Sebuah software Flux dapat menurunkan efek cahaya biru pada monitor dengan lampu LED. Lampu LED menghasilkan cahaya berwarna putih memiliki tambahan dengan intensitas cahaya biru. Tetapi efek cahaya biru kabarnya dapat menganggu kesehatan dari penglihatan mata

Bila sering mengunakan computer pada saat menjelang tidur, dan sering mengalami kesulitan tidur. Mungkin disebabkan cahaya dari lampu LED di monitor.

Dampak bagi mereka yang mengunakan layar computer dengan lampu backlit LED seperti
  • Gangguan tidur / Insomnia
  • Menurunkan tubuh dalam menghasilkan Melatonin
  • Efek cahaya biru terjadi di mata dengan tingkat stres pada retina.
  • Dampak menurunnya hormon Melatonin sebagai hormon tidur alias memberikan peringatan kepada tubuh untuk istirahat. Intensitas cahaya lampu biru di LED, berdampak menurunkan hormon Melatonin dari tubuh kita sendiri.

Entah benar atau tidak, intensitas cahaya lampu LED cukup berdampak bagi penguna perangkat. Khususnya pada malam hari dimana tubuh memerlukan istirahat. Sebuah software dinamai Flux. Dapat digunakan pada computer, fungsinya menurunkan intensitas cahaya biru di layar computer. Caranya dengan meningkatkan cahaya kuning atau membuat monitor lebih berwarna kuning.

Software Flux dapat di install di computer dan notebook dengan layar backlit LED.
Download F.lux

Dibawah ini beberapa setting software Flux yang dapat membantu menurunkan efek cahaya biru dari lampu LED monitor

Setting di awal tampilan software F.lux



Untuk setting warna monitor. Dapat diatur dari tingkat intensitas, dan setting yang diturunkan pada malam hari. Software ini bekerja berdasarkan jam computer dan lokasi.



Bila computer tidak terhubung ke internet. Jam lokasi bisa diatur berdasarkan daerah keberadaan anda.



Demikian penjelasan dari software F.lux yang dapat menurunkan intensitas cahaya biru dari lampu LED pada mata kita.

Penelitian efek cahaya biru dari lampu LED sudah dilakukan. Hanya dampaknya dapat berbeda beda bagi beberapa orang. Bila mengalami masalah kesulitan tidur yang berkepanjangan. Khususnya lebih banyak bekerja di depan layar monitor, khususnya mengunakan LCD dengan lampu LED.
Tip lain, jauhi semua perangkat yang mengunakan lampu LED menjelang tidur.

Dibawah ini efek warna di monitor ketika warna kuning aktif menjelang jam 6 sore.