Adobe Photoshop memilik fitur untuk import urutan foto menjadi video. Fitur ini ada di versi Adobe Photoshop 13 dan Photoshop CC sendiri. Tapi di versi Photoshop 12 ke bawah belum memiliki fitur lengkap untuk edit.

Adobe menambahkan video Sequence file sebagai fitur software video Time Lapse. Walau edit foto yang diberikan memang berbeda dibanding software video editing seperti Adobe After Effect, Adobe Premire, Sony Vegas Pro atau Panolapse. Tapi ekspor file foto menjadi film dari Photoshop memiliki output resolusi tinggi.

Ini menarik ketika banyak fotographer mulai membuat video Time Lapse. Sampai software seperti Sony Vegas Pro dan Adobe Photoshop ikut memberikan kemudahan untuk memproses foto. Untuk mengimpor banyak file foto ke Photoshop dan outputnya menjadi video, bisa dilihat dibawah ini.

Menu render Photoshop ke Video dibawah ini

  • Export ke format H.264
  • Output dapat dipilih dari resolusi video HighRes, Youtube, Video, Android dan lainnya
  • Setting Output pilihan untuk Frame Rate video.



Cara import foto dari Photoshop dengan Sequence file
Pertama masukan urutan foto dari camera. Bisa di edit sebelumnya dengan Adobe Lightroom.
  • Pilih Open
  • Click gambar paling pertama
  • Dan Tick Sequence.





Teknik pada gambar diatas mirip seperti Sony Vegas Pro. Foto dapat di impor berdasarakan urutan nomor file foto dan langsung menjadi sebuah video di aplikasi Sony Vegas Pro

Akan ditanyakan video dibuat untuk berapa frame perdetik.



Setelah file dibuka, akan muncul di bar bagian bawah. Berbeda ketika mengedit foto di Photoshop, bar menu tidak muncul. Sedangkan untuk Photo Sequence akan memunculkan bar seperti video editing.
Di menu tersebut dapat dibuat efek seperti zoom sampai durasi video yang akan diambil. Tetapi menu edit video di Photoshop dibuat sederhana.



Seperti fungsi aplikasi Photoshop, edit foto dan video di software ini memiliki kemampuan yang sama. File video dapat diedit dengan Smart Object dan lainnya. Tetapi di mode ini , fitur Filter di-disable.



Selesai mengedit gambar ala sederhana dari video di Photoshop. File bisa di ekspor dengan memiliki File -> Export -> Render Video.



Seperti informasi halaman atas, ekspor video Photoshop memiliki output paling tinggi dengan High res. Format video mengunakan H.264, dan tersedia render video untuk Vimeo, Youtube dan beberapa format lain termasuk ukuran layar untuk smartphone.





Apa manfaat dari Sequence dengan Photoshop

Fitur ini memang sederhana, jauh lebih sederhana dibanding software khusus video editing. Fitur foto Sequence tersebut untuk membantu fotographer dalam membuat video Time Lapse.
File dapat di edit sekaligus dengan Photoshop. Berbeda dengan Lightroom, khusus untuk menyesuaikan gambar tetapi tidak bisa di edit langsung.
Untuk memanfaatkan fitur software ini adalah kebutuhan penguna. Apakah ingin langsung memasukan file ke video editing. Atau mengedit sebagian di Photoshop dan mengekspor bagian file video sebelum di proses dengan software video Editing.
Impor file dengan Sequence di Photoshop, juga menyediakan opsi untuk memasukan file musik

Demikian tip Import file Sequence menjadi video dengan Photoshop