Apa yang membuat repot ketika mengunakan monitor PC dan notebook.
Mengatur kontras dan brightness ?

Di monitor harus di set manual, dari tombol
Notebook harus menekan tombol keyboard.

Bayangkan anda tidak perlu repot menyentuh keyboard atau switch di monitor.
Dengan program, tinggal diatur sesuai kebutuhan kita. Mau terang, agak gelap. Yang diatur di 2 setting Brightness dan Contras dari tombol mouse saja.
Kapan dibutuhkan program ada di sisi kanan task Windows.

Free Monitor Manager aplikasi mengatur contrast dan brightness monitor, serta tambahan setting warna RGB yang di setting tanpa merubah melalui setting monitor manual.
Teknologi monitor LCD menempatkan pengaturan dengan tombol digital. Baik kecerahan dan kontras cahaya dapat diatur melalui software

Di setiap monitor memiliki setting khusus seperti mode Photo, Text (reader), Game, Cinema, Standar dan mode lain.
Pada cahaya monitor untuk game, photo dan cinema (menonton film). Setting kecerahan diturunkan agar tampilan gambar dan tulisan di monitor lebih terlihat dan terbaca.

Seperti kebutuhan setting LCD monitor dibawah ini.
  • Mode Photo secara umum diatur oleh monitor dengan tingkat kontras dan kecerahan pada layar dengan tingkat ~75% + 25%. Untuk menampilkan foto lebih terang mendekati bentuk gambar asli. Setting pada mode ini lebih umum untuk proses editing foto, atau memperjelas detil gambar.
  • Sedangkan mode Cinema dan game umumnya menurunkan tingkat kecerahan (Brightness) lebih rendah sampai 15% dengan kontras lebih tinggi.
  • Setting mode Text atau Reader, secara umum digunakan menurunkan kecerahan / Britghtness antara 25-35%. Untuk melihat tulisan ketika membaca, huruf berwarna hitam lebih jelas.
Tapi tidak semua setting di monitor cocok bagi penguna computer atau notebook.

Setting tersebut adalah kalibrasi dari monitor di pabrik pembuatnya. Ketika pencahayaan ruang yang rendah (lebih redup) seperti di ruang kamar, maka setting di mode monitor akan terlihat lebih terang bahkan terlalu terang.

Ketika penguna computer ingin merubah setting Contrast dan Brightness secara manual untuk kenyamanan mata.
Setting paling optimal adalah Custom dimana kontras dan brightness diatur sendiri, dan kita harus menekan switch bulak balik agar tepat.
Ketika memindahkan kecerahan, balik lagi ke tombol monitor atau keyboard notebook.


Buat beberapa orang yang melakukan editing, mengetik, nonton, memiliki tingkat Contrast dan Brightness berbeda beda.
Masalahnya dengan mengunakan 2 mode berbeda di monitor. Misal ketika melakukan browsing sudah di set dengan Brightness lebih tinggi. Lalu berpindah dengan aplikasi editing foto atau browsing foto maka dibutuhkan setting lain. Kan jadi repot, berapa ukurannya.

Bila pilihan mode kecerahan dan kontras tidak cocok, kita harus melakukan setting kembali secara manual. Seperti menurunkan dan menaikan kontras dan brightness. Bila ingin membaca text seperti aplikasi Word, kembali lagi di setting ulang.

Solusinya dengan software mengatur kecerahan monitor
Software Free Monitor Manager dan DCC untuk merubah Brightness dan Contrass atau merubah kecerahan dan kontras pada monitor LCD. Pemakaiannya sangat mudah, seperti memindahkan setting tombol monitor dari LCD.

