Youtube.com menyediakan HD Video sampai QHD atau resolusi video 4K


Untuk download video youtube Offline dapat dilihat via artikel Youtube Download

Pasti kenal dong yang namanya situs Youtube.com. Situs Youtube yang dimiliki Google sekarang sudah menerima pengiriman video HD. Alias tampil lebih besar, dan lebih tajam layaknya gambar video.

Bila kemarin Youtube.com berbicara dengan resolusi SD Video (640x480). Bulan Desember 2008 ini, Youtube.com memberikan layanan HD Video. Resolusinya tidak kepalang tanggung, sekelas HD Video dengan 1280x720. Benar benar layar lebar tampil langsung di monitor pengunjung Youtube.

Lalu apa hebatnya. Bisa terbayang bila beberapa bulan lalu anda melihat video dari Youtube, hanya memiliki resolusi 640x480 yang sudah lebih besar. Bulan ini Youtube menampilkan lebar 2 kali lebih besar dengan tinggi gambar video 50% lebih besar. Atau setara dengan HD Video 720p dengan format widescreen.

Ketentuan dari Youtube bila video akan ditampilkan dengan resolusi HD Video

Format Video
Resolution Disarankan mengunakan resolusi : 1280 x 720 (16x9 HD) dan 640 x 480 (4:3 SD). Jangan dikurangi, karena Youtube akan mengembalikan ke format lama (non HD video)
Bit rate dan Frame rate Kualitas video harus maksimal, dan tidak boleh dikurangi
Codec H.264 / AVCHD, MPEG-2 atau MPEG-4. Gunakan ke 3 format tersebut, dan tidak memilih format lain. Youtube tidak akan menampilkan HD Video bila tidak mengunakan ke 3 format tersebut.
Format Audio
Codec MP3 atau AAC
Sampling rate 44.1kHz
Channels 2 (stereo)
Container MPEGTS (MPEG2 transport stream)

Yang menjadi pertanyaan bagaimana mengupload video Youtube tersebut. Khususnya dengan tampilan layar lebar. Ada beberapa software yang dapat membantu.

Pertimbangkan sumber video asli, seandainya video mengunakan resolusi 1080p, gunakan format yang sama untuk memaksimalkan tayangan di Youtube.

 

Sony Vegas 8 versi lama untuk rendering video hanya mampu sampai Full HD


Sony Vegas mengunakan format default dengan 640x480. Untuk merubah format layar untuk widescreen, perlu dirubah pada properties untuk video.

Masuk ke File --> Project Properties dan pilih HDV 720 (dengan lebar 1280x720) atau resolusi lebih tinggi Full HD

Atau click bagian pengaturan gambar (contoh dapat dilihat pada gambar dibawah)

Ada beberapa pilihan dari ukuran 1280x720 yang sesuai dengan Youtube HD Video. Bila anda merasa perlu mengunakan frame rate tinggi, dapat mengunakan frame rate 29.97 FPS. Tidak masalah apakah kecepatan frame yang anda pilih, Youtube dapat menerima semua kecepatan frame video. Asalkan format video sesuai dengan spesifikasi dari Youtube. Bila salah, maka gambar tidak akan ditampilkan dengan format HD Video.

 

Pada gambar dibawah ini format Sony Vegas menampilkan proses editing lebih besar dengan ukuran 16:9 atau Widescreen

Anda cukup memasukan video dari beberapa digicam atau digital camera yang mampu meng-capture video. Masukan semua file yang anda ingin edit, dan efek gambar video dapat ditambahkan pada tahap proses editing. Jangan lupa, Sony Vegas juga menerima file Photo seperti file JPEG / JPG. Anda dapat memasukan ke dalam file video dengan kombinasi gambar bergerak / Video dan gambar diam / Photo.

Tahap akhir adalah rendering gambar video. Anda harus memilih Coded video yang benar. Misalnya pada gambar dibawah ini adalah pemilihan format Codec dari MainConcept. Driver MainConcept dapat ditambahkan pada driver video Codec secara gratis, misalnya dari Klite.

Pastikan video output anda adalah format 720p minimal. Atau resolusi dari tinggi gambar untuk HD Video yang dibutuhkan. Pada gambar dibawah ini tertera output video dari hasil rendering Sony Vegas memiliki format 384Kbps 48Khz (AC3) dengan format layar video 25 frame perdetik dengan ukuran 1280x720p. Untuk audio bisa diperkecil dengan bit rate 127Kbps

Jangan meng-encode video dengan format lain seperti DivX. Umumnya format tersebut digunakan karena hasil output file yang lebih kecil. Youtube tidak akan menerima kualitas gambar rendah, bila terditeksi resolusi gambar video yang tidak memadai maka tampilan video akan mengunakan tampilan biasa tanpa option HD Video.


Setting terbaik untuk upload video Youtube

Untuk memaksimalkan kualitas video di Youtube, gunakan format MP4 seperti format AVC ( Sony AVC ). File output akan lebih besar, mencapai 100MB permenit. Tetapi hasil rendering video sangat baik tampil di Youtube, seperti tampilan 360p atau 480p pada playback. Berusaha di awal untuk mengupload video ukuran besar, selanjutnya dapat disimpan dan tayangan gambar tampil lebih baik.

Dalam teknologi video ada yang disebut bit rate sebagai angka maksimum kompresing video. Ukuran bit rate mengunakan angka 4.000.000byte/s artinya satu detik film / video membutuhkan 4MB. Semakin besar angka bit rate maka video akan semakin jelas dan bersih tanpa artifak (gambar bintik). Pilih bitrate 10MB/s atau lebih tinggi. Hasil video akan lebih bagus dibanding mengunakan bitrate 4MB/s. Bila video yang dibuat memiliki kualitas gambar yang baik, gunakan bit rate tinggi diatas 10MB/s. Ukuran file video akan membengkak, tetapi kualitasnya dapat di nikmati setelah di upload ke Youtube walau dengan resolusi 360p.

Menghabiskan waktu untuk mengupload di awal, tapi dinikmati kualitas gambar video selamanya di Youtube.

Bila menginginkan kualitas video tampil seperti aslinya, usahakan meminimalkan pengunaan efek pada video secara berlebihan. Seperti adjust color, efek mosaik dan lainnya memang menampilkan gambar video yang menarik, tetapi video dengan efek baru tampil baik bila dilihat dengan resolusi diatas 480p.




Halaman 2 , melihat opsi di layar Youtube

Halaman 3, 3 format video codec MainConcept, Sony AVC dan XAVC dan resolusi paling top QHD atau 4K