Droid Optimizer sebuah aplikasi untuk membersihkan memory di perangkat Android. Termasuk sisa Cache atau file yang tidak terpakai tapi masih disimpan di smartphone dan tablet. Mungkin penguna lupa menyimpan file ukuran besar di sebuah folder tapi tidak dibuang atau sudah dipindah. Aplikasi Droid Optimizer akan melaporkan file yang ukuran besar untuk masuk ke daftar Big File.

Apa saja fitur dari Droid Optimizer

  • Membersihkan Cache dan file yang tidak perlu. Hati hati mengunakan fitur ini, Droid Optimizer akan melihat file yang tidak digunakan. Misalnya file Zip yang disimpan di Android dianggap file tidak diperlukan akan masuk daftar untuk dibersihkan. File lain seperti foto, musik, video dan file download lainnya. Mungkin penguna lupa memasukan file tersebut, nantinya akan muncul di daftar untuk di hapus.
  • Memiliki fitur StarUp untuk mematikan aplikasi yang berjalan ketika boot. Seperti aplikasi Cloud server bisa di off sementara bila tidak digunakan, dibanding harus stand-by dan membuat ruang RAM smartphone terpakai.
  • Mematikan aplikasi berjalan secara background atau yang sedang berjalan tapi tidak bisa di close.
  • Menghentikan semua aplikasi di Star-up atau menampilkan aplikasi apa saja yang berjalan di Start-up
  • Membersihkan file sampah seperti APK lama (Old APK) atau Temp File yang sering memperlambat smartphone Android
  • Privacy Advisor, memberikan saran untuk memeriksa sebuah permintaan aplikasi agar diketahui oleh pemilik smartphone / tablet

Pada gambar bawah terdapat bagian Free Space, Free RAM dan Broom
  1. Menclick Free Space akan menampilkan space memory yang ada di smartphone dan tablet Android
  2. Click Free RAM, akan menampilkan aplikasi yang berjalan. Tinggal diclick tanda xClose all, maka semua aplikasi akan dibersihkan dari RAM. Dan hanya aplikasi yang masuk daftar Whitelist tidak akan dikeluarkan (dianggap perlu dan tetap berjalan
  3. Broom adalah laporan dari tugas yang diberikan untuk Droid Optimizer. Secara otomatis Droid Optimizer akan melakukan tugas seperti membersihkan cache dalam jadwal tertentu.



Privacy Advisor

Dari semua fitur untuk meningkatkan kinerja Smartphone Android. Satu bagian adalah Privacy Advisor atau nasihat privasi. Penguna munkin tahu atau tidak pernah tahu apa yang diminta oleh pembuat aplikasi, mungkin tidak terlalu jelas apa saja yang akan diambil oleh sebuah aplikasi gratis.



Tapi tidak semua aplikasi dianggap akan mencuri data pribadi dari smartphone. Misalnya Gmail, Google Drive, Onedrive, atau Outlook dari layanan Cloud server dan email. Akan meminta data pribadi, log telepon dan nomor, WIFI , GPS dan lokasi BTS dari smartphone. Hal tersebut dianggap, karena data yang diperlukan misalnya login atau untuk reset password via SMS memerlukan data dari perangkat Android.

Untuk aplikasi yang umum dipakai dan diberikan ijin, bisa dimasukan ke daftar Whitelist agar tidak di stop oleh Droid Optimizer. Droid Optimizer juga memerika semua aplikasi yang sudah di install. Terdapat keterangan apakah aplikasi Android yang diinstall memang bersih atau memberikan informasi meminta apa saja. Android Optimzier akan memberitahu apa yang diminta oleh aplikasi dan pemilik perangkat yang menentukan apakah aplikasi tersebut meminta hal yang tidak wajar.



Bagaimana mengatahui sebuah aplikasi meminta data dari dalam smartphone

Dibawah ini sebagai contoh.
  • Camera FV-5 Lite meminta GPS dan WIFI. Untuk foto memerlukan GeoTag agar lokasi pengambilan foto dapat dicatat di smartphone.
  • Aplikasi dari provider telekom. Wajar bila meminta menghubungi nomor telepon, namanya saja operator pasti berhubungan dengan nomor telepon
  • Couple salah satu aplikasi untuk pasangan. Akan meminta data WIFI dan GPS, tujuannya agar kedua smarphone dapat saling berbagi lokasi (keberadaan) kedua orang tersebut.
  • MyTrails adalah aplikasi GPS logger dan peta. Tentu membutuhkan data GPS dan WIFI untuk mengambil peta.
Kenali fungsi aplikasi untuk apa dan meminta apa saja. Bila meminta hal wajar dan berhubungan dengan data di aplikasi maka tidak perlu dicurigai.



Aplikasi meminta hal tidak jelas

Tapi lihat satu aplikasi TV dari Brasil dibawah ini (kanan) dengan aplikasi TV biasa (kiri) tidak meminta data alias bersih.
Mengapa aplikasi TV dari Brasil meminta data GPS, data seperti ini akan diberi peringatan oleh Privacy Advisor. Pemilik smartphone akan melihat informasi mengapa dibutuhkan data lokasi dari sebuah aplikasi televisi Android.
Bukan hal seperti ini yang agak janggal. Satu lagi aplikasi Barcode Scanner ditemukan meminta akses ke camera, tapi meminta kontak telepon, log data dan lainnya. Hal seperti ini patut dicurigai oleh pemilik smartphone dan membuang aplikasi yang meminta tidak jelas atau terlalu banyak dari kebutuhan aplikasi tersebut.



Droid Optimizer cukup berguna bagi penguna perangkat Android untuk membersihkan smartphone dari sisa file yang tidak terpakai, menutup aplikasi yang bekerja dengan satu click, dan terpenting bagian Privacy Advisor. Kadang lebih baik mendapatkan aplikasi dengan iklan tapi berguna, dibanding menginstall aplikasi tanpa iklan tapi memiliki maksud lain seperti mengambil data dari smartphone. Hal ini bisa diketahui dengan membaca keterangan dari Privacy Advisor

Aplikasi Droid Optimizer dibuat sebuah pengambang software Jerman Ashampoo dapat di download gratis via Google Play