Kadang file video tidak bisa di putar di Android, hanya pesan error.

Contoh ada 2 file MP4 berbeda, satu player bisa memutar satu file video format MP4, tapi di file lain dengan format MP4 tidak. Satu video hanya muncul  pesan Unable to play video atau Video playback di smartphone atau tablet.

MX Player Android

Katanya aplikasi player video Android  kurang keren. Satu player video di Android yang cukup favorit dan terkenal, bahkan memiliki penilaian pemutar video Android terbaik adalah MX Player. Scorenya diatas 4+. Aplikasi MX Player kompatibel dengan Android OS 2.1+

Tampilan pertama seperti dibawah ini, ketika aplikasi pertama dibuka akan menampilkan nama video.

Apa saja yang menarik dari aplikasi video MX Player.
Setting player dapat diatur seperti mengaktifkan Hardware decoder (bila perangkat memiliki proses GPU). MX Player Pro memiliki fitur untuk edit video.
Setting format video dapat dihapus bila tidak diperlukan, pengaturan screen default dan reset, Cache Thumb video, dan lainnya.



Dapat menonton format HEVC atau H.265 dari kompres video.

Memiliki fitur Rotasi layar vertikal atau horisontal, volume sudah pasti ada. Untuk versi pro bisa diatur langsung di layar tanpa mencari tombol bar volume.
Ratio gambar, seperti di full screen, strecth agar tampil layar penuh, atau di crop. Bagian kunci paling menarik, biasanya kita suka memberikan smartphone ke teman untuk menonton. Nah layarnya suka di colek colek dan video terkadang stop atau maju mundur. MX Player menambahkan fitur Lock, ketika video di putar maka layar akan tetap memutar video tanpa terganggu bila layar sentuh terkena jari tangan.

Dibawah ini tampilan rotasi atau fix gambar yang bisa di atur oleh penontonnya.

MX Player Android


Aplikasi MX Player dibuat dalam 2 versi.
Pertama MX Player gratis, sudah cukup untuk penguna smartphone atau tablet memutar video.
Satu lagi video MX Player Pro, yang ini layarnya bisa di zoom, pengaturan tracking video lebih mudah, dan bisa zoom in dan out langsung. Yang berbayar lumayan mahal, ditawarkan sekitar $6-7. Tapi scorenya tetap bagus, karena tayang tanpa iklan, dan fitur multi core.

Aplikasi video ini dapat di download via Google Play MX Player

Info versi MX Player Pro bisa dilihat via Google Play

VLC Player Android

Salah satu player terbaik untuk aplikasi video Android, walau agak terlambat dirilis. Umum digunakan untuk PC, dan sekarang tersedia di Android.
Tanpa iklan seperti software untuk PC. Diberikan gratis dan mendapat rating 4+ atau hampir sempurna oleh penguna di Google Play

Equalizer suara, filter video, dan memutar semua format video dari MKV, MP4, AVI, MOV, Ogg, FLAC, TS, M2TS, Wv, AAC dan format lain.



Tampilan video thumbnail, dan mendukung video 4K playback bila smartphone mampu memutar video format tersebut.

Sudah digunakan 100 juta+ penguna, dengan nilai hampir 1 juta dengan rating 4 bintang lebih.

VLC Player Android

VLC Player diberikan gratis untuk penguna smartphone Android.



Dapat di download via Google Play VLC Player