Bagaimana membuat DVD Disc dari video, atau memasukan video ke DVD. Beberapa software konversi video ke DVD sudah ada, hanya terbatas untuk edit, dan konversi langsung ke VOB atau format DVD. Software konversi video ke format VOB umumnya menyediakan fitur pemotong video, dan disatukan kembali menjadi video DVD.
Format DVD Disc tidak seperti video biasa, yang di tulis ke Writer dan diputar di computer. Tapi format DVD Disc ditujukan untuk diputar di player dan ditonton ke layar TV. Membutuhkan proses untuk membuat format file DVD sebelum di tulis ke DVD Disc.

Contoh yang dapat dilakukan oleh software TMPGenc Authoring Works seperti membuat transisi antar video klip, atau membuat menu DVD. Salah satunya dimiliki TMPGenc Authoring works yang khusus menangani pembuatan Disc VOB DVD.

Hasil proses untuk disc DVD membutuhkan 2 folder yaitu Video dan Audio, di dalam folder Video hanya tertulis file VOB yang umumnya memiliki ukuran kelipatan 1GB. Software DVD TMPGenc Authoring works inilah yang menyatukan video klip baik MP4, AVI dan lainnya disatukan menjadi file DVD VOB.

Untuk video atau film dapat dimasukan dalam berbagai format : MPEG-1/2, AVI, WMV, QuickTime, DivX, MPEG-4/H.264, AVCHD, DV/HDV, WTV, DVD-VR, DVR-MS, Blu-ray (BDMV), and DivX Ultra, Camcorder AVCHD/HDV/DV video untuk TMPGenc Authoring Works 4.
Versi lebih baru atau TMPGenc Authoring Works 5 mendukung format tambahan dan fitur lebih canggih seperti 8 subtitle, dukungan format video MKV dan lainnya.

Apa manfaat software TMPGenc Authoring Works untuk  pembuatan file DVD

  • Software ini untuk memotong video clip baik dari smartphone, camcorder, camera DSLR dan lainnya dalam bentuk video. Dan dapat dipotong untuk diambil bagian yang diperlukan.
  • TMPGenc Authoring works dapat menerima berbagai format video (termasuk foto dengan durasi 1 sampai 1/30 detik setiap foto) dan dibuat  menjadi DVD (VOB FIle)
  • Selain memotong, TMPGenc Authoring works sebagai software DVD (termasuk Blu-ray) dapat membuat menu. Sehingga di player DVD dapat ditampilkan menu dalam bentuk gambar.
  • TMPGenc Authoring works dapat membuat Subchapter. Seperti menekan tombol remote dengan Next dan Next untuk melompat ke bagian video lain.
  • TMPGenc Authoring works dapat membuat Subtitle DVD. Seperti keterangan, terjemahan bahasa di bagian bawah film.

Dibawah tahap pembuatan DVD.

Pertama membuka TMPGenc Authoring works akan tampil menu seperti dibawah ini. Pilih di bagian kanan untuk format video DVD, apakah NTSC (30fps) atau PAL (25 fps). Pastikan sumber video mengunakan kecepatan berapa frame. Lalu tekan Start A New Project
Format frame rate untuk DVD harus memiliki frame rate yang sama. Bila berbeda nantinya berdampak pada hasil output video, seperti muncul garis.



Untuk memasukan video, tinggal mengambil file di folder dan di Drag Drop ke bagian Source dibawah ini. Dengan TMPGenc Authoring works sangat mudah mengatur urutan video klip. Misalnya video nama B dimasukan pertama lalu disusul video A, tapi terbalik dan ingin memposisikan video A diatas. Tinggal di click  nama file video dan di pindah dengan menu Up atau Down. Atau bisa di Drag dan dipindah langsung dengan mouse.

Menut memilih PAL atau NTSC

Selanjutnya proses Cut video, SubTitle, SubChapter, Transition video dan proses akhir membuat format video untuk DVD.