Micnova MQ S7 adalah alat remote shutter. Fungsinya untuk memindahkan tombol shutter di camera Nikon melalui satu MC-DC2. Port tersebut dapat dihubungkan sebagai perpanjangan shutter melalui kabel. Seakan memindahkan tombol shutter di camera ke tempat lain.

Seperti camera model lain menawarkan remote tombol shutter yang dapat di pindah ke remote kabel.
Canon  Remote Shutter untuk model menengah ke bawah, mengunakan tombol remote shutter paling sederhana. Memanfaatkan 2.5mm jack connector. Sedangkan model 2 digit sampai 1 digit mengunakan port N3. Canon hanya memiliki 2 disain port kabel untuk remote shutter.
Nikon setidaknya memiliki 3 model. Untuk MC-DC1 di model Canon 2 digit, MC-DC2 (seperti remote shutter yang diulas ini), 10 pin untuk model high end
Pentax hanya 1 tipe seperti Jack stereo 2.5mm
Olympus dengan 2 model, RM-CB1 dan RM-UC1.
Intinya setiap produsen memiliki jack port untuk remote shutter berbeda.

Micnova MQ S7 Nikon Remote Shutter tidak berisi elektronik. Hanya berupa 3 lempeng metal berfungsi sebagai Switch seperti tombol Shutter camera dan kabel yang terhubung ke salah satu port di bodi camera. Produk aslinya adalah Nikon MC-DC2 Remote Release Cord. Tapi model dari Nikon dijual $35.50, di Indonesia dijual sekitar 300 ribuan.
Sedangkan Micnova MQ S7 yang kompatibel di jual di luar $12. Dan di Indonesia lebih menarik lagi, harga Micnova MQ S7 Nikon Remote Shutter $5 saja.



Remote Shutter Micnova MQ S7 ini dapat digunakan untuk camera
Nikon D90, D5000, D3100,D3200, D7000 dan D5100 (website Micnova)
Berdasarkan update dari website Nikon, remote Nikon MC-DC2 kompatibel dengan camera model lain sepeti D3300, D5200, D5300, D5200, D7100, D7200, D750, D600, NikonDF, Coolpix A, Coolpix P7800, Coopix P7700. Tidak jelas apakah MQ S7 juga dapat digunakan ke model Nikon lain seperti data website Nikon

Micnova MQ S7 Nikon Remote Shutter

Pada gambar dibawah. Micnova MQ S7 dengan tombol Shutter. Gambar tengah posisi Micnova MQ S7 sebagai tombol lock untuk long exposure seakan menekan tombol camera dengan durasi cukup lama. Gambar terakhir adalah port yang menghubungkan ke camera


Didalam Micnova MQ S7 tidak ada komponen elektronik. Hanya berisi switch dengan 3 lempeng metal. Fungsinya untuk tombol camera yang dipindah ke alat Micnova MQ S7.
  • Ketika menekan separuh tombol, akan sama fungsinya seperti mengaktifkan auto focus.
  • Bila tombol ditekan sampai penuh (Full Press), camera akan mengambil gambar seperti biasa.

Inside Micnova MQ S7 Nikon Remote Shutter
Dibawah ini koneksi dari 3 kabel diatas, output dan fungsi dari 3 pin

Diagram Nikon MC-DC2

Dibawah ini gambar jack yang menghubungkan ke camera dengan Micnova MQ S7

Port MC-DC2

Untuk apa fungsi dari Micnova MQ S7 Nikon Remote Shutter.
Fungsi alat ini sebenarnya sangat khusus. Remote shutter umumnya digunakan untuk mengambil gambar dimana camera tidak boleh bergerak.
Misalnya untuk mengambil pemandangan dengan long exposure, sedangkan camera hanya menyediakan setting Bulb


Masalahnya ketika menahan tombol shutter cukup lama, kemungkinan terjadi getaran di camera walau sudah diatas tripod
Dengan alat ini, fotographer tidak perlu memegang camera. Tinggal di tekan, sementara camera dalam posisi bidik ke objek akan diam di tempat.
Fungsi lain tentu saja, dan tergantung dari pemakainya. Untuk kualitas tentu saja yang asli lebih bagus, tapi yang murah memiliki fungsi yang sama.

Dibawah ini bentuk dan cara kerja Micnova MQ S7 Nikon remote Shutter