Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3  sebuah  memory card, disiapkan untuk menyimpan video 4K dari camera resolusi tingi.

Memory ini masih mengunakan teknologi MLC yang lebih handal dibanding TLC. Untuk artikel ini bukan sebagai review benchmark, tapi menjelaskan apa yang dapat dimanfaatkan dari kecepatan memory card dengan camera. Dengan kecepatan tranfer memory lebih tinggi, rekaman video tidak akan terganggu oleh kecepatan tranfer pada SDcard serta kecepatan menyimpan gambar di camera digital menajdi lebih cepat.

Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 memiliki simbol U3, dengan kemampuan merekam hasil video digital dengan kecepatan 30MB/s. Sedangkan spesifikasi maksimum dapat meyimpan file sampai kecepatan maksimum 60MB/s untuk Write. Selain dukungan UHS (ultra high speed) U3 , memiliki Compliant dengan Class 10 serta kompatibel penuh untuk standar SD 3.01

Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 mengunakan format exFAT yang lebih efektif dalam format data, serta fitur ECC untuk menditeksi error memory.

Transcend memberikan software recovery untuk recover file / foto, bila memory card terjadi masalah yang disebabkan penyimpan file di dalam memory card. Software RecoverRX diharapkan dapat mengembalikan file foto terakhir yang ada di dalam memory card untuk dikembalikan lagi. Tentu saja bila memory card mengalami masalah seperti penguna mendadak melepas memory card dari perangkat. Dan menyebabkan corrupt file di dalam memory card.

Seperti paket dibawah ini, tertulis 4K Ultra HD, dan satu keterangan 95MB/s Read dan 60MB/s Write. Keterangan di samping huruf W adalah kecepatan tranfer untuk Write ketika perangkat menyimpan file storaage memory. Kemampuan memory carde terletak pada Write, kaerna kebutuhan penyimpanan file digital secepat mungkin ketika merekam video atau foto.

Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3

Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 back and front SDcard




Spesifikasi Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3

Size: 32mm x 24mm x 2.1mm
Op. Voltage: 2.7V~3.6V
Op. Temperature: -25°C(-13°F) to 85°C(185°F)
Durability: 10,000 insertion/removal cycles
Weight: 2g
Transfer Rate (Max)* Read 95MB/s, Write 60MB/s
*Note Speed may vary due to host hardware, software and usage.
Compatibility: Ideal upgrade for digital cameras and camcorders
Warranty Limited Lifetime Warranty*


Standar SDcard

Sebelum melihat lebih jauh, kita lihat dahulu perkembangan memoy card tipe SD pada tabel dibawah ini.
Teknologi camera digital saat ini sudah menambahkan fitur video recording. Tidak di dominasi peralatan Camcorder, tapi termasuk camera DSLR sampai pocket, serta kemampuan camera smartphone.
Format video paling tinggi adalah format video 4K, walau rata rata perangkat baru mencapai resolusi video Full HD 1080p.
  • Untuk kecepatan recording video sampai format SD, dibutuhkan memory card tipe SDcard Class 2. Angka 2 mewakili kecepatan tranfer 2MB/s
  • Untuk kecepatan recording video sampai format Full HD (1080p) dengan bit rate standar masih dapat dipenuhi sampai Class 6 atau setingkat 6MB/s
  • Agak berbeda bila video direkam dengan bit rate tinggi sampai Full HD. Sebaiknya mengunakan storage tipe Class 10, atau tipe UHS 1
  • Terakhir sampai teknologi video 4K atau setara 4 kali resolusi HD. Sangat disarankan mengunakan standar UHS 3 dengan minimum kecepatan write 30MB/s
Kecepatan memory SD paling umum mengunakan tipe Class 10. Selanjutnya akan disebut dengan SDXC atau UHS (Ultra High Speed).
Seperti simbol U1 menandakan standar 10MB/s yang masih setara kecepatan Class 10, dilanjutkan U3 dengan kecepatan write konstan 30MB/s sebagai standar memory card video 4K

Di kelas SDXC dan UHS, sekarang ditambahkan angkat RW atau Read dan Write yang mewakili kecepatan tranfer memory SD. Untuk perangkat camera baik camera digital dan camcorder. Ada baiknya hanya memperhatikan keterangan angka W atau kecepatan tranfer data untuk Write. Sedangkan angka R lebih bermanfaat untuk Read ketika mentranfer file dari memory SD ke perangkat lain misalnya computer.

