Google memiliki fitur software Chrome Remote Desktop untuk remote PC atau computer dari tablet, dapat dimanfaat secara gratis. Fungsi Chrome Remote Desktop untuk mengendalikan computer dari perangkat gagdet. Computer bisa terhubung melalui jaringan LAN maupun internet secara aman. Kedua perangkat dapat terhubung dengan akses koneksi internet.




Berbeda dengan aplikasi ShareKM, aplikasi tersebut untuk share monitor di perangkat Smartphone ke computer di dalam satu jaringan LAN lokal.
Sedangkan Chrome Remote Desktop untuk meremote computer dari perangkat Smartphone atau Tablet.

Untuk apa Google Chrome Remote Desktop

Fungsinya untuk mengendalikan mouse dan keyboard dari computer ke tablet atau istilah kerennya me-remote computer dari jarak jauh.
Misalnya pekerjaan anda di rumah mengunakan notebook atau desktop computer. Layar computer bisa ditampilkan di Android seperti tablet Android atau Smartphone Android.

Koneksi demgam Chrome Remote Desktop
  • Computer di remote ke computer
  • Computer di remote ke smartphone atau tablet Android
  • Beberapa computer di remote dari smartphone, tablet dan computer.
Computer diartikan sebaagai computer yang bekerja dengan OS Windows. Baik untuk Windows XP keatas dapat di remote melalui Chrome Remote Desktop.

Contoh sederhana, anda mendapatkan email masuk dan membutuhkan balasan sebuah file. Sedangkan file yang diminta ada di computer dan anda sedang di luar rumah atau kantor. Computer di kantor atau dirumah bisa di aktif (tentunya membutuhkan koneksi internet). Maka bisa dikendalikan dari smartphone Android untuk mengambil file dari computer.

Contoh lain, dirumah atau proyek memiliki koneksi ke camera security, dan computer di rumah atau proyek juga terhubung ke internet. Layar computer tersebut di remote dari perangkat Android. Video CCTV yang tampil di layar computer dapat dilihat di layar perangkat Android. Karena aplikasi Chrome Remote Desktop memindahkan tampilan monitor dan mengakses keyboard dan mouse.

Tim IT yang perlu memeriksa computer karyawan, seperti melihat apakah ada computer yang belum dimatikan. Bisa dilakukan dengan Chrome Remote Desktop dan mematikan computer dengan cara remote dari jauh. Atau melihat status error yang terjadi di server (dalam kondisi masih terhubung ke internet dan belum crash total)
Hal diatas hanya contoh saja, pemanfaatannya mungkin lebih banyak.

Sistem Chrome Remote Dekstop lebih memudahkan dibanding sistem software remote PC lainnya. Karena sistem sudah terintegrasi, baik keamanan atas nama computer yang terdaftar dimasukan oleh pemilik yang berhak. Dan akses dilakukan dengan sistem kemananan Google dengan satu akun secara terintegrasi.

Perangkat software dan hardware apa saja yang diperlukan untuk meremote computer dari Android.

  • Satu computer, di install aplikasi Chrome Remote Desktop. Mengunakan browser Google Chrome.
  • Sebuah tablet atau smartphone (termasuk computer), di install aplikasi Chrome Remote Desktop yang di download dari Google Play.
  • Koneksi LAN untuk computer dan WIFI untuk perangkat Android, dan masing masing perangkat harus memiliki koneksi internet.
  • Untuk jaringan di satu network (LAN), bila koneksi ke dua perangkat sudah terhubung akan langsung melalui jaringan lokal (tidak mengunakan jalur internet)

Ijin yang perlu dilakukan

  • Google hanya memberikan satu akun untuk setup remote
  • Penguna harus memiliki akun Google yang sama. Baik di PC untuk akun Chrome ketika menginstall dan perangkat Android dengan akun yang sama.
  • Satu perangkat Android seperti tablet dan smartphone bisa mengakses beberapa computer yang sudah di daftar.
  • Keamanan mengunakan PIN password dengan angka. Ada 2 tahap keamanan dibutuhkan, pertama ketika mendaftar dengan akun yang sama, kedua PIN Password.
  • Apakah computer bisa di Share, bisa. Google memberikan opsi untuk share dengan kode 12 digit sebagai password otorisasi. Apakah nama computer yang sudah di daftar bisa dinonaktifkan. Bisa, setiap computer yang sudah di daftar bisa di on off atau di remove dari daftar.

OS yang bisa mengunakan aplikasi Chrome Remote Desktop

Untuk PC yang akan dikendalikan, bisa mengunakan Windows XP atau lebih tinggi
Untuk perangkat Android, dibutuhkan OS Android 4+. Baik untuk Tablet dan Smartphone selama bisa di install aplikasi Chrome Remote Desktop.
Software yang digunakan untuk PC (1) menjadi residen program dan perangkat Android Chrome Remote Desktop (2)
Aplikasi tersebut gratis tapi hanya bisa di akses dengan Chrome Remote Desktop.

Apa saja yang dilakukan dengan Chrome Remote Desktop

Seperti memindahkan layar computer ke tablet. Baik mouse, keyboard dan monitor dari computer dibuat lebih kecil dan tampil di perangkat Android. Seperti kita mengunakan satu computer dengan 2 layar, keyboard dan mouse. Walau secara fisik berbeda.

Selanjutnya tahapan install software untuk
PC dari browser Chrome
Android untuk install Chrome Remote Desktop