Membuat antena WIFI sendiri untuk antena outdoor atau di luar ruangan bisa dibuat sendiri. Komponen antena WIFI dapat dibeli di toko listrik, kecuali bagian konektor dan kabel. Kali cara membuat antena WIFI model Omni Directonal sebagai antena yang memancar ke segala arah.

Fungsi antena Omni Directional untuk memberikan sinyal WIFI / internet bagi  lingkungan di sekitar. Sehingga area di sekitar rumah dapat menerima sinyal internet dari WIFI Router. Atau mencapai ke luar area rumah, agar sinyal. WIFI dapat diterima oleh tetangga atau sinyal dapat diterima di halaman rumah.

Apa yang perlu diketahui tentang antena jenis antena WIFI
Banyak rancangan antena WIFI dibuat dengan fungsi berbeda. Beberapa tipe antena WIFI atau disain antena dibawah ini
  • Antena Omni Directional mengarahkan frekuensi ke segala arah dengan radius 360 derajat. Tetapi memiliki batasan pada sudut ketinggian antena. Memiliki kelemahan pada sudut yang searah dimana antena berada, dan efektif sinyal paling kuat diterima bila posisi antena sejajar dengan antena. Bentuknya seperti tiang tinggi keatas. Ukuran antara 30cm sampai 2 meter atau lebih.
  • Antena Sector memiliki jangkaun lebih luas dan mengarah. Ditempatkan pada ketinggian tertentu agar sinyal memancar ke segala arah. Tapi disain antena ini lebih rumit, sedangkan versi pabrikan lebih mahal. Antena ditempatkan gedung atau menara, termasuk alat pemancar digantung dekat antena.
  • Antena Directional. Jenis antena ini digunakan untuk mengarah ke satu arah saja. Seperti antena Yagi, Quad, parabola dan lainnya yang mengarahkan pancaran frekuensi ke satu arah utama. Hanya sisi yang menghadap ke antena menerima sinyal paling kuat, sedangkan sisi samping dan dibelakang antena menjadi lemah atau ditiadakan.

Contoh arah antena Omni dan Sectoral seperti gambar dibawah

perbedaan arah sinyal WIFI Omni Directional
Kelemahan antena Omni Directional adalah arah pancaran. Pancaran sinyal harus sejajar dengan antena yang menerima.

Membuat antena WIFI dari peralatan sederhana.
Untuk artikel ini adalah proses pembuatan antena WIFI Omni Directional sederhana. Tujuannya untuk menempatkan antena di atap rumah atau sisi depan rumah. Menjadikan antena WIFI sebagai antena Outdoor.

Komponen penghubung untuk antena Outdoor mengunakan urutan
  • Sebuah wireless router TP-Link TD WA8951ND yang memiliki 1 antena. Konektor antena nantinya dilepas dan digantikan dengan ekternal antena outdoor.
  • Sebuah kabel untuk menghubungkan wireless router. Mengunakan kabel TP-Link TL-ANT24PT3 sebagai kabel penghubung dari wireless router ke antena outdoor
  • Dan terakhir sebuah antena rancangan sendiri


gambar antena luar dengan WIFI Router

Disain antena WIFI buatan sendiri
Ada 2 disain antena WIFI sederhana yang dapat dibuat sendiri. Antena Omni Directional dengan kekuatan 6dBi dan 8Dbi
Untuk 6dBi memiliki panjang sekitar 23,5cm, sedangkan 8dBi memiliki panjang sekitar 51cm.

Rancangan antena Omni Directonal dibawah ini. Hanya membutuhkan satu konektor M-Female sebagai dasar antena. Sedangkan tiang antena mengunakan kabel tembaga dari kabel listrik. Setiap lekukan garis di antena adalah Loop yang dibuat melingkar dengan diameter 15mm atau sesuai ukuran tabung yang dipakai.

Dibawah ini bagan atau gambar dari dua diagram berbeda untuk membuat antena WIFI Omni Directional kekuatan 6dBi dan 8dBi.

Skema atau gambar antena Loop Omni Directional

Komponen pembuatan antena WIFI sendiri yang tidak ada di pasaran adalah konektor M-Female. Umumnya dijual di toko khusus yang penjual peralatan antena, dan peralatan radio amatir. Atau dapat meminta bantuan dari jogjabolic.com yang menjual peralatan dan komponen WIFI / Networking

Bentuk konektor antena

Komponen lain untuk pembuatan antena WIFI sendiri adalah tabung tipis untuk melindungi komponen tembaga. Menjadi pembungkus tiang antena yan dirakit nantinya. Bisa dibeli di toko peralatan listrik, atau mencari yang bekas. Gunakan tabung plastik untuk penutup antena dengan dinding yang tipis.



Komponen yang diperlukan
  • Kabel tembaga dari kabel listrik. Dapat mengunakan tebal tembaga 2mm.
  • Lem Epoxy, atau PVC bila antena ingin ditutup secara permanen.
  • Tabung isolasi listrik biasanya dijual di toko listrik.
  • Tool solder, tang, timah elektronik untuk menyambung konektor ke kabel tembaga.
  • Kabel antena untuk penghubung antena ekternal dengan wireless router
Selanjutnya proses pembuatan antena WIFI outdoor

TP-Link TL-WPA4220KIT Powerline Extender Review internet lewat kabel listrik. Perangkat saling terhubung dengan kabel listrik, untuk mengirim data network internet. Dengan kabel listrik jaringan WIFI dirumah dapat menjangkau ke sudut ruangan
Solusi untuk menambahkan jarak WIFI dengan alat yang lebih praktis. Sebuah perangkat menguatkan sinyal WIFI dan diteruskan (di relai) kembali ke perangkat lain. Disain praktis, hanya memerlukan konektor power listrik dan menambah jarak jangkauan WIFI