Software MPEG Streamclip untuk cut video tanpa konversi ulang

Untuk pengujian dilakukan dengan 4 perangkat ditambah sebuah file DVD (VOB). Dan diperiksa kembali di software Sony Vegas Pro untuk membandingkan apakah ada cacat dari hasil potongan video dari software MPEG Streamclip. Secara keseluruhan semua file yang dipotong dan di ekspor dapat dibuka. Tidak ada cacat seperti kehilangan file audio setelah dibuka dari Sony Vegas Pro.

Format yang dicoba dari format atau perangkat video recording (dari kiri ke kanan)
  • ContourHD camera Action Cam direkam dengan format MOV resolusi 1280x720p, 29,9 fps
  • GoPro camera Action Cam direkam dengan output format MP4, resolusi 1280x960, 47,8fps
  • Sebuah file DVD dengan ektension VOB.
  • Nikon D5100 tipe camera DSLR merekam video dengan format MOV, resolusi 1920x1080, 29,9 fps
  • Smartphone 1280x720, 30 fps
Hasil test ditunjukan pada gambar dibawah ini.
Semua hasil rekaman dari 5 video diatas bisa dibuka dengan aplikasi Sony Vegas Pro. Dan tepat di masing masing file video yang dibagi menjadi 2 bagian.



Ukuran file video setelah dipotong menjadi 2 bagian ada dibagian kiri, sedangkan sisi kanan adalah video asli. Bila dihitung maka ukuran hasil video asli dan potongan video hampir identik. Artiya software ini tidak melakukan re-encode dan kualitas video tetap sama seperti aslinya.



Kesimpulan untuk MPEG Streamclip.

MPEG Streamclip adalah software gratis untuk melakukan cut dan paste tanpa mengkonversi video, sehingga kualitas video akan sama seperti aslinya walau sudah di edit dengan software MPEG Streamclip. Fitur tambahan diberikan pada MPEG Streamclip, seperti untuk merubah beberapa format video ke format lain.
MPEG Streamclip memang sangat sederhana, setidaknya kita tidak perlu protes kepada pembuat software tersebut. Tapi sangat berguna untuk mengambil bagian penting sebuah video dan membuang file yang tidak perlu. Setidaknnya untuk membuat arsip file video dan mengambil bagian yang penting saja untuk disimpan.

Software MPEG Streamclicp data di download via www.squared5.com