Tabel standar memory card tipe SDcar untuk SDXC dan SDHC

Bila seseorang memiliki camera model terbaru, dan merekam resolusi Full HD dengan video High Res. Lalu mengunakan memory card tipe SD dibawah spesifikasi yang dibutuhkan. Hasil rekaman video akan terjadi interupt (gangguan) bila storage kewalahan (kalah cepat) untuk menyimpan file video. Sama halnya seseorang merekam video dari camera 4K, bila memory card lambat menyimpan video berukuran sangat besar tersebut. Maka gambar video yang disimpan terlihat terputus. Disini dapat memanfaatkan kecepatan memory card.

Kendala lain pada camera modifikasi, dimana para antusias camera merubah Firmware camera DSLR. Contoh mengunakan Firmware ke Magic Lantern untuk Canon atau NikonHacker untuk Nikon. Dimana Firmware modifikasi dapat membuat foto atau video tanpa kompresi sampai rekaman video dengan kualitas HQ atau NQ. Sehingga file video yang dihasilkan akan membengkak dari ukuran foto asli yang diberikan Firmware Standar. Mengapa penguna camera mengunakan firmware tidak resmi ersebut. Tujuannya agar video tidak terlalu banyak di kompress ketika disimpan menjadi file sehingga mempertahankan kualitas video termasuk detil video dan foto yang dibuat.

Untuk pengujian , unit yang dicoba adalah tipe Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 64GB sebagai kapasitas paling kecil. Memiliki kapasitas 60GB Formatted.

Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 size format 60GB


Untuk test benchmark, mengunakan 2 software dari CyrstalDiskMark dan SSD Benchmark. Kedua software tersebut untuk melihat kecepatan tranfer memory card Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3. Apakah sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Sebagai pembanding digunakan memory card lain tipe UHS U1 233x

Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 64GB memiliki kecepatan tranfer 60MB/s atau setara 1/2 kecepatan harddisk. Kecuali untuk read, berada di angka 80MB/s. Tetapi kemampuan yang dibutuhkan pada SD card adalah kecepatan Write dan bukan Read. Karena kecepatan tranfer Write digunakan untuk menyimpan file dari camera ke memory card.

Semakin cepat SDcard menyimpan file tentu semakin baik, karena memory card dapat lebih cepat menyiapkan perangkatnya ketika menerima file video atau foto berikutnya.

Test Benchmark Tranfer read dan write transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3
Test Benchmark Tranfer read dan write transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3


Capture benchmark CyrstalDiskMark transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3

Real World

Angka diatas hanyalah angka test, tentu tidak ada artinya bila tidak dapat dimanfaatkan pada perangkat langsung dari camera
Untuk recording 4K dengan kebutuhan tranfer 30MB/s dipastikan sudah dipenuhi oleh Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3. Tentu untuk resolusi lebih rendah seperti HD video tidak akan masalah lagi di memory card ini

Bila tidak memiliki camera dengan fitur video recording 4K dan hanya mengambil foto sekali atau dua kali. Apakah membutuhkan kemampuan memory Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3. Tentu tidak.

Lalu apa lagi yang dapat dimanfaatkan dengan kecepatan memory ini.
Bila anda tertarik mengabadikan foto dengan Burst Mode maka memory seperti Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 dapat memberikan manfaat bagi camera anda. Karena file foto dapat di simpan lebih cepat.

Pengambilan gambar Burst Mode seperti jepretan foto sebanyak mungkin dan secepat mungkin. Maka file foto akan memenuhi buffer memory camera dan foto harus antri untuk dipindahkan ke memory card. Momen seperti ini kadang tidak terjadi bagi sebagian penguna camera.

Tapi ada objek yang membutuhkan kondisi seperti ini, seperti kegiatan olahraga, atau objek yang bergerak cepat. Bila objek foto yang diabadikan sudah berlalu begitu saja sebelum camera selesai memindahkan file foto ke storage memory. Dan kita hanya mengatakan, "Damn lewat sudah" artinya camera harus menunggu file disimpan ke memory card, sementara objek foto yang akan diabadikan sudah datang kembali.

