Comodo Battery Saver sebuah aplikasi gratis untuk menghemat baterai smartphone dan tablet. Aplikasi ini memiliki kelebihan Intelligent Save, sambil menunjukan berapa lama lagi baterai smartphone dapat bertahan. Setting dapat diatur dengan melepas fitur power saving dari smartphone dan di kontrol oleh aplikasi Comodo Battery Saver. Tentu kita tahu masalah smartphone adalah baterai, yang jarang sekali bertahan selama 24 jam, kecuali smartphone papan atas dengan baterai kapasitas besar.

Aplikasi Comodo Battery Saver sebenarnya tidak banyak berbeda dengan aplikasi penghemat baterai di smartphone. Hanya fiturnya lebih sederhana dan tepat guna, dengan menonaktifkan kegiatan hardware yang tidak diperlukan.

File aplikasi yang kecil hanya 1.3MB, bekerja untuk OS Android 2.2 keatas. Seperti apa tampilan Comodo Battery Saver.

Aplikasi dapat di download via play.google.com/store/apps/com.comodo.batterysaver

Di bagian tombol utama akan terlihat perangkat yang ada di smartphone. Bisa di akses seperti mengaktifkan atau mematikan langsung tanpa memilih menu dari masing masing perangkat. Seperti koneksi 3G, suara, pencahayaan lampu layar, sampai mematikan Auto Sync. Fitur lainnya dapat mengetahui kira kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai.




Untuk Mode bisa dipilih masing masing fitur. Misalnya Economy Mode untuk paket hemat di semua perangkat, menonton video dan lainnya. Setiap setting akan menonaktifkan perangkat yang tidak perlu, agar perangkat tablet dan smartphone hanya fokus memberikan power bagi kebutuhan tersendiri.



Satu yang menarik dari fitur inteligent. Setting dapat mengatur sampai batas kapasitas baterai tertentu untuk mengaktifkan aplikasi Comodo Battery Saver. Sekaligus memberikan peringatan seperti baterai sudah mencapai 20% dan memberikan peringatan bahwa status baterai sudah minimum atau untuk peringatan agar baterai di isi kembali. Status power saving akan dipindah sesuai setting pemiliknya, dan dapat dibuat custom.



Satu lagi adalah waktu sebagai fitur tambahan. Ketika malam hari, smartphone tidak perlu mengaktifkan WIFI atau 3G. Dapat diatur bila waktu smartphone tidak banyak diperlukan lagi untuk mematikan mode yang sudah dipilih sebelumnya. Walau kondisi baterai masih full, setting ini otomatis akan masuk ke power saving agar power baterai tidak terbuang percuma.



Informasi tambahan dapat dilihat aplikasi apa saja yang sering mengunakan power baterai.



Result
Comodo Battery Saver memiliki fitur lebih tepat bagi penguna smartphone secara umum. Tidak ribet untuk melakukan setting dari aplikasi. Tinggal dipilih apa saja perangkat yang tidak dibutuhkan, dan setting setelah memasuki malam hari dimana smartphone atau tablet tidak dipakai.
Walau terlihat menjanjikan, aplikasi Comodo Battery Saver hanya membantu penguna smartphone agar dapat lebih berhemat. Aplikasi Battery Saver seperti ini bukan untuk meningkatkan daya tahan baterai yang sudah ada, hanya mengurangi kegiatan hardware yang tidak perlu dipakai. Hal penting dalam menghemat baterai adalah dari sisi pemilik perangkat sendiri. Dengan mengunakan software Battery Saver, maka aka ada hardware yang tidak diaktifkan. Mungkin tidak memenuhi keinginan penguna.

Bug. Setelah di uji, hati hati dengan koneksi GPRS/3G walau smartphone ditujukan untuk terhubung ke WIFI. Gunakan setting Custom sesuai kebutuhan anda untuk menghemat baterai smartphone Buat 2 setting untuk power saving antara mengaktifkan 3G atau WIFI.. Karena aplikasi ini kadang mengaktifkan koneksi GPRS sebagai prioritas sebelum pindah ke WIFI untuk memeriksa koneksi internet.

Bila kebiasaan anda mengunakan perangkat gadget dapat lebih menghemat power baterai bersama Comodo Battery Saver. Bisa diterukan mengunakan aplikasi ini. Bila terasa menganggu , bisa kembali di un-install.