.

Menu Setting Bluestacks

Di computer dengan Bluestacks, ada aplikasi Google Play. Fungsinya sama saja seperti fitur di Smartphone dan Tablet Android. Untuk mencari aplikasi Android dan menginstall ke Bluestacks di Windows 7.

Install aplikasi dari Google Play dengan Bluestacks

Setelah di install seperti aplikasi Chatting. Dari Windows 7 dapat Chatting ke penguna lain. Misalnya di instal aplikasi Whatsapp, Gooogle Messenger, Line dan lainnya.

Dengan Bluetstacks emulator Android, kita bisa ngobrol dengan rekan lain. Bedanya tentu tidak mengunakan dari smartphone tapi Android di Windows 7+ atau versi lebih tinggi. Dan koneksi ke internet tidak  mengunakan WIFI. Melainkan mengunakan network computer seperti ethernet dan WIFI dari computer.

Test aplikasi untuk Chatting

Manfaat Bluestacks

Apa yang dapat dimanfaatkan dengan Bluestacks sebagai emulator Android. Lalu di install ke computer Windows. Apakah perlu software Bluestacks di install ke computer walau sudah memiliki smartphone. Dibawah ini beberapa ide memanfaatkan Bluestacks.

Anda bisa chatting dari computer langsung ke penguna Android lain
Dengan fitur penuh seperti aplikasi yang di install di Android. Misalnya menginstall aplikasi Chatting, Facebook, Instagram. Whatsapp misalnya sebagai chatting dapat bekerja di computer. Aplikasi akan aktif  tanpa harus mengaktifkan smartphone. Berbeda dengan Whatsapp Web Base dapat chatting dari browser computer, tetapi harus mengaktifkan Whatsapp di smartphone. Bila jaringan terputus misalnya smartphone sleep, maka Whatsapp di smartphone ikut sleep dan Whatsapp di browser akan terputus. Dengan Bluestacks, Whatsapp akan terus aktif selama computer terhubung ke internet dan computer tetap dinyalakan. Tetapi anda perlu membuat 2 akun Whatsapp berbeda. Satu untuk Bluestack di computer dan Whatsapp di smartphone

Install game Android di computer dengan Bluestacks.
Bila memiliki smartphone atau tablet Android yang tidak mampu lagi menjalankan game. Ini satu solusi agar game Android dapat dinikmati. Tinggal mendownload game di Google Play dan di install ke Bluestacks di computer. Kedua tampilan layar smartphone dan tablet berukuran kecil. Di computer aplikasi Bluestacks akan menampilkan ambar game penuh satu layar monitor. Misalnya di computer dengan monitor 24 inci yang terinstall Bluestacks di install game Android, tampilannya dapat dibuat maksimal seperti aplikasi di computer. Fitur ini berguna bagi anak anak yang suka bermain game Android, dimana gangguan mata karena terlalu lama melihat layar tablet yang dapat dikurangi. Dengan game di Bluestacks layar menjadi lebih besar seperti bermain game di PC.

Aplikasi berbeda antara penguna.
Bila memiliki computer dan smartphone. Keluarga tidak perlu rebutan mengunakan satu perangkat. Misalnya ayah ingin chatting sementara sang anak ingin main game di smartphone ayah. Dibanding rebutan, dapat menginstall di PC terpisah. Sementara aplikasi chatting tetap ada di smartphone milik ayah. Dan sang anak dapat bermain game di notebook ayahnya. Smartphone tidak perlu di install game yang aneh aneh, biarkan aplikasi game Android di install ke computer dengan layar lebih besar.

Tidak punya smartphone Android tapi memiliki computer.
Dapat dijadikan sarana belajar. Anda bisa menikmati fitur Android di computer. Seperti memiliki smartphone dan melakuka chatting dari BBM, WeChat, dan lainnya. Atau anda hanya memiliki iPhone, tapi belum tertarik banyak dengan smartphone Android. Setidaknya dapat mempelajari OS Android di computer terlebih dahulu. Dengan Bluestacks menjadi langkah awal untuk mengenal OS Android.

Nonton TV di Android tapi dari PC
Aplikasi untuk Andoid seperti nonton siaran TV dalam dan luar negeri dapat dijalankan di Windows dengan Bluestack.

Memanfaatkan notebook atau PC lama
Bila notebook atau computer sudah usang. Bisa di install Bluestacks, sekedar memeriksa email, browsing atau hal sederhana lain. Atau di install dengan OS Windows dari storage USB Flashdrive

Dibawah ini tampilan Bluestacks dengan beberapa aplikasi dan bekerja di OS Windows 7

Video dibawah ini tampilan Bluestacks 1 versi Mode



Video dibawah ini tampilan Android Bluetacks 2 terbaru. Dirilis bulan Desember 2015