Google Earth adalah sebuah software untuk melihat permukaan bumi, melalui pencitraan gambar satelit

Berbeda dengan Google Maps dengan tampilan layar berbasis Web Browser, Google Earth adalah software yang harus di Install dan di download melalui situs earth.google.com

Google Map lebih banyak dimanfaatkan untuk peta atau rute jalan, sedangkan Google Earth memberikan kemudahan dalam melihat lebih dalam dari sebuah daerah melalui software khusus dan harus di install kedalam PC.

Lalu apa saja yang dapat dimanfaatkan dari software Google Earth. Dan fitur dari Historical Imagery dari Google Earth dapat menampilkan perubahan gambar dari tahun ke tahun yang diambil oleh satelit

 

1. Memanfaatkan Google untuk menghitung jarak


Google Earth lebih mudah digunakan misalnya untuk menghitung jarak tempuh atau menghitung jarak dari satu tempat ke tempat lain.

Manfaatnya tentu sangat besar. Misalnya anda ingin menghitung jarak tempuh terpendek dari 2 rute berbeda. Contoh anda memiliki 2 alternatif jalan, dan ingin menghitung rute mana yang paling dekat. Atau anda suka berolahraga, dan ingin menghitung berapa sebenarnya jarak yang anda tempuh ketika berlari.

Banyak sekali manfaat yang dapat diterapkan untuk menghitung sebuah jarak, dan perhitungan data dari Google Earth lebih tepat karena mengunakan gambar nyata via Satelit.

Contoh dibawah ini adalah untuk menghitung berapa kilometer antara titik awal di Senayan sampai Bundaran HI di kota Jakarta.

 

Caranya dibawah ini

Arahkan Software Google Earth ke kota yang dituju, misalnya Jakarta. Lalu ambil titik awal perhitungan jarak. Misalnya titik awal berada di daerah senayan. Perbesar ukuran map di Google Earth, ikuti langkah dibawah ini.

  • Click pada bagian pengaris atau Rules.
  • Akan tampil satu pop Windows, dan pilih Path
  • Dan pilih satuan jarak, seperti KM.

Pada Cursor software Google Earth akan berubah menjadi CrossHair atau tanda +. Mulailah melakukan tick melalui mouse untuk panjang jalan yang akan dihitung.

Selesai Click 2 kali maka jarak garis dari rute yang anda buat akan tampil membentuk garis rute dari software Google Earth. Dan perhatikan berapa jarak dari rute yang telah anda buat dan Google Earth akan menampilkan jarak dalam satuan KM.



2. Melihat perubahan foto Google Earth dari tahun ke tahun
Google Earth memiliki foto Historical Imagery. Opsi ini untuk melihat peta Google dari tahun ke tahun. Perubahan sejak foto pertama diambil sampai foto satelit terakhir. Dapat memperlihatkan perubahan di sebuah kota, pembangunan gedung, jalan yang berubah dari foto yang diambil melalui satelit

Untuk membuat opsi tersebut, click di bagian View, dan pilih Historical Imagery.

Opsi cara melihat peta google dari tahun ke tahun dan perubahan

Setelah di click akan muncul sebuah bar panjang. Setiap titik yang dibuat mewakili arsip foto lama dan foto baru dari satelit Google.
Perubahan foto satelit terlihat dari awal tahun 2000an sampai foto terakhir.

Kadang di beberapa tempat terlihat titik lebih rapat dan lebih renggang. Karena satelit mengambil gambar dari atas, tidak setiap saat foto permukaan bumi dapat diambil, seperti tertutup awan.
Jadi hanya beberapa periode saja foto yang dimasukan untuk ditampilkan oleh Google Earth

Memilih bar foto google map atau google earth dari tahun ke tahun

Gambar dibawah ini, peta satelit dari foto perubahan pembangunan bandara internasional terbesar di Asia. Beijing International Airpot, terlihat pembangunan dari tanah kosong, meratakan tanah untuk landasan pacu, pembangunan landasan, dan foto terakhir setelah bandara selesai.

Perubahan foto Google dari tahun ke tahun pembangunan airport Beijing

Seperti apa perubahan peta Google Earth dari tahun ke tahun, dapat dilihat di bawah ini.



Selanjutnya bermain peta GPS file