Kingo Root adalah aplikasi untuk membuka smartphone untuk di Root. Fungsinya tidak penuh seperti Root Android OS ke versi lebih tinggi. Tapi dapat membuang program Bloatware yang tidak berguna, sudah tertinggal jaman, bahkan menganggu dan membuat perangkat Android lambat.

Root diartikan anda membuka smartphone, dan anda sebagai pemegang hak tertinggi. Seperti di Windows ada yang disebut Administrator, dan bisa mengutak atik seluruh isi di dalam smartphone atau tablet Android.

Fungsi Kingo Root
  • Membuat smartphone menjadi Root dengan hak Super User
  • Nantinya dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu atau dikenal dengan Bloatware yang terinstall dari pabrik
  • Mengintall aplikasi yang membutuhkan hak Root.
  • Fungsi utama untuk mengembalikan performa smartphone tanpa dibebani program, walau perubahannya belum tentu terlihat.
  • Tahapa awal setelah di Root, smartphone model lama yang tidak mendapat update OS. Dapat di update dengan OS altenatif seperti OS Cyanogen atau OS Lineage

Untuk melakukan Root smartphone Android dengan Kingo Root, diperlukan beberapa tahapan.
Menginstall Kingo Root software, dapat di download via www.kingoapp.com
Dapat di download dengan versi Android APK dari King App

Untuk berbasis software PC. Diperlukan kabel USB dan computer, untuk membuka Root perlu menghubungkan smartphone ke computer termasuk driver.
Kingo Root bekerja otomatis, sebaiknya di periksa smartphone model apa saja yang dapat dibuka Kingo Root via link Device
Setelah menginstall aplikasi Kingo Root, hubungkan smartphone dengan computer dan aktifkan program Kingo Root.
Pastikan anda mengaktifkan Internet di computer, karena aplikasi akan di download via smartphone.

Aktifkan USB Debug di smartphone

Aktifkan setting USB Debug smartphone

Program Kingo Root akan menditeksi dan mentranfer file yang diperlukan seperti aplikasi Kingo dan  US ke dalam smartphone.

Jalankan program Kingo Root

Setelah proses Rooting berhasil akan muncul pesan di computer seperti dibawah ini

Jalankan program Kingo Root

Bila program Kingo berhasil mentranfer aplikasi, akan muncul 2 icon program baru.
Satu Kingo Root untuk program USB, aplikasi ini untuk menghubungkan smartphone via USB.
Program utama adalah SuperSU. SuperSU ini adalah program Super User, memberikan ijin smartphone untuk dibuka seperti smartphone yang sudah di Root. Seperti program Android yang membutuhkan hak Root. Ijin program lain harus mendapatkan ijin dan diketahui oleh program SuperSU.
Dari mana aplikasi tersebut di dapat. Kingo Root yang memasukan 2 aplikasi ke smartphone Android untuk mendapatkan hak Super User.

Program dimasukan Kingo Root, satu Kingo Root dan Super SU

Sampai titik ini, smartphone Android sudah memiliki status Root. Dimana seluruh program yang awalnya tidak bisa dihapus karena tidak hanya memiliki hak user biasa. Dengan SuperSU yang sudah dimasukan, penguna smartphone Android memiliki hak Super User.

  Catatan  
Artikel ini dibuat untuk pengetahuan tentang Root Smartphone. Kesalahan pengunaan program Kingo Root menjadi tanggung jawab penguna. Bila ingin membuat Root Smartphone, mohon dibaca ulang informasi dan peringatan dari website Kingo Root
Bila menginstall Kingo Root, sebaiknya smartphone atau tablet Android tidak dikembalikan ke Un-Root. Kecuali anda tahu apa yang sudah dibuang dan mengembalikan kembali. Mengembalikan dari status Android Root ke Un-Root bisa dilakukan, tapi belum tentu bisa dirubah ke status Root kembali