Bila tidak ingin mengalami hal seperti ini, dapat mempertimbangkan kecepatan memory SD performa tinggi seperti Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3

Manfaat Burst Mode camera untuk objek bergerak

Untuk mencoba kecepatan memory ini, dilakukan test dengan camera 16Mpix, dengan ukuran setiap file foto mencapai 14MB RAW. Camera dicoba mengambil foto sebanyak mungkin dengan Burst Mode , setting 1/1600s. Lalu dilihat berapa banyak foto yang diambil oleh camera sampai disimpan ke memory card Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3

Untuk test Burst Mode. Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 dapat mengabadikan urutan foto 16 foto dalam durasi kurang dari 4 detik.
Sebagai contoh, seorang fotographer ingin mengabadikan lintasan sebuah pembalap yang melintas begitu cepat. Atau sebuah pesawat yang terbang melintas dalam hitungan beberapa detik, atau momen sedehana dimana seorang anak yang berlari. Bila fotographer mencoba mengambil objek tersebut secara terus menerus. Dengan camera 16Mpix, maka camera memiliki kesempatan membuat 16 foto dalam durasi 4 detik.

Test Burst Photo 16Mpix transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3

Atau sebuah momen ketika seorang fotographer ingin mengabadikan beberapa objek yang melintas dengan urutan foto selama 1 menit. Sebaagai contoh parade pesawat, pelari marathon, lintasan sepeda balap dan hal lain. Bukan camera saja yang cepat, tapi storage harus secepatnya selesai menulis data dan mengambil momen berikutnya.

Maka kesempatan yang anda miliki adalah 16 fotopertama, disusul jedah 8-10 detik sebelum camera siap untuk foto Burst Mode kembali.
Contoh urutan foto pertama sudah mendapatkan 16-17 foto, camera hanya perlu menulis foto yang di abadikan selama 10 detik dan siap mengambil sesi Burst Mode selanjutnya. Selama 10 detik tersebut maka memory card secepatnya menyimpan sisa file yang dipindahkan dari buffer camera. Sampai lampu di camera yang menunjukan posisi Write Off. Fotographer dapat langsung mengambil gambar selanjutnya sampai 16-18 foto dengan Burst Mode kembali dan seterusnya.

Capture benchmark CyrstalDiskMark transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3

Dengan kecepatan memory card yang baik. Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 memberi kesempatan seorang fotographer tidak kehilangan momen dan mendapatkan foto terbaik.

Hal seperti ini kadang tidak diduga, khususnya fotographer yang sering mengabadikan objek yang melintas cepat. Karena membuat foto terbaik, mungkin hanya dapat dilakukan dengan teknik Burst Mode. Disinilah manfaat kecepatan memory card.

Result

Banyak produk memory card SD menempatkan label memory UHS atau High Speed. Apakah produk yang ditawarkan sesuai seperti spesifikasi yang diberikan pada label. Untuk Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 sudah di coba dengan test benchmark dan test dengan perangkat camera.
  • Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 dapat dimanfaatkan sebagai storage video sampai resolusi 4K
  • Kecepatan tranfer yang baik, khusus untuk Write mencapai 60MB/s sesuai spesifikasi.
  • Harga Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3 relatif lebih murah di Indonesia.
  • Menambah kemampuan camera ketika menyimpan foto ke SDcard (hasilnya bervariasi dengan perangkat berbeda-beda)
  • Memberi manfaat lebih bagi fotographer amatir ketika mengabadikan objek foto dengan Burst Mode


Transcend Ultimate 633x SDXC UHS-I U3

Test video dengan camera Lumix 4K

Catatan.Mengingat memory SDcard Transcend juga palsukan dan ditemukan / dijual dibawah harga melalui toko online luar negeri. Ada baiknya melihat logo resmi dari hologram bertanda Omega untuk mendapatkan produk asli Transcend di Indonesia. Distributor resmi produk Transcend ditangani oleh www.omegaindo-perkasa.com.