Gps Navigation and Map untuk Android adalah aplikasi navigasi untuk kendaraan. Memiliki fitur seperti GPS mobile, dapat memberikan arah dan memberitahu arah belokan dengan suara. Bisa di install di smartphone dan tablet sebagai alat penunjuk jalan.

Apa manfaat GPS Navigation and Map ini
  • Misalnya pergi bersama teman atau keluarga ke luar kota. Kebetulan baru pertama kali menuju ke satu kota. Ketika melewati jalan bisa saja pengemudi melewatkan tikungan yang mengarah ke tujuan dan berakhir salah jalan dan menanyakan ke penduduk setempat. Akhirnya harus balik kembali untuk mengambil jalan yang menuju kota tujuan.
  • Atau ketika berkendara ternyata tute yang diambil telah terjadi banjir sampai jalan ditutup. Sementara kendaraan sedang menuju kesana. Dengan mencari rute jalan berbeda, pengemudi bisa mencari jalur alternatif melalui peta di smartphone.
  • Alat ini juga memberikan berapa jarak yang akan ditempuh. Misalnya ketika melakukan perjalan ke kota tujuan. Bisa diperhitungkan berapa bahan bakar yang diperlukan.
  • Aplikasi navigasi Gps Navigation and Map dapat memberikan arahan dengan suara, seperti arah berbelok ke kiri dan ke kanan, termasuk perkiraan berapa meter tikungan kendaraan anda untuk berbelok.

Aplikasi ini dikembangkan dari teknologi Skobbler GmBH menyediakan map offline untuk navigasi di mobil atau sebagai petunjuk jalan ketika berjalan kaki. Skobbler mengunakan sistem vektor untuk gambar peta. 

Aplikasi Gps Navigation and Maps adalah aplikasi berbayar. Informasi bisa dilihat via
Google Play Gps Navigation and Maps

Aplikasi Gps Navigation and Maps bekerja dengan OS Android 2.3.3 keatas.

Apa keunikan dari Gps Navigation and Map.

  • Aplikasi mengunakan peta yang dapat di download offline. Untuk pengunaan di satu negara, aplikasi ini akan mendownload langsung sebuah peta offline. Jadi satu negara disediakan satu peta praktis sebagai peta navigasi. Misalnya untuk Indonesia, setelah membuka aplikasi maka akan diambil file sebesar 50MB.
  • Rute yang diberikan dapat menunjukan jarak dan alternatif rute yang dipilih.
  • Pengunaan aplikasi sangat mudah, tinggal di click arah yang dituju dan tekan Route. Maka peta jalan akan di gambar dalam 2D peta GPS dan 3D untuk navigasi pengemudi.
  • Memiliki fitur peta 3D agar pengemudi lebih mudah melihat jalan yang akan dilalui di depan.
Tahap mengunakan Gps Navigation and Maps
  • Click posisi arah jalan yang dituju.
  • Selesai di tandai, maka rute jalan akan digambar dalam bentuk peta di layar smartphone atau tablet
  • Bila rute jalan memiliki beberapa alternatif, bisa di click di kiri bawah terdapat tanda panah ke arah atas. Nantinya aplikasi akan menghitung kemungkinan rute lain yang bisa dilalui.
  • Click di tanda panah paling kiri di layar untuk sistem navigasi dengan suara " Turn by Turn Navigation "

Dibawah ini ketika pertama dibuka oleh Gps Navigation and Maps, akan langsung mengambil peta untuk Offline.



Tampilan peta Gps Navigation and Maps mengunakan gambar buatan OSM / World Travel Map dengan teknologi Skobbler NGX.



Setting aplikasi seperti suara, warna peta untuk malam atau siang, dan lainnya.



Tampilan peta 3D di Gps Navigation and Maps akan membentuk rute jalan setelah rute ditentukan dengan mengclick icon berbentuk panah (Arrow)



Selanjutnya memilih rute jalan alternatif lain bila tersedia