Bedanya, Free Monitor Manager dapat langsung di atur setting sendiri, tergantung kebutuhan kita. Dan bekerja dengan software dengan mengclick mouse saja. Tidak perlu menekan tombol monitor secara manual, dan setting kecerahan dan kontras monitor LCD dapat diatur sesuai kebutuhan dari setiap aplikasi

Free Monitor Manager

Seperti gambar dibawah ini adalah menu. Setiap monitor dapat di set Brightness dan Kontras, termasuk tingkat warn Red Blue Green.
Setiap setting monitor dapat di Save dalam bentuk Profile. Misalnya untuk setting Game dan di atur pada kontras dan brightness berbeda dengan setting Original. Ketika ingin merubah ke setting Game, cukup dipilih ke Profile Game.

Cahaya kontras dan kecerahan pada monitor akan berubah sesuai setting Profile yang sudah disimpan.




Free Monitor Manager dapat menyimpan satu Profile untuk 2 atau 3 monitor.
Contoh pada computer terdapat  2 monitor, untuk satu Profile dapat diatur sesuai kebutuhan monitor kiri dan kanan yang berbeda. Untuk setting game ketika penguna hanya ingin fokus melihat 1 monitor saja. Monitor pertama dapat diatur dengan kontras dan brightness paling tinggi misalnya untuk game, dan setting monitor ke 2 diturunkan lebih rendah agar menghemat power.

Jadi satu profile mengatur kecerahan dan kontras seluruh monitor secara individu.

Setting Hot Key
Fitur ini juga berguna untuk menaikan dan menurunkan Brightness dan Kontras secara manual. Seperti memberikan tombol F2 dan F3 untuk menaikan dan menurunkan Brightness di layar monitor LCD. Kita tidak perlu masuk ke setting di tombol pengatur LCD yang merepotkan. Cukup menekan tombol keyboard.



Software Free Monitor Manager adalah aplikasi gratis. Kecuali anda membutuhkan fitur program untuk masing masing aplikasi, hanya diberikan untuk versi berbayar. Karena di versi berbayar memiliki pengaturan otomatis ketika Windows membuka aplikasi khusus. Seperti Game tertentu, dengan Free Monitor Manager berbayar tidak perlu di set secara manual, tapi software otomatis mengatur sendiri sesuai data software yang sudah di set sebelumya.

Untuk versi license atau berbayar. Setiap aplikasi dapat di atur untuk mengaktifkan setting khusus. Misalnya untuk cahaya standar di monitor seperti browsing, mengetik dapat di set dengan pencahayaan standar. Ketika aplikasi game atau aplikasi edit gambar yang membutuhkan Contrast lebih tinggi, otomatis aplikasi akan meningkatkan kontras cahaya sesuai setting yang diberikan dari masing masing software. Setelah software di close, setting monitor akan kembali seperti pencahayaan semula.

Setting Brightness Contrast Monitor via Software

Free Monitor Manager membutuhkan tipe monitor yang mendukung DDC/CI. Sejauh ini monitor yang ada di pasaran sudah mendukung DDC/CI yang bisa terlihat di tombol setting manual pada panel monitor.

Software ini membutuhkan OS Windows Vista atau versi lebih tinggi. Tapi program ini sudah tidak disebarkan lagi. Harus dicari via Google dengan kata Free Monitor Manager

Seperti apa cara kerja Free Monitor Management, lebih jelas dilihat via demo video di Youtube.
Efek kecerahan dapat dilihat disini.



Click Monitor DDC

Satu lagi yang paling favorit untuk monitor manager dari Click Monitor DDC
Memiliki fitur lebih lengkap seperti tombol sleep dapat di program, control timer ketika monitor tidak digunakan, dapat menghemat pemakaian power monitor

Pengembang software DDC memberikan gratis tapi tidak melanjutkan pengembangan di versi terakhir
Tetap saja software ini bekerja sampai Windows 11.

Software kontrol monitor DDC masih di arsip pada link dibawah ini sepertinya lebih nyaman dibanding Free Monitor Manager
Info Click Monitor DDC



Yang mana yang anda suka, silakan di coba

Setidaknya tidak perlu repot mengatur kecerahan dan tingkat kontras di monitor
Mengurangi kelelahan mata kita karena kita agak malas mengatur tingkat cahaya di monitor.
Kedua program berbasis Windows ini diberikan gratis.