Perangkat modem dan melihat koneksi dari indikator lampu

Banyak jenis dari modem ADSL seperti jenis kecepatan, jenis router yang digabung kedalam modem, terintegrasi dengan wireless, USB dan Ethernet yang disatukan oleh modem dan sebagainya.

Modem ADSL sudah dikembangkan dengan penempatan perangkat tambahan lainnya. Anda bisa mengunakan 1 modem ADSL untuk 4 computer dan terkoneksi dari LAN ethernet. Atau anda dapat mengunakan modem ADSL dengan output ethernet dan USB saja bila hanya memerlukan 2 koneksi untuk PC.

Begitu banyak modem yang disediakan akan memudahkan pemakai. Tetapi bila anda hanya membutuhkan koneksi modem sederhana dapat memilih jenis modem dengan koneksi ethernet dan USB port sudah dipastikan cukup. Yang pasti semakin banyak kebutuhan dan keinginan anda untuk mengunakan jenis perangkat pada modem ADSL maka semakin mahal harga modem.

Tetapi beberapa fitur yang perlu diperhatikan. Karena di Indonesia sedikit berbeda cara perhitungan dibandingkan negara lain yang sudah lebih mapan menyelenggarakan koneksi internet dengan modem ADSL. Ada baiknya mengunakan jenis modem dengan fitur koneksi otomatis on dan off . Modem ADSL dengan fitur tersebut akan menghemat biaya koneksi anda, terlebih di Indonesia masih digunakan perhitungan waktu atau banyaknya bandwidth yang digunakan. Bila anda mengunakan layanan tanpa batas, modem ADSL tipe On dan Off memang tidak terlalu diperlukan.

Gambar dibawah ini adalah modem paling murah yang ditawarkan oleh Telkom dengan harga Rp.350.000 atau sedikit lebih mahal dibanding USB modem dial-up. Harga tersebut sangat pantas bila anda menginginkan modem ADSL yang sederhana. Hanya disediakan port USB dan Ethernet. Bila anda membutuhkan tambahan koneksi untuk computer lebih dari dua buah, maka solusi pada modem murah ini dapat ditambahkan dengan ethernet hub untuk membagi koneksi kepada PC lainnya.

 

Sedikit saran untuk memilih modem DSL, sebaiknya menanyakan juga kepada rekan lain yang sudah mengunakan koneksi ADSL. Kami mendapat banyak informasi yang berbeda terhadap kualitas modem, padahal kemampuan modem DSL hanya dibedakan dari fitur tambahan yang dimiliki. Yang terpenting adalah ketahanan dari modem DSL. Bila anda mengunakan koneksi tanpa batas, ketahanan modem menjadi bagian paling penting. Setidaknya modem DSL anda tidak terlalu sering hang karena bekerja terlalu lama atau menjadi panas.

Semakin banyak fitur didalam modem akan membuat modem menjadi panas karena tambahan chip didalam board modem tetapi memenuhi keutuhan jenis koneksi seperti WIFI, Ethernet HUB dan USB. Mengunakan modem DSL dengan fitur sederhana akan membatasi kemampuan modem DSL itu sendiri khususnya bila anda ingin menambah koneksi untuk computer lain. Jadi sesuaikan kebutuhan dan keinginan yang anda perlukan.

 

Persiapan sebelum melakukan setup modem

Sebelum anda melakukan setup pada modem ADSL anda harus melalui langkah pada lembar pertama yaitu mendaftar nomor layanan ADSL dan Telkom harus membuka line khusus untuk ADSL untuk nomor telepon rumah anda.

Untuk informasi bagi indikator modem ADSL umumnya memiliki 3 lampu indikator yaitu PPP, Power, DSL. Bila anda mengunakan modem jenis koneksi ethernet dan USB maka akan ditambahkan 2 lampu indikator untuk indikator Ethernet dan USB. Kedua lampu menjadi petunjuk ketika port yang dihubungkan telah terhubung ke computer. Misalnya anda mengunakan ethernet maka lampu ethernet akan menyala, demikian juga untuk USB ketika kabel USB terhubung ke modem dan computer maka lampu akan menyala sebagai petunjuk adanya koneksi antara modem ADSL dengan PC.

Dari 3 lampu utama untuk indikator PPP, Power dan DSL yang terpenting adalah indikator DSL dan PPP . Lampu DSL dan PPP menunjukan kesiapan modem untuk bekerja pada line DSL. Lampu ini seperti lampu petunjuk bahwa modem anda memang sudah terhubung dengan line DSL.

Pada awal kerja modem, lampu indikator akan menyala dan mengirim signal. Setelah beberapa saat maka lampu DSL akan menyala terus yang diartikan koneksi sudah terhubung dengan baik pada line telepon. Lampu PPP diartikan koneksi sedang berlangsung atau terdapat arus data ketika seseorang melakukan koneksi ke Internet via modem untuk melakukan browsing.

 

Sistem ADSL berbeda dengan Dial Up

Bila anda mengunakan koneksi internet dengan modem baik Dial-up atau modem jenis lain seperti kabel data ke handphone. Sebaiknya anda mengetahui cara kerja modem ADSL akan sedikit berbeda dengan modem yang kami sebutkan diatas.

Modem ADSL yang ada saat ini sudah memungkinkan pemakai untuk memasukan password kedalam modem ADSL. Sehingga pemakai tidak perlu melakukan pemasukan password dari PC dan memerintahkan dial melalui computer. Modem ADSL didisain untuk selalu siap digunakan. Artinya ketika anda menyalakan computer dan modem anda, beberapa saat modem akan langsung menghubungkan ke jaringan ADSL. Ketika anda melakukan browsing ke internet misalnya membuka sebuah situs maka modem ADSL akan langsung mengirim data ke jaringan DSL tanpa anda perintahkan seperti melakukan dial nomor telepon untuk menghubungi ISP atau internet provider. Perbedaan ketika modem melakukan handshake atau login ke dalam network. Untuk modem Dial-up akan terlihat ketika modem sudah terhubung dengan menutup pop program dial-up, sedangkan modem DSL tidak secepat sistem Dial-up dan harus menunggu beberapa saat bahkan membutuhkan waktu lebih dari 30 detik sampai line koneksi siap.

Demikian juga untuk berkomunikasi, modem ADSL melakukan secara otomatis ketika adanya signal dari computer untuk mengirim dan menerima data. Ada satu fitur tambahan pada modem yaitu sistem on dan off otomatis. Disini sebenarnya keunggulan dan kelemahan dari masing masing sistem modem. Bila anda mengunakan modem ADSL yang memiliki fitur on dan off, fitur tersebut sangat berguna untuk menonaktifkan modem sementara tidak digunakan. Sedang modem murah akan terus membuka line ADSL, sehingga modem murah tidak cocok digunakan pada layanan time base atau perhitungan dari waktu.