Electric Energy Meter yang di review ini adalah alat untuk mengukur pemakaian listrik di rumah. Memiliki indikator pemakaian Watt, voltase dan Ampere. Misalnya alat ini dipasang pada satu peralatan listrik di rumah, maka dapat memberikan informasi dari 3 parameter diatas.

Termasuk 2 informasi tambahan seperti perhitungan maksimum pemakaian Watt dan Ampere dan total komsumsi listrik akan dicatat alat ini. Alat ini dapat mengkalkulasi atau menghitung berapa biaya listrik selama pemakaian sampai 1 minggu, dan di konversi ke dalam biaya listrik dari kWh ke tagihan listrik

Tampilan alat ini memiliki 3 LED, bagian atas dan bagian bawah untuk informasi pemakaian listrik. Bagian bar dibawah untuk total pemakaian listrik setiap hari bila alat ini dipasang sementara waktu pada satu alat listrik dirumah.

Di bagian bawah terdapat 4 tombol untuk setting dan merubah informasi dari dispay Electric Energy Meter

Electric Energy Meter DEM1499

Detil gambar

Di panel belakang hanya menyediakan informasi beban maksium yang dapat diukur oleh Electric Energy Meter DEM1499. Seperti informasi untuk daya maksimum yang dapat diukur sampai 3680W.

Electric Energy Meter DEM1499 back panel

Detil gambar

Pada panel belakang terdapat tempat baterai LR44. Dapat dipasang 2 baterai, yang fungsinya sebagai power cadangan bila alat Electric Energy Meter DEM1499 tidak mendapatkan power listrik untuk sementara waktu dan semua data yang sudah disimpan bisa saja hilang.
Baterai LR44 tersebut yang membackup informasi terakhir dan berfungsi sebagai power cadangan bila alat dilepas dari steker listrik.

Battery LR44 power backup - Electric Energy Meter DEM1499 back panel

Detil gambar

Apa saja yang dapat diukur oleh Electric Energy Meter DEM1499

  1. Yang dapat dilihat pada indikator pastinya 3 komponen penting dari konsumsi sebuah alat listrik. Dari Watt, Voltage dan Ampere. Ketiga angka tersebut menjadi dasar perhitungan pemakaian listrik. Alat ini menghitung Voltase x Ampere = Watt. Dan total pengunaan Watt dapat di kalkulasi dengan angka biaya listrik
  2. Selain 3 indikator tersebut, Electric Energy Meter DEM1499 dapat menampilkan maksimum Ampere dan Watt pada sebuah alat. Misalnya ingin melihat berapa sebenarnya konsumsi listrik maksimum ketika start. Cukup memasang alat Electric Energy Meter DEM1499 dan nyalakan beberapa saat perangkat elektronik, lalu lihat di bagian indikator terdapat 2 angka berbeda dengan tanda Ampere Max dan Watt Max. Angka tersebut adalah pemakaian listrik paling tinggi atau pemakain puncak.
  3. Pemakaian listrik selama alat bekerja dalam biaya dan pemakaian kWh. Dapat dihitung berapa total pemakaian listrik selama alat terpasang pada sebuah perangkat listrik dan dikalikan dengan biaya listrik yang anda masukan.
  4. Selain ke tiga fungsi diatas, bila Electric Energy Meter DEM1499 dipasang. dapat mencatat total pemakaian listrik dari hari ke hari, sampai selama 1 minggu. Sehingga alat Electric Energy Meter DEM1499 akan terus mencatat data setiap pemakaian listrik baik kondisi idle maupun bekerja sampai 7 hari sebelumnya.
  5. Alat ini memiliki 2 waktu, sayang fitur ini tidak pernah berlaku di Indonesia. Ada 2 waktu berbeda dalam perhitungan biaya listrik, biaya listrik high dan low. Di luar negeri seperti tarif listrik di Amerika memiliki harga listrik yang sama seperti tarif listrik di Indonesia. Tetapi disana memiliki perhitungan waktu, seperti waktu pagi hari dimana listrik tidak banyak digunakan masyarakat maka tarif listrik lebih murah bahkan hanya 30% dari tarif listrik normal. Sedangkan di Indonesia mengunakan tarif Flat atau tidak membedakan pemakaian listrik berdasarkan waktu.
Selanjutnya cara pemakaian Electric Energy